3 Contoh Penulisan Daftar Pustaka Yang Benar Sesuai Formatimage created by Tika Widya using DALL-E 3

Ketika menyusun daftar pustaka, kita harus mengikuti format yang benar dalam menulis setiap sumber. Format ini membantu membawa keteraturan dan konsistensi ke dalam tulisan kita. Biasanya, format penulisannya harus disesuaikan dengan gaya penulisan tertentu, seperti APA, MLA, atau Chicago. Lalu, bagaimana contoh penulisan daftar pustaka yang menggunakan berbagai format? Saya akan membahasnya dalam artikel ini!

Aturan Umum Format Penulisan Daftar Pustaka

Dalam format yang benar, setiap sumber harus memiliki elemen-elemen penting yang tercantum dengan rapi. Jadi, elemen tersebut meliputi: 

  • Nama penulis 
  • Judul sumber
  • Penerbit 
  • Tahun terbit
  • Informasi tambahan seperti nomor halaman (untuk referensi spesifik)

Selain memperhatikan elemen-elemennya, menyusun daftar pustaka juga harus kamu lakukan secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis atau judul. Sebab, ini akan memudahkan pembaca untuk menemukan sumber yang mereka cari.

“Tentu saja, format penulisan daftar pustaka yang benar akan bervariasi tergantung pada gaya penulisan yang kamu pilih.” 

Misalnya, dalam gaya APA, penggunaan tanda baca, penulisan huruf besar, dan pengaturan informasi spesifik harus mengikuti pedoman tertentu. Demikian pula, dalam gaya MLA atau Chicago, aturan-aturan tertentu berlaku untuk menuliskan nama penulis, judul, dan informasi lainnya.

Jadi, kamu perlu untuk membaca panduan gaya yang sesuai dengan jenis tulisanmu dan mengikuti format penulisan daftar pustaka dengan cermat. Ini akan membantu menciptakan daftar pustaka yang terstruktur, profesional, dan mudah dimengerti oleh pembaca.

BACA JUGA:   Format Umum dan Contoh Penulisan Daftar Pustaka

3 Contoh Penulisan Daftar Pustaka Sesuai Format Paling Populer

Jika kamu masih bingung dengan cara menulis daftar pustaka. Cobalah untuk menengok beberapa contoh penulisan daftar pustaka dari buku, jurnal, dan website ini! Saya juga sudah menyesuaikannya dengan 3 format penulisan daftar pustaka yang paling populer.

1. Contoh Daftar Pustaka dengan Format APA

Berikut adalah contoh format penulisan daftar pustaka dengan gaya APA untuk beberapa jenis sumber yang umum digunakan:

Buku: Smith, J. D. (Year). Title of the Book. Publisher.

Contoh: Smith, A. (2020). The Art of Storytelling. XYZ Publishing.

Artikel Jurnal: Johnson, M. L., & Williams, R. T. (Year). Title of the article. Journal Name, Volume(Issue), Page range. DOI or URL

Contoh: Johnson, M. L., & Williams, R. T. (2019). The Impact of Climate Change on Biodiversity. Environmental Science Journal, 45(3), 210-225. doi:10.1234/12345678

Artikel dari Situs Web: Brown, S. (Year). Title of the article. Website Name. URL

Contoh: Brown, S. (2021). Tips for Effective Time Management. Time Management Hub. https://www.timemanagementhub.com/tips

Bab dalam Buku: Miller, R. T. (Year). Title of the chapter. In E. S. Editor (Ed.), Book Title (pp. Page range). Publisher.

Contoh: Miller, R. T. (2018). The Role of Technology in Modern Education. In E. S. Johnson (Ed.), Advances in Educational Technologies (pp. 45-67). Educational Publishing.

Pastikan untuk mengganti bagian: 

  • “Year” dengan tahun terbit
  • “Title of the Book/Article” dengan judul sumber yang sesuai
  • “Publisher” dengan penerbit 
  • “Journal Name” dengan nama jurnal 
  • “Volume” dan “Issue” dengan volume dan edisi jurnal
  • “Page range” dengan halaman yang relevan. 

Lebih daripada itu, jika ada DOI (Digital Object Identifier) atau URL, pastikan untuk menyertakan informasi tersebut.

BACA JUGA:   Ini Urutan Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Sesuai Sumber!

Contoh penulisan daftar pustaka yang benar dengan gaya APA:

contoh format penulisan daftar pustaka

2. Contoh Daftar Pustaka dengan Format MLA

Berikut adalah cara menulis daftar pustaka dengan gaya MLA. 

Buku: Smith, John. The Art of Storytelling. Publisher, Year.

Contoh: Smith, John. The Art of Storytelling. XYZ Publishing, 2020.

Artikel Jurnal: Johnson, Mary L., and Robert T. Williams. “The Impact of Climate Change on Biodiversity.” Environmental Science Journal, vol. 45, no. 3, 2019, pp. 210-225.

Artikel dari Situs Web: Brown, Sarah. “Tips for Effective Time Management.” Time Management Hub, https://www.timemanagementhub.com/tips.

Bab dalam Buku: Miller, Robert T. “The Role of Technology in Modern Education.” Advances in Educational Technologies, edited by Elizabeth S. Johnson, Educational Publishing, 2018, pp. 45-67.

Pastikan untuk mengganti bagian: 

  • “John Smith” dengan nama penulis
  • “The Art of Storytelling” dengan judul sumber yang sesuai
  • “Publisher” dengan penerbit, “Year” dengan tahun terbit
  • “Mary L. Johnson” dan “Robert T. Williams” dengan penulis artikel jurnal, “Environmental Science Journal” dengan nama jurnal
  • “vol.” dengan volume, “no.” dengan edisi, “2019” dengan tahun terbit artikel jurnal
  • “pp.” dengan halaman yang relevan
  • https://www.timemanagementhub.com/tips” dengan URL artikel dari situs web.

Contoh penulisan daftar pustaka yang tepat dengan format MLA: 

contoh-contoh penulisan daftar pustaka

3. Contoh Daftar Pustaka dengan Format Chicago Style

Berikut adalah contoh format penulisan daftar pustaka yang benar dengan gaya Chicago untuk beberapa jenis sumber:

Buku: Smith, John. The Art of Storytelling. Publisher, Year.

Contoh: Smith, Alice. The Art of Storytelling. XYZ Publishing, 2020.

Artikel Jurnal: Johnson, Mary L., and Robert T. Williams. “The Impact of Climate Change on Biodiversity.” Environmental Science Journal 45, no. 3 (2019): 210-225.

BACA JUGA:   Pengertian Show Don't Tell, Tujuan, dan Cara Aplikasi dalam Tulisan

Artikel dari Situs Web: Brown, Sarah. “Tips for Effective Time Management.” Accessed August 19, 2023. https://www.timemanagementhub.com/tips.

Bab dalam Buku: Miller, Robert T. “The Role of Technology in Modern Education.” In Advances in Educational Technologies, edited by Elizabeth S. Johnson, 45-67. Educational Publishing, 2018.

Pastikan untuk mengganti bagian: 

  • “John Smith” dengan nama penulis
  • “The Art of Storytelling” dengan judul sumber yang sesuai
  • “Publisher” dengan penerbit, “Year” dengan tahun terbit
  • “Mary L. Johnson” dan “Robert T. Williams” dengan penulis artikel jurnal
  • “Environmental Science Journal” dengan nama jurnal
  • “45” dengan volume, “no. 3” dengan edisi artikel jurnal
  • “2019” dengan tahun terbit artikel jurnal
  • “210-225” dengan halaman yang relevan, “https://www.timemanagementhub.com/tips” dengan URL artikel dari situs web, “45-67” dengan halaman bab dalam buku teredit
  • dan “Educational Publishing” dengan penerbit

Contoh penulisan daftar pustaka yang benar dengan format Chicago style:

Contoh penulisan daftar pustaka yang tepat

Penerapan Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Dengan memahami contoh-contoh penulisan daftar pustaka sesuai dengan gaya penulisan yang berbeda, tulisanmu akan terasa lebih jelas, akurat dan profesional. Dengan kata lain, kamu sudah berusaha memberikan penghargaan untuk setiap sumber yang sudah kamu gunakan. 

Tentu saja, ini akan memberikan bobot lebih banyak pada argumen yang kamu sampaikan. Jadi, gunakanlah contoh-contoh di atas ketika kamu menyusun daftar pustaka untuk karya tulismu selanjutnya. 

Namun, jika kamu masih merasa ragu atau ingin memastikan bahwa daftar pustaka tertata dengan sempurna, saya juga siap membantu. Jasa Proofreading Tika Widya akan memastikan bahwa daftar pustaka sudah sesuai dengan standar yang tepat. Dengan demikian, tulisanmu akan punya  integritas. 

Jadikan setiap kata berarti dan terapkan contoh penulisan daftar pustaka di atas bersama Tika Widya. Hubungi saya untuk mendapatkan proofreading yang berkualitas!

Referensi: 

1. bibliography | Etymology, origin and meaning of bibliography by etymonline. (2022, October 8). Etymonline. Retrieved August 19, 2023, from https://www.etymonline.com/word/bibliography

2. Keraf, G. (2004). Argumentasi dan narasi: komposisi lanjutan. Gramedia Pustaka Utama.

3. Semertzidou, E. (2022). Hospital Libraries and Accessibility for People with Disabilities: The Role of the Medical Librarians. JOURNAL OF LIBRARY AND INFORMATION SCIENCES, 10(1), 1-4. ISSN 2374-2372 (Print) 2374-2364 (Online). doi:10.15640/jlis.v10n1a1

4. Wagner, P. J. (Ed.). (1996). The Bloomsbury Review Booklover’s Guide: A Collection of Tips, Techniques, Anecdotes, Controversies & Suggestions for the Home Library. Bloomsbury Review.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *