Cara Mudah Menulis Script YouTube
Script Video - Tutorial Menulis

Cara Mudah Menulis Script YouTube

Zaman sekarang, siapa sih yang tidak tahu YouTube? Hampir semua orang mengenal platform yang satu ini. YouTube memiliki banyak video-video menarik untuk ditonton. Namun, tahukah kamu, jika para content creator tersebut memiliki script YouTube untuk konten yang mereka buat?

Untuk membuat konten lebih rapi dan menarik, banyak content creator yang menggunakan script YouTube sebagai acuan dalam membuat konten. Dengan adanya script video, maka garis besar hingga detail dari konten yang dibuat akan menjadi lebih terstruktur dan mudah untuk dikerjakan. Selain itu, ini juga mempercepat proses perekaman dan pengeditan video.

Ternyata, menulis script YouTube itu gampang-gampang susah, lho! Apalagi, kita harus mengerti jenis konten yang hendak kita buat hingga selera masyarakat. Berikut beberapa cara mudah yang dapat kamu terapkan saat kamu hendak menulis script YouTube!

Cara Mudah Untuk Menulis Script YouTube

Berikut ini adalah beberapa cara menulis script YouTube yang baik dan benar dari tikawidya.com:

Tentukan Jenis Konten

persiapan menulis script youtube

Pertama-tama, hal yang harus kamu lakukan sebelum menyusun script YouTube adalah menentukan jenis konten yang hendak kamu buat. Ada berbagai jenis konten YouTube yang dapat kamu sesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Seperti, konten fashion, edukasi, hiburan, dan lain-lain.

Apabila kamu telah mengetahui jenis konten yang hendak kamu pilih, maka kamu dapat melihat beberapa referensi video dan script video dengan konten serupa. Ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui tren yang tengah berlangsung di masyarakat. Setelahnya, kamu dapat membayangkan kira-kira bagaimana video yang ingin kamu ciptakan.

BACA JUGA:   Cara Membuat Script Film Pendek Yang Menarik

Buat Brief Untuk Script

cara mudah bikin script youtube

Berikutnya, kamu dapat melanjutkan dengan membuat brief. Brief umumnya terdiri atas tema, tujuan, sasaran video, hingga detail-detail kecil seperti iklan (jika ada) atau pesan-pesan tertentu.

Dengan adanya brief, maka hal-hal penting yang hendak kamu cantumkan di dalam video tidak akan terlewat. Selain itu, ini juga membuat penonton mudah mengerti video yang kamu buat karena strukturnya yang jelas.

Menulis Kerangka Script

outline konten

Selanjutnya, jika kamu sudah memiliki brief atas videomu, maka kamu dapat lanjut dengan menulis kerangka script.

Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan saat menyusun kerangka script diantaranya adalah dengan menuliskan poin yang terpenting. Semakin banyak poin, semakin sulit pula untuk merealisasikan idemu ke dalam bentuk naskah.

Salah satu metode yang cukup terkenal dan banyak orang gunakan saat hendak menyusun script YouTube adalah bullet-point.

Tulis Dialog Untuk Videomu

Lho, ternyata dialog di video yang ada di YouTube ada naskahnya? Tentu saja!

Hal ini sangat penting, utamanya jika kamu ingin videomu lebih rapi dan mudah dipahami oleh audiens. Dengan membuat naskah dialog, maka dialog dalam videomu akan lebih terstruktur. Selain itu, ini juga dapat menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan, seperti pengucapan kata atau dialog yang tidak kamu perlukan.

Selain itu, ini juga membantu untuk menentukan durasi dari videomu dan mempermudah proses cutting video.

Menuliskan Isi Video

Proses berikut ini akan menjadi proses yang cukup rumit, karena kamu harus menyusun hal-hal yang ingin kamu sampaikan atau tampilkan di dalam video. Kamu harus menyusun inti, dialog, dan konsep yang telah kamu susun sebelumnya.

Salah satunya adalah dengan memberikan penilaian atau unsur cerita di dalam videomu. Dengan demikian, penonton akan tertarik untuk mengikuti isi videomu.

BACA JUGA:   Cara Menulis Biodata Penulis Novel yang Baik

Interaksi Dengan Audiens

Selanjutnya, kamu juga dapat menyisipkan interaksi-interaksi sederhana antara kamu dan audiens. Seperti, kamu dapat bertanya, menyampaikan fakta, atau memberikan subtitle atau efek seolah kamu tengah berbicara dengan audiens.

Ini sangat penting dalam menarik perhatian penonton. Saat penonton merasa terlibat dengan videomu, maka mereka akan menonton sampai akhir. Cara ini juga dapat menjadi langkah awal untuk membangun chemistry antara kamu dengan penonton.

Buat Penutup Yang Catchy

Langkah terakhir adalah menyusun penutup yang menarik untuk videomu. Selain mencantumkan pesan, berterima kasih, dan mengucapkan salam perpisahan, kamu juga dapat menambahkan kata-kata yang mengajak penonton untuk menonton, berlangganan, dan menekan tombol like untuk videomu. Dengan demikian, penonton akan tertarik untuk memberikan feedback terhadap videomu.


Demikianlah cara mudah yang dapat kamu lakukan saat hendak menyusun script YouTube. Untuk menambah referensi, kamu juga dapat melihat-lihat contoh script YouTube yang sudah banyak ada di internet. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *