Contoh Script Video Youtube untuk Channel Kamu!
Script Video - Tutorial Menulis

Contoh Script Video Youtube untuk Channel Kamu!

Pentingnya membuat script video adalah agar pesan yang ingin kamu sampaikan menjadi lebih mudah dipahami. Begitu pula, script video juga bisa membantu orang lain cepat menghafal kanalmu. Berikut ini membahas mengenai cara membuat dan contoh script video YouTube.

1. Pancing audiens

Hal yang utama, kamu bisa memancing audiens pada 5-15 detik awal. Jelaskan inti videomu, apa yang akan kamu bahas menggunakan kalimat menarik, jelas dan lugas. Lebih daripada itu, gunakan kalimat yang mudah penonton pahami.

Contoh script video pembelajaran:

Halo, teman-teman. Pada  video kali ini kita akan membahas tentang negara Brazil, sistem pemerintahan, bahasa dan kehidupan sosialnya. Ikuti terus video ini untuk mendapatkan pengetahuan seputar geografi dari seluruh dunia.

2. Perkenalkan dirimu dan kanalmu

Setelah menuliskan hook (kata pancingan), gunakan logo bumper jika ada. Selanjutnya, perkenalkan dirimu dan kanalmu kepada penonton. Hal yang terpenting, jangan lupa untuk mengajak mereka agar berlangganan videomu.

contoh script video youtube

Contoh script konten:

Oke, sebelum ke bagian pembahasan, buat kamu yang baru saja bergabung denganku. Channel ini membahas tentang segala hal unik dari seluruh dunia. Kebudayaan, sejarah, hingga kebiasaan aneh yang masyarakat lakukan di sana. Subscribe ya biar dapat informasi bermanfaat lainnya. 

3. Bagian konten

Kamu bisa menuliskannya secara detail atau hanya garis besarnya saja. Hampir setiap content creator punya caranya masing-masing. Hanya saja, pastikan isinya tetap mengalir dan tampak apik.

Rumus menyusun tubuh script:

  • Perkenalkan 3-5 poin saja agar tidak terlalu banyak
  • Jika perlu uraikan tiap poin menggunakan contoh 
  • Lengkapi dengan kesimpulan agar pesan tersampaikan
  • Sertakan ajakan buat subscribe, sukai comment, dan mengaktifkan notifikasi
BACA JUGA:   5 Tujuan Penulisan Prolog dalam Novel, Wajib atau Tidak?

4. Durasi yang tepat

Buatlah video yang padat informasi namun tetap jelas maksudnya. Jangan buat video lebih dari 12 menit. Oleh karena 12 menit adalah batas sweet spotnya. Lebih dari waktu ini, mungkin penonton akan merasa bosan.

5. Closing

Pada bagian ini, berikan salam penutup dan ucapan terimakasih. Tiap content creator memiliki gayanya masing-masing untuk mengucapkan salam perpisahan. 

contoh naskah vlog:

Saya Maria Sarasvati, sampai ketemu di videoku berikutnya ya. Sampai jumpa!

Kesimpulan

Tentu saja, dengan menerapkan panduan dan memperhatikan contoh script video YouTube di atas, videomu akan tampak lebih menarik. Sekian dan semoga artikel ini memberikan kemudahan bagimu. 

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *