Apa Itu Penulis Ini 17 Profesi Penulis dan Kisaran Gajinya!Apa Itu Penulis Ini 17 Profesi Penulis dan Kisaran Gajinya!

Saya sering mendengar kisah soal anak muda yang harus berhenti menulis karena larangan orang tuanya. Apa itu penulis? Mau dapat duit dari mana kamu? Emangnya bisa bertahan hidup hanya dengan menulis? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin sedang mendera kalian yang lagi berjuang untuk menunjukkan betapa hebatnya profesi penulis di kalangan terdekat.

Nah, artikel ini bisa juga jadi rujukanmu untuk memberikan gambaran pada orang-orang yang skeptis bahwa penulis juga punya gaji dan peluang kerja yang tinggi di Indonesia. Lebih daripada itu, kamu juga akhirnya akan mendapatkan gambaran tentang bidang mana yang mau kamu pilih.

Apa itu Penulis?

Jika mendengar kata penulis, kamu mungkin terpikir sosok yang duduk di belakang meja, tenggelam dalam lamunan, dengan tangan yang tak henti-hentinya mengetik. Namun, dunia penulisan jauh lebih luas dari yang kamu bayangkan.

Menjadi penulis bukan hanya tentang menghasilkan karya, tetapi juga tentang mengkomunikasikan ide, emosi, dan pesan kepada pembaca.

Penulis, seperti J.K. Rowling yang menciptakan seri “Harry Potter”, atau Pramoedya Ananta Toer dengan tetralogi “Pulau Buru”-nya, adalah contoh nyata bahwa dengan menulis, seseorang bisa menciptakan dampak besar di dunia. Mereka memulai karirnya dari titik yang tak pasti, namun dengan ketekunan, kreativitas, dan tentunya bakat, mereka berhasil meraup keuntungan yang luar biasa dari karya-karya mereka.

Tidak hanya dalam bentuk buku, penulis bisa berkarya dalam berbagai media, mulai dari artikel koran, naskah drama, skenario film, hingga konten digital di era serba digital saat ini. Setiap jenis penulisan memiliki tantangannya sendiri dan membutuhkan keahlian khusus.

Sebagai contoh, Raditya Dika, seorang penulis, komedian, dan sutradara Indonesia, memulai karirnya sebagai penulis blog yang kemudian berhasil menerbitkan buku dan bahkan mengadaptasinya menjadi film yang sukses di pasaran. Dari sinilah dia meraup keuntungan yang besar.

Dalam hal pendapatan, potensi gaji seorang penulis di Indonesia sangat variatif. Namun, kamu bisa meniliknya satu per satu dalam daftar di bawah ini.

17 Profesi Penulis, Bidang Kerjanya, dan Peluang Gajinya

Nah, profesi penulis itu ada bermacam-macam dan potensi pendapatannya juga berbeda-beda. Kamu bisa melihat dulu daftarnya di bawah ini untuk menentukan profesi penulis mana yang kamu inginkan.

1. Penulis Buku

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Tentu saja kamu sudah familiar dengan profesi penulis buku, kan? Seorang penulis buku adalah individu yang menuangkan ide, cerita, pengetahuan, atau pengalamannya ke dalam bentuk tulisan yang sistematis dan terstruktur. Tujuannya? Supaya pembaca bisa menikmatinya, memahaminya dan mengambil manfaat dari situ.

Contoh pekerjaan seorang penulis buku sangat beragam. Ada yang fokus menulis novel fiksi, seperti J.K. Rowling dengan seri “Harry Potter”-nya. Ada juga yang lebih suka menulis buku non-fiksi, seperti Dale Carnegie dengan bukunya “How to Win Friends and Influence People“.

Seorang penulis buku memiliki kebebasan untuk memilih topik apa yang ingin ditulis, mulai dari kisah cinta, petualangan, sejarah, ilmu pengetahuan, motivasi, hingga panduan memasak. Yang terpenting, karyanya memberikan nilai dan manfaat bagi pembaca.

Peluang Gaji Penulis Buku

Seorang penulis yang bukunya dijual dengan harga Rp100.000 dengan royalti 10% akan mendapatkan Rp10.000 untuk setiap buku yang terjual. Jika dalam sebulan bukunya terjual 1000 eksemplar, maka pendapatannya adalah Rp10 juta per bulan dari royalti buku tersebut.

2. Penulis Artikel

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Siapa bilang menulis hanya tentang novel atau cerpen? Penulis artikel adalah salah satu profesi menulis yang tak kalah penting dan menarik. Penulis artikel berkutat dengan informasi aktual, opini, atau analisis mendalam tentang berbagai topik yang sedang hangat atau relevan dengan pembaca.

Misalnya, kamu mungkin sering membaca berita online tentang politik, olahraga, atau berbagai review film terbaru, kan? Nah, dibalik artikel-artikel tersebut ada seorang penulis yang berdedikasi menyajikan informasi tersebut dengan cara yang menarik. Selain itu, ada juga penulis yang fokus pada artikel feature, di mana mereka mendalami suatu topik dengan pendekatan yang lebih personal, naratif, dan mendalam.

Sebagai contoh pekerjaan, seorang penulis artikel mungkin bertugas menulis analisis tentang dampak ekonomi dari suatu kebijakan pemerintah. Selanjutnya, ada juga penulis artikel fashion yang memberikan ulasan tentang tren pakaian musim ini.

Kamu juga bisa menemui penulis yang mengulas tentang destinasi wisata terbaru, resep masakan, hingga tips dan trik sehari-hari. Dengan kata lain, dunia penulis artikel sangat luas dan penuh dengan peluang!

Peluang Gaji Penulis Artikel

Penulis artikel pemula bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000 per artikel. Namun, penulis yang sudah berpengalaman dengan beberapa portofolio berkualitas bisa mendapatkan Rp250.000 hingga Rp1.000.000 per artikel. Bahkan mereka bisa mendapatkan lebih banyak lagi lebih, tergantung pada kompleksitas dan panjang artikel. Ada juga penulis yang bekerja dengan sistem gaji bulanan di sebuah media. Gaji mereka biasanya berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp10 juta per bulan atau lebih, tergantung pada reputasi media dan pengalaman penulis.

3. Script Writer

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Menulis bukan hanya soal mengisi halaman kosong dengan kata-kata, tetapi juga membangun cerita yang mengalir dan menarik. Inilah yang dilakukan oleh seorang script writer atau penulis naskah. Mereka adalah para ahli dalam menciptakan alur cerita yang kuat, dialog yang hidup, dan situasi yang menegangkan atau mengharukan.

Sebagai contoh, kamu pasti sering menonton film atau serial TV, bukan? Di balik setiap adegan dan dialog, ada seorang penulis naskah yang telah merancang semuanya dengan detail. Mereka memikirkan bagaimana para tokoh berinteraksi, apa latar belakang cerita, hingga momen-momen klimaks yang akan membuat penonton terpaku.

Tak hanya film, penulis naskah juga kerap terlibat dalam pembuatan iklan televisi. Mereka harus mampu menyampaikan pesan produk dalam durasi yang singkat, namun tetap menarik dan mudah diingat. Atau, bagi kamu yang gemar nonton Youtube, tahukah kamu bahwa di balik setiap videonya ada seorang script writer yang telah merancangnya?

Peluang Gaji Script Writer

Untuk penulis naskah yang baru memulai karier, gaji mungkin berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta per episode untuk sinetron atau Rp10 juta hingga Rp50 juta untuk naskah film layar lebar. Sedangkan, bagi Script Writer yang sudah berpengalaman dengan beberapa naskah sukses di bawah sabuknya, angka ini bisa meningkat hingga Rp10 juta – Rp20 juta per episode untuk sinetron atau Rp50 juta hingga Rp200 juta atau lebih untuk naskah film.

4. Copywriter

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Copywriter adalah salah satu profesi dalam dunia kreatif khususnya di industri periklanan dan marketing. Seorang copywriter bertugas menciptakan kata-kata atau teks yang mampu memikat hati pembaca dan memotivasi mereka untuk melakukan sesuatu, entah itu membeli produk, menggunakan jasa, atau bahkan hanya meningkatkan kesadaran merek.

BACA JUGA:   Persyaratan Menulis di Media Cetak, Penulis Wajib Tahu!

Copywriter harus menulis kata-kata yang singkat, padat, dan jelas. Mereka harus bisa menangkap esensi dari suatu produk atau jasa, lalu menyampaikannya dengan cara yang menarik dan meyakinkan.

Sebagai contoh, saat kamu melihat iklan di televisi, poster di jalan, atau bahkan caption di media sosial dari sebuah brand. Di baliknya, ada seorang copywriter yang telah merancang pesan tersebut.

Misalnya, slogan “Just Do It” dari Nike atau “Think Different” dari Apple, adalah hasil karya seorang copywriter yang berhasil menciptakan pesan yang melekat kuat di benak masyarakat.

Lebih daripada itu, copywriter juga kerap terlibat dalam pembuatan naskah untuk video promosi, brosur, dan materi marketing lainnya. Mereka bekerja sama dengan tim kreatif lainnya, seperti desainer grafis dan produser, untuk menciptakan kampanye iklan yang efektif.

Peluang Gaji Copywriter

Untuk copywriter pemula yang baru memulai karier di agensi iklan atau perusahaan, gaji bulanan mungkin berkisar antara Rp4 juta hingga Rp7 juta. Namun, bagi mereka yang memiliki pengalaman lebih dari beberapa tahun, gaji bisa meningkat menjadi Rp10 juta hingga Rp20 juta per bulan atau bahkan lebih.

Selain itu, banyak copywriter yang memilih untuk bekerja sebagai freelancer. Jadi, mereka memiliki kebebasan untuk menentukan tarif sendiri berdasarkan kompleksitas proyek pekerjaan. Tarif mereka bisa berdasarkan jumlah tulisan per kata, jam kerja, atau per proyek.

Misalnya, untuk sebuah artikel blog atau konten media sosial, seorang copywriter freelance mungkin mengenakan tarif mulai dari Rp250.000 hingga Rp1.000.000 atau lebih per artikel, tergantung pada panjang dan kompleksitas kontennya.

5. Technical Writer

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Technical writer memiliki peran khusus dalam menyampaikan informasi teknis yang kompleks. Mereka bertugas untuk membuat kita memahami hal-hal teknis. Pasalnya, mereka bisa mengubah bahasa teknis yang rumit menjadi kata-kata sederhana tanpa menghilangkan esensi informasinya.

Tugas seorang technical writer tidak sebatas menulis saja, tapi juga harus memahami dengan baik materi teknis terkait penulisannya. Karena hanya dengan begitu mereka baru bisa menyampaikan informasi yang akurat dan tidak menyesatkan.

Jadi, seorang technical writer harus mampu menyederhanakan istilah-istilah teknis, membuat diagram atau ilustrasi pendukung, dan menyusunnya dalam format yang sistematis dan logis.

Sebagai contoh pekerjaannya, kamu pasti pernah melihat buku panduan penggunaan alat elektronik, seperti handphone atau kamera. Di dalamnya, terdapat penjelasan detail tentang cara mengoperasikan alat tersebut, fitur-fitur yang tersedia, hingga pemecahan masalah jika terjadi kendala. Itulah salah satu hasil karya seorang technical writer.

Selain itu, technical writer juga sering membuat dokumentasi untuk perangkat lunak, panduan instalasi, FAQ (Frequently Asked Questions), dan lain-lain.

Peluang Gaji Technical Writer

Di Indonesia, gaji awal untuk Technical Writer biasanya berkisar antara Rp6 juta hingga Rp10 juta per bulan. Untuk mereka yang memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dan spesialisasi di bidang tertentu, seperti IT, kedokteran, atau teknik, gajinya bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp25 juta per bulan atau lebih.

6. Content Writer

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Seorang content writer atau penulis konten, memiliki tugas khusus untuk menciptakan konten yang informatif, menarik, dan relevan sesuai dengan platform dan audiens yang dituju. Mereka harus mampu menyesuaikan gaya penulisannya dengan karakteristik pembaca dan tujuan dari pembuatan konten. Selain itu, penulis konten juga harus selalu update dengan tren dan informasi terbaru agar konten tetap segar dan relevan.

Salah satu kunci keberhasilan seorang content writer adalah kemampuan untuk melakukan riset mendalam tentang suatu topik dan kemudian menyajikannya dalam bentuk yang menarik. Selain itu, mereka juga harus mampu menulis dengan cepat dan efisien tanpa mengorbankan kualitas konten.

Ini contoh pekerjaan penulis konten! Kamu pasti pernah mengunjungi sebuah website yang membahas tentang game. Di sana, kamu menemukan berbagai artikel yang membahas review game terbaru, tips dan trik bermain, hingga berita terbaru seputar industri game. Semua konten tersebut, mulai dari judul yang menarik hingga isi artikel yang informatif, merupakan hasil kerja seorang content writer.

Namun, pekerjaan seorang content writer tidak terbatas pada website saja. Mereka juga bisa menulis untuk media sosial, blog pribadi, majalah digital, dan platform lainnya.

Peluang Gaji Content Writer

Di Indonesia, content writer pemula biasanya mendapatkan gaji awal antara Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan. Namun, dengan pengalaman dan spesialisasi di bidang tertentu, seperti SEO (Search Engine Optimization) atau copywriting untuk iklan, potensi gajimu bisa meningkat hingga Rp10 juta atau lebih per bulan.

Jika kamu memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau penulis lepas, pendapatanmu akan bergantung pada jumlah proyek yang kamu ambil dan tarif yang kamu tetapkan. Beberapa content writer berpengalaman dengan klien internasional bisa mendapatkan Rp500 ribu hingga Rp1 juta untuk satu artikel panjang.

7. UX Writer

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Seorang UX Writer memiliki peran khusus dalam menciptakan pengalaman yang lancar dan menyenangkan bagi pengguna saat berinteraksi dengan suatu produk digital. Meski ada saja yang bilang bahwa pekerjaan yang mirip dengan content writer, sebenarnya ada perbedaan yang cukup jelas antar keduanya.

Sebagai seorang UX Writer, tugas utamamu adalah menyusun kata-kata yang muncul di user unterface, mulai dari tombol, petunjuk, pesan kesalahan, hingga panduan pengguna. Oleh karena itu, setiap kalimat harus jelas, singkat, dan efektif agar pengguna dapat memahami dan berinteraksi dengan produk dengan mudah.

Pentingnya peran seorang UX Writer bisa kamu lihat dari contoh berikut: Bayangkan kamu sedang menggunakan sebuah aplikasi pemesanan makanan. Saat kamu ingin memilih makanan, ada petunjuk “Pilih Makananmu.” Ketika terjadi kesalahan, muncul pesan “Oops! Ada yang salah. Coba lagi.” yang informatif namun tetap ramah. Atau ketika kamu berhasil melakukan pemesanan, muncul notifikasi “Pesanan Berhasil! Makananmu sedang dalam perjalanan.” yang memberikan rasa kepastian dan kenyamanan. Semua tulisan tersebut adalah hasil kerja dari seorang UX Writer.

Dengan kata lain, seorang UX Writer harus memastikan bahwa setiap kata yang ditampilkan di produk digital dapat membantu pengguna untuk mencapai tujuannya dengan mudah dan nyaman.

Peluang Gaji UX Writer

Sebagai seorang UX Writer, potensimu untuk mendapatkan gaji yang menarik sangat terbuka lebar, terutama jika kamu bekerja di perusahaan teknologi besar atau startup yang sedang berkembang pesat. Di Indonesia, gaji awal untuk UX Writer biasanya berkisar antara Rp7 juta hingga Rp15 juta per bulan, tergantung pada pengalaman, keahlian, dan perusahaan tempat kamu bekerja. Namun, bagi mereka yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dan spesialisasi tertentu, angka ini bisa meningkat hingga Rp30 juta atau lebih per bulan.

8. Ghostwriter

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Kamu bisa saja memiliki kemampuan menulis yang luar biasa, tetapi nama kamu tak pernah muncul di sampul buku atau artikel yang kamu tulis. Itulah kenyataan yang harus dihadapi oleh seorang ghostwriter. Profesi ini memang unik, karena seorang ghostwriter menulis atas nama klien mereka, dan karyanya terbit dengan nama klien tersebut, bukan nama penulis aslinya.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Menjadi Penulis Lepas untuk Pemula

Sebagai contoh, seorang tokoh publik mungkin ingin menulis otobiografi, tetapi tidak memiliki waktu atau kemampuan menulis yang memadai. Maka, dia bisa mempekerjakan seorang ghostwriter untuk menuliskan kisah hidupnya berdasarkan wawancara, catatan, dan sumber lainnya. Hasil akhirnya adalah buku yang berkualitas dengan nama tokoh publik tersebut di sampulnya, meskipun sebenarnya ditulis oleh ghostwriter.

Selain otobiografi, ghostwriter juga sering muncul di dunia bisnis, misalnya untuk menulis artikel, laporan, atau bahkan buku tentang bidang keahlian tertentu. Bahkan, di dunia penerbitan, ada novel-novel populer yang sebenarnya hasil karya ghostwriter.

Peluang Gaji Ghostwriter

Sekarang, soal peluang gaji. Ghostwriter biasanya mendapat bayaran yang cukup tinggi, mengingat mereka harus menyerahkan hak cipta dan tidak mendapatkan pengakuan atas karya mereka. Tarifnya bervariasi, tergantung pada kompleksitas proyek, reputasi ghostwriter, dan kesepakatan dengan klien. Beberapa ghostwriter dibayar per halaman, per kata, atau dengan tarif tetap untuk proyek tertentu. Ada juga yang mendapatkan royalti, meskipun ini kurang umum. Dalam beberapa kasus, seorang ghostwriter dengan reputasi baik dan pengalaman bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk satu proyek buku.

9. Penulis Biografi

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Apakah kamu pernah membaca kisah hidup tokoh inspiratif dan terkesan dengan detail dan kedalaman ceritanya? Itu adalah hasil karya seorang penulis biografi, profesional yang memiliki keahlian khusus dalam menggali dan menceritakan kembali perjalanan hidup seseorang dengan gaya tulisan yang menarik.

Seorang penulis biografi tidak hanya sekadar menulis. Mereka melakukan riset mendalam, mulai dari mengumpulkan data, dokumen, hingga wawancara dengan orang-orang yang pernah berinteraksi dengan subjek biografi.

Misalnya, saat menulis biografi tentang seorang musisi legendaris, penulis mungkin akan berbicara dengan keluarga, teman, rekan kerja, bahkan penggemar untuk mendapatkan gambaran yang holistik tentang kehidupan musisi tersebut.

Contoh pekerjaan seorang penulis biografi adalah ketika dia diminta oleh keluarga seorang aktivis hak asasi manusia yang telah meninggal untuk menulis kisah hidup aktivis tersebut. Penulis akan melakukan wawancara dengan keluarga, teman, dan rekan-rekan aktivis, mengumpulkan artikel atau tulisan tentang aktivis tersebut, dan mungkin juga mengunjungi tempat-tempat penting yang berkaitan dengan perjuangan aktivis itu.

Peluang Gaji Ghostwriter

Karena sifat pekerjaannya yang memerlukan riset mendalam dan ketelitian tinggi, penulis biografi biasanya mendapatkan bayaran yang lebih tinggi dibandingkan jenis penulisan lain. Tarif bisa bervariasi tergantung pada kompleksitas proyek, lama waktu riset, dan reputasi penulis. Ada penulis biografi yang mendapatkan bayaran per halaman, ada pula yang mendapatkan bayaran tetap untuk satu proyek. Untuk proyek biografi yang lebih besar dan mendalam, seorang penulis dengan reputasi baik bisa mendapatkan bayaran mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

10. Penyair/Penulis Puisi

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Menciptakan puisi adalah seni, sebuah ungkapan jiwa yang mendalam melalui kata-kata. Jika kamu pernah merasa terhanyut dalam baris-baris puisi, atau tergugah oleh emosi seorang penyair, maka kamu telah merasakan keajaiban dari karya seorang penulis puisi.

Seorang penulis puisi adalah seseorang yang mampu menangkap perasaan, momen, atau pengalaman dalam bentuk kata-kata yang ritmis, berima, atau bahkan bebas. Mereka menulis berdasarkan inspirasi, baik dari perasaan pribadi, keindahan alam, kisah cinta, kesedihan, kebahagiaan, atau apapun yang menggugah hati dan pikirannya.

Sebagai contoh, seorang penulis puisi mungkin terinspirasi oleh hujan di sore hari dan menciptakan sebuah puisi tentang kesedihan yang diredam oleh derai hujan, atau tentang kenangan masa lalu yang datang bersama tetesan air dari langit.

Peluang Gaji Penulis Puisi

Di Indonesia, puisi mungkin tidak sepopuler genre sastra lainnya seperti novel atau cerpen. Meski begitu, ada beberapa jalur penghasilan bagi penulis puisi. Mereka bisa mendapatkan honor dari publikasi di media cetak seperti majalah, antologi puisi, atau buku kumpulan puisi pribadi. Selain itu, penyair juga seringkali diundang dalam acara-acara sastra, lokakarya, atau pertunjukan puisi, di mana mereka bisa mendapatkan honorarium.

Untuk angka pasti, gaji atau pendapatan seorang penulis puisi sangat variatif. Jika puisinya lolos seleksi media cetak, maka dia bisa mendapatkan honor sekitar Rp50.000 hingga Rp500.000 per puisi. Sementara untuk buku kumpulan puisi, royalti yang diterima biasanya berkisar antara 10% hingga 15% dari harga jual buku. Misalkan buku dijual dengan harga Rp50.000 dan terjual 1000 eksemplar, maka penyair bisa mendapatkan royalti sekitar Rp5.000.000 hingga Rp7.500.000.

11. Cerpenis

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Menulis cerpen, atau cerita pendek, adalah sebuah tantangan tersendiri. Bayangkan saja, kamu harus mampu menyampaikan sebuah cerita dengan plot, karakter, konflik, dan resolusi dalam jumlah kata yang terbatas.

Sebagai cerpenis, kamu tidak memiliki ruang yang luas seperti novelis untuk mengembangkan cerita, sehingga setiap kata harus dipilih dengan hati-hati agar dapat membawa pembaca masuk ke dalam dunia yang kamu ciptakan.

Seorang cerpenis memerlukan ketajaman observasi, empati yang mendalam, serta kemampuan untuk menangkap esensi dari kehidupan sehari-hari dan mengubahnya menjadi sebuah narasi singkat yang memikat.

Contohnya, mungkin kamu pernah mengalami atau menyaksikan sebuah peristiwa sederhana, seperti pertemuan dua orang di stasiun kereta. Seorang cerpenis mungkin akan mengambil inspirasi dari momen tersebut dan menciptakan sebuah cerita tentang dua sahabat yang bertemu kembali setelah bertahun-tahun terpisah.

Peluang Gaji Penulis Cerpen

Di dunia penerbitan, cerpen bisa masuk ke majalah, koran, atau antologi bersama cerpen-cerpen lain. Untuk majalah atau koran, honor yang diberikan untuk satu cerpen berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.500.000, tergantung pada reputasi media dan panjang cerpen.

Sementara untuk antologi, cerpenis biasanya mendapatkan royalti dari penjualan buku. Jika sebuah antologi dijual dengan harga Rp60.000 dan terjual 1000 eksemplar dengan royalti 10%, maka seorang cerpenis bisa mendapatkan sekitar Rp6.000.000, yang nantinya dibagi dengan cerpenis lainnya dan penerbit..

12. Kolumnis

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Seorang kolumnis memiliki peran penting sebagai salah satu sumber opini mengenai berbagai topik. Berbeda dengan jurnalis yang lebih fokus pada pelaporan fakta, seorang kolumnis memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapat pribadinya, memberikan interpretasi, dan menganalisis suatu isu dari sudut pandang yang unik.

Sebagai kolumnis, kamu harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang topik yang kamu tulis, baik itu politik, budaya, ekonomi, hiburan, atau topik-topik lainnya. Selain itu, kemampuan untuk menulis dengan gaya yang menarik dan argumentasi yang kuat adalah kunci untuk menarik perhatian pembaca.

Contohnya, mungkin kamu pernah membaca kolom mengenai analisis dampak kebijakan pemerintah terhadap ekonomi mikro di sebuah surat kabar nasional, atau opini mengenai perkembangan tren fashion di sebuah majalah gaya hidup.

Peluang Gaji Kolumnis

Di media cetak maupun digital besar, seorang kolumnis dengan reputasi baik bisa mendapatkan honor per artikelnya antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000, tergantung pada reputasi dan cakupan media tersebut.

Jika seorang kolumnis menulis satu kolom setiap minggu untuk sebuah media dengan honor Rp1.000.000 per artikel, maka dalam sebulan ia bisa mendapatkan Rp4.000.000. Tentu saja, bagi kolumnis yang memiliki nama besar dan kerjasama dengan beberapa media sekaligus, pendapatan ini bisa meningkat pesat.

13. Travel Blogger

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Pernahkah kamu berjalan di tepi pantai dengan pasir putih yang lembut di antara jemarimu, sementara deburan ombak menggema di telingamu? Atau mungkin kamu berada di puncak gunung, menghirup udara segar sambil menikmati panorama matahari terbit yang menakjubkan. Sebagai seorang travel blogger, kamu tidak hanya merasakan pengalaman tersebut, tapi juga membagikannya kepada dunia melalui tulisanmu.

BACA JUGA:   Pekerjaan Penulis Novel di Indonesia

Seorang travel blogger menghabiskan waktunya menjelajahi destinasi wisata, baik yang populer maupun yang tersembunyi, dan kemudian menulis tentang pengalamannya, memberikan tips, trik, serta rekomendasi untuk para pembaca yang mungkin ingin mengunjungi tempat yang sama. Misalnya, kamu mungkin menulis tentang kafe tersembunyi di Bali yang menawarkan kopi terbaik yang pernah kamu cicipi, atau rute hiking menantang di Lombok yang belum banyak diketahui orang.

Salah satu keunggulan menjadi travel blogger adalah kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai brand, hotel, atau biro perjalanan. Dengan kata lain, kamu mungkin berkesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata secara gratis atau dengan diskon khusus sebagai bagian dari kerjasama promosi.

Peluang Gaji Travel Blogger

Blogger pemula mungkin mengandalkan pendapatan dari iklan di blognya, dengan potensi penghasilan antara Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan. Namun, travel blogger yang sudah memiliki nama dan follower yang banyak, bisa mendapatkan pendapatan dari kerjasama dengan brand atau sponshorship, dengan potensi gaji bisa mencapai Rp10.000.000 hingga Rp50.000.000 per bulan, tergantung pada seberapa besar jaringan dan reputasi mereka di industri tersebut.

14. Penulis Karya Ilmiah

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Kita semua percaya bahwa kebenaran ilmiah menjadi landasan yang tak tergantikan. Sebagai penulis karya ilmiah, kamu berada di garis depan ilmu pengetahuan. Bukan hanya sekadar menulis, tetapi kamu menyajikan fakta, data, dan analisis yang telah melalui proses riset panjang dan mendalam.

Penulis karya ilmiah biasanya terlibat dalam penelitian di laboratorium, observasi lapangan, wawancara, atau studi literatur. Hasil dari riset tersebut kemudian disusun dengan sistematis dalam bentuk jurnal, artikel, laporan, atau publikasi lainnya.

Sebagai contoh, seorang penulis mungkin melakukan penelitian tentang dampak perubahan iklim terhadap pertumbuhan tanaman di suatu daerah. Kemudia, ia akan menyajikannya dalam jurnal ilmiah agar peneliti lain atau masyarakat umum dapat mengaksesnya.

Dalam konteks akademik, penulis karya ilmiah biasanya juga memiliki profesi sebagai dosen, peneliti, atau mahasiswa pascasarjana yang menulis sebagai bagian dari tugas mereka atau untuk meningkatkan reputasi akademik. Namun, ada juga penulis independen yang fokus pada topik-topik tertentu dan menyumbangkan karyanya ke berbagai publikasi.

Peluang Gaji Penulis Karya Ilmiah

Sebagai gambaran, di Indonesia, peneliti atau dosen yang menulis jurnal ilmiah bisa mendapatkan insentif berkisar antara Rp500.000 hingga Rp10.000.000 per publikasi, tergantung pada reputasi dan indeks jurnal tersebut. Namun, bagi yang memiliki reputasi tinggi sebagai kontributor atau penulis tetap di jurnal-jurnal ternama, pendapatan tambahan bisa mencapai Rp15.000.000 hingga Rp30.000.000 per bulan.

15. Penulis Soal-soal dan Buku Pelajaran

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Buku pelajaran memegang peranan penting sebagai sumber belajar utama bagi para siswa. Sebagai penulis, kamu memiliki tanggung jawab besar untuk menyusun materi yang informatif, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini.

Penulis buku pelajaran biasanya bekerja sama dengan penerbit, lembaga pendidikan, atau instansi pemerintah sehingga dapat menyusun materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Bukan hanya sekedar menulis, mereka juga melakukan riset, memastikan akurasi data, serta merangkum informasi secara sistematis dan menarik.

Sebagai contoh, kamu bisa saja menulis buku pelajaran matematika untuk kelas 7 SMP, di mana kamu harus menyajikan konsep-konsep matematika dengan penjelasan yang jelas, contoh soal, serta latihan yang variatif.

Salah satu keuntungan menjadi penulis buku pelajaran adalah kesempatan untuk berkontribusi secara langsung dalam proses belajar mengajar. Lebih daripada itu, ribuan, bahkan jutaan siswa, akam membaca karyamu.

Peluang Gaji Penulis Buku Pelajaran

Potensi gaji penulis buku pelajaran bervariasi tergantung pada penerbit, tingkat kesulitan materi, dan volume buku yang ditulis. Di Indonesia, seorang penulis buku pelajaran pemula biasanya mendapat royalti berkisar antara Rp10.000 hingga Rp50.000 per buku yang terjual.

Namun, bagi penulis yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik, royalti per buku bisa mencapai Rp100.000 hingga Rp500.000. Terlebih lagi, jika bukumu laris dan diadopsi oleh banyak sekolah, potensi pendapatan tahunan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

16. Penulis Buku Anak

Image created by Tika Widya using DALL-E

Menulis buku anak bukanlah pekerjaan sembarangan. Sebagai penulis buku anak, kamu memiliki peran penting dalam membentuk imajinasi, moral, serta pengetahuan anak-anak melalui kisah-kisah yang kamu ciptakan. Buku anak biasanya memuat bahasa yang sederhana, namun penuh makna. Tentu saja, buku anak juga punya ilustrasi yang menarik untuk memikat perhatian mereka.

Sebagai penulis buku anak, kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang psikologi anak. Dengan kata lain, kamu harus tahu apa yang mereka sukai, dan bagaimana cara menyampaikan informasi atau nilai-nilai tertentu kepada mereka.

Misalnya, kamu bisa menulis kisah tentang seekor kelinci yang berpetualang mencari rumah, yang pada dasarnya mengajarkan tentang konsep rumah dan kebersamaan.

Peluang Gaji Penulis Buku Anak

Seorang penulis buku anak pemula di Indonesia biasanya mendapatkan royalti mulai dari Rp5.000 hingga Rp25.000 per buku yang terjual. Namun, bagi penulis yang sudah memiliki nama dan karyanya laris di pasaran, royalti yang diterima bisa berkisar antara Rp50.000 hingga Rp200.000 per buku. Jika buku yang kamu tulis menjadi best seller dan dicetak dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan pendapatan hingga puluhan atau ratusan juta rupiah per tahunnya.

17. Penulis Skenario Game

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Bermain game bukan sekadar menikmati grafik atau mekanisme permainannya saja. Salah satu komponen penting yang seringkali menentukan kesuksesan sebuah game adalah cerita atau skenarionya. Di sinilah peran seorang penulis skenario game menjadi sangat krusial.

Sebagai penulis skenario game, tugas kamu adalah menyusun alur cerita yang menarik, membangun detail tokoh, dan menulis dialog-dialog yang memikat. Kamu harus memastikan bahwa cerita dapat membangkitkan rasa penasaran dan memotivasi mereka untuk terus bermain hingga mencapai akhir cerita.

Sebagai contoh, game “The Last of Us” berhasil menyentuh hati banyak pemain dan menjadikannya salah satu game terbaik sepanjang masa. Pasalnya, game ini memuat kisah tentang perjuangan seorang ayah dan anak di dunia pasca-apokaliptik.

Peluang Gaji Penulis Skenario Game

Mengenai potensi gaji, di Indonesia, seorang penulis skenario game pemula biasanya mendapat gaji mulai dari Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan. Namun, bagi mereka yang sudah berpengalaman dan memiliki track record dalam menulis skenario untuk game-game populer, gaji bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp40 juta per bulan atau bahkan lebih. Selain gaji tetap, beberapa perusahaan game juga memberikan bonus atau royalti berdasarkan keberhasilan dan penjualan game yang dikembangkan.

Penutup

Mendalami 17 profesi penulis dan peluang gajinya tentu membuka mata kita akan keragaman dunia tulis-menulis dan betapa luasnya peluang di bidang ini. Kamu mungkin awalnya hanya mengenal beberapa tipe penulis. Tetapi setelah mengetahui lebih dalam, kamu pasti jadi tahu bahwa ada begitu banyak jalur karier yang bisa dijelajahi.

Setiap profesi memang memiliki tantangan dan keunikannya masing-masing. Namun satu hal yang pasti: passion dan dedikasi adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan. Jadi, jika kamu memiliki ketertarikan di dunia penulisan, jangan ragu untuk mengejar mimpi dan terus mengasah kemampuanmu. Siapa tahu, di antara 17 profesi tersebut, salah satunya adalah jalan masa depanmu yang gemilang.

Nah, sudah nggak bingung lagi kan menjawab pertanyaan “Apa itu Penulis?” Kalau masih bingung, coba gabung dulu dengan Komunitas Penulis Tika Widya biar kita bisa langsung berdiskusi.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *