Tutorial dan Contoh Script Video untuk KontenTutorial dan Contoh Script Video untuk Konten

Apa itu script video? Script video adalah naskah yang menjelaskan tentang elemen visual, kebahasaan dan tindakan yang menggambarkan cerita secara detail. Di bawah ini membahas tentang cara pembuatan dan contoh script video.

1. Pancing penontonnya dulu

Kamu memiliki kesempatan terbaik pada 5-15 detik pertama videomu untuk memancing penonton. Beri penjelasan pada videomu, apa saja yang kamu bahas pada kanalmu. Tentu saja gunakan bahasa singkat, padat dan jelas agar audiens cepat menangkap pesanmu.

Contoh script video tutorial:

Halo, guys. Video ini akan membahas tutorial make up bagi pemula. Kali ini kita akan menggunakan make up dengan satu produk saja. Mulai dari base make up hingga finishing. Ikuti terus video ini ya.

2. Perkenalkan channel dan dirimu

Tahap kedua adalah memperkenalkan diri dan channelmu. Lebih daripada itu, ajak mereka untuk subscribe dan mengklik tombol lonceng agar mereka mendapatkan informasi duluan jika kamu mengupload video. 

Contoh script video promosi:

Bagi kalian yang belum tahu, ini adalah kanal resmi Hella Boutique. Di video-video ini kami akan memberikan tips ootd yang kece dan pastinya dengan produk iconic kami. Klik tombol subscribe biar kamu dapat info terbaru tentang update video Hella Boutique ya. 

3. Bagian isi

Tentu saja, setiap content creator memiliki gaya yang berbeda-beda dalam menyampaikan pesan. Selalu pastikan bahwa informasi yang kamu berikan mengalir dan tiap poinnya menonjol. 

contoh script video

Contoh script konten:

  • Bahas bahan produk, tekstur, kualitas, kerapian, dll 
  • Bahas fungsi dari produk, segmen pasar, dll 
  • Cantumkan harganya
  • Sertakan poin-poin pentingnya
  • Berikan kesimpulan
  • Call to Action (ajakan untuk subscribe)
  • Closing 
BACA JUGA:   Cara Membuat Naskah Video yang Efektif

4. Durasi yang optimal

Yang perlu dicatat, batas sweet spot menonton video adalah 12 menit. Pastikan video yang kamu buat tidak melebihi waktu tersebut. Video yang terlalu panjang malah tidak informatif dan membuat bosan audiens. 

5. Closing

Hal terakhir adalah bagian penutup. Ucapkan terimakasih dan salam perpisahan. Gunakan kalimat yang unik sehingga penonton akan mengenang kanalmu. 

Contoh script:

Sekian video dari saya. Angin laut sepoi bergoyang, klik tombol notif jika kamu sayang. Sampai jumpa kawan-kawan!

Kesimpulan

Akhirnya sekian contoh script video dan disertai cara membuat script videonya. Pastikan kamu selalu memperhatikan detail-detail di atas agar videomu banyak yang mampir dan berlangganan.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

2 thoughts on “Tutorial dan Contoh Script Video untuk Konten”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *