contoh copywriting makanan
Copywriting

Cara dan Contoh Copywriting Makanan yang Wajib Kamu Tahu

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis di bidang food and beverages sedang marak-maraknya di Indonesia. Tanpa kamu sadari, kamu pasti pernah menemukan contoh copywriting makanan di kehidupan sehari-hari. 

Tahukah kamu kalau copywriting merupakan hal penting yang perlu dilakukan dalam bisnis makanan?

Di dunia yang semakin modern ini, strategi pemasaran yang dilakukan harus lebih inovatif. Salah satunya dengan melakukan copywriting ini.

Copywriting adalah teknik menulis teks pemasaran dengan tujuan menarik perhatian konsumen agar melakukan goals yang ingin kamu capai. Pada bisnis makanan, tentunya goals yang ingin kamu capai adalah agar konsumen membeli makanan yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, jenis copywriting yang cocok adalah marketing copywriting.

Berikut adalah beberapa contoh copywriting makanan yang dapat kamu terapkan agar bisnis buatanmu semakin maju.

Cara dan Contoh Membuat Copywriting Makanan

Menjelaskan detail produk menggunakan sensory words

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menjelaskan detail produk makanan buatanmu. Kamu dapat menggunakan sensory words dalam mendeskripsikan makanan yang akan kamu tawarkan. Sensory words adalah kata-kata yang melibatkan panca indra. Contohnya yaitu untuk copywriting ayam goreng kamu dapat menggunakan:

“Kombinasi saus Korean Barbeque yang pedas dengan gurihnya keju Mozzarella yang lumer di atas ayam goreng yang juicy pasti membuatmu ngiler!”

Menggunakan pengulangan kata atau rima

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan rima dalam copywriting makanan. Penggunaan rima bertujuan agar makanan kamu dapat diingat dengan mudah oleh konsumen. Contohnya yaitu “Paket Puas yang Pas di Kantong!”

BACA JUGA:   Jasa Penulisan Artikel Bahasa Inggris

Menghadirkan promo

Promo atau discount adalah cara yang ampuh agar konsumen tertarik untuk membeli makanan yang kamu tawarkan. Kamu dapat menyampaikan promo pada suatu kalimat dengan jelas dan singkat. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Diskon 15% untuk Tiap Pembelian di Atas Rp100.000
  2. Buy 2 Get 1 untuk pilihan menu Chicken Rice Bowl, go grab it fast!

Menggunakan Kalimat Persuasif pada Akhir Kalimat

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mencantumkan kalimat persuasif untuk mengajak konsumen membeli makanan yang kamu tawarkan. Beberapa contohnya adalah:

  1. Yuk, order sekarang juga dan nikmati diskonnya!
  2. Cepetan pesan via ojek online untuk mendapatkan promo ini!

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara membuat copywriting makanan? Semoga tips dan contoh copywriting makanan tersebut dapat membantu kamu mengembangkan bisnis kamu, ya!


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *