Cara Menulis Alamat di Amplop Surat Resmi
Cara Menulis Alamat di Amplop Surat Resmi

Ketika ingin mengirim surat resmi dan undangan, kita harus menuliskan alamat dengan jelas untuk mempermudah memberikan informasi. Bagaimana sih, cara menulis alamat di amplop yang baik dan benar?

Untuk kamu yang masih bingung terkait hal ini, berikut ini penjelasan seputar tata cara menulis alamat di amplop untuk surat resmi, surat lamaran kerja, dan undangan. Yuk, simak baik-baik karena cara menulisnya berbeda dengan alamat di surat pribadi.

Amplop Surat Resmi

Yang pertama adalah penulisan amplop surat resmi. Surat resmi biasanya berkaitan dengan hal yang berhubungan dengan suatu instansi atau organisasi.

Oleh karena itu, penulisan alamat pada amplop perlu diperhatikan untuk menjaga citra instansi atau organisasi tersebut.

Lalu, bagaimana sih, cara menuliskan alamat pada amplop surat resmi yang baik dan benar?

Suatu instansi pastinya telah memiliki kop resmi. Kop resmi ini berisi keterangan-keterangan yang menjelaskan seputar instansi tersebut, meliputi nama, alamat, kontak, serta logo instansi.

Nah, kop resmi tersebut yang perlu kamu cantumkan dalam surat resmi. Penulisan kop berada di tengah atas amplop dengan ukuran font yang besar agar dapat terbaca dengan jelas.

Setelah itu, di bawah kiri kop, perlu kamu sertakan nomor surat. Informasi mengenai alamat tujuan diletakkan di bagian kanan bawah amplop. Hal ini berupa nama serta alamat instansi yang dituju saja.

Baca Juga: Cara Menulis Alamat di Amplop Coklat untuk Pos

Amplop Surat Lamaran Kerja

Selanjutnya adalah penulisan amplop surat lamaran kerja. Dalam mencantumkan tulisan di amplop coklat lamaran kerja, kamu perlu menyertakan beberapa hal.

BACA JUGA:   Cara Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris pada CV Beasiswa

Yang pertama adalah posisi yang ingin kamu lamar. Kamu dapat meletakkan posisi ini di kanan atas amplop. 

Yang kedua adalah informasi seputar pengirim. Hal ini meliputi nama dan alamat lengkap pengirim. Letakkan informasi ini di kiri atas amplop.

Dan yang terakhir adalah informasi seputar instansi yang kamu tuju, meliputi nama dan alamat lengkap instansi. Pastikan untuk memakai “Kepada Yth.” dalam informasi instansi yang kamu tuju.

Amplop Undangan

Dan yang terakhir, untuk menuliskan alamat pada undangan, kamu dapat menyertakan dua hal penting, yaitu informasi seputar pengirim dan penerima. 

Sama seperti sebelumnya, informasi ini berupa nama dan alamat lengkap. Untuk menuliskan informasi penerima, gunakanlah kata “Kepada Yth.”

Informasi pengirim dapat kamu letakkan di kiri atas amplop. Sedangkan informasi penerima di kanan bawah amplop.

Nah, itu dia 5 tata cara menulis alamat di amplop untuk surat resmi, lamaran kerja, dan undangan yang baik dan benar. Dalam menulis alamat, jangan lupa untuk tetap memperhatikan penggunaan PUEBI yang baik.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *