4 Tips Penulisan Iklan yang Menarik
Copywriting

4 Tips Penulisan Iklan yang Menarik

Penulisan iklan adalah hal utama dalam proses pemasaran yang sangat mempengaruhi target penjualan. Oleh karena itu, simak tips penulisan iklan berikut ini agar dapat menarik banyak perhatian orang!

1. Kenali dan Pahami Target Pasar

Yang pertama dan terpenting yaitu kamu harus mengenali dan memahami target pasar dari produk/jasa yang kamu iklankan. Tentukan dan catat informasi-informasi penting dari target pasar ini.

Mulai dari rentang usia, jenis kelamin, pendidikan, kelas sosial, profesi, hobi dan sebagainya. Informasi-informasi ini berguna untuk menentukan gaya penulisan iklan yang sesuai.

Contohnya pada sebuah iklan perjalanan wisata. Ketika kamu ingin memasarkan promo perjalanan liburan kepada para ibu rumah tangga, kalimat yang mungkin dapat menarik perhatian mereka yaitu:

“Liburan keluarga jadi makin nyaman, praktis, lengkap, dan murah! Tentunya cuma dengan OKTravel!”

Sedangkan untuk target pasar anak muda, contoh kalimat iklan yang lebih cocok yaitu:

“Mau healing ke Bali? Bromo? Jogja? Semuanya tersedia di sini dengan paket yang affordable!”

2. Jump into the Trend

Selalu update dengan trend terkini adalah hal yang harus dilakukan oleh para pembuat konten dan iklan. Menggunakan trend-trend seperti frasa yang sedang hits, artis yang sedang banyak dibicarakan, dan sebagainya dapat membuat iklan kamu jadi lebih menarik.

Contoh iklan produk yang mengikuti trend yaitu:

“Jangan rindu, berat, makan, mending makan Bengbeng aja!”

“Combo Sewu Rupiah untuk yang bernama Sri!”

3. Buat Tagline Khas Produk/Jasa Kamu

Tagline atau slogan adalah frasa unik yang dapat kamu gunakan untuk mencirikan produk/jasa yang akan kamu tawarkan. Menggunakan tagline merupakan salah satu cara membuat iklan produk yang baik.

BACA JUGA:   Content Writer vs Copywriter: Apa Bedanya? [Infographic]

Untuk menarik perhatian target pasar, buat tagline yang singkat, jelas, dan menjelaskan produk/jasa dengan tepat. Contohnya yaitu:

“Cintai ususmu, minum yakult setiap hari!”

“Sprite! Kayak ada lemon lime-nya gitu…”

“Orang pintar minum Tolak Angin!”

4. Cantumkan Kata-Kata Ajaib

Dan yang terakhir, cara membuat iklan yang ampuh adalah dengan mencantumkan kata-kata ajaib. kata-kata ajaib ini biasanya disebut copywriting.

Kata-kata ajaib ini dapat menarik perhatian orang dengan mudah karena menunjukkan keuntungan, jaminan, dan efek positif produk/jasa. Seperti “gratis”, “diskon”, “harga spesial”, “buy 1 get 1”, “instan”, “terbukti”, dan sebagainya.

Contoh iklan yang menggunakan kata-kata ajaib ini yaitu:

“Kopi Kenangan GRATIS topping setiap Senin-Kamis!”

Itu dia beberapa tips penulisan iklan yang bisa kamu terapkan dalam memasarkan suatu produk/jasa. Dengan tips di atas, orang-orang akan semakin mengenali produk/jasa kamu!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *