Sebenarnya penting nggak sih membuat script untuk video YouTube kamu? Jawabannya adalah “Iya”. Tujuannya adalah video lebih teratur, jelas, padat tapi pesan yang kamu infokan tersampaikan. Berikut ini tikawidya.com akan membahas tentang contoh script video tutorial YouTube yang mudah bagi pemula.

Pancinglah penontonnya dulu

Hal yang utama, gunakan 5-15 detik pertamamu untuk memperkenalkan diri dengan maksimal. Jelaskan juga mengenai tujuan pembuatan videomu.

Baca Juga :  Cara Mudah Menulis Script YouTube

Baca Juga : Jasa Penulisan Script Youtube

Contoh cara membuat narasi video youtube: 

Malang adalah kota dengan ratusan kuliner, mulai dari kuliner Jawa, China, Korea hingga Western Food gabungan rasa lokal atau yang otentik. Video ini akan membahas wisata kuliner yang bisa kamu incip di Malang.

Perkenalkan dirimu dan channelmu

contoh script video youtube

Setelah kata-kata pancingan, lalu kamu bisa menampilkan logo bumpermu sekitar 5-10 detik. Selanjutnya kamu perkenalkan diri dan channelmu kepada penonton. Ajakan untuk subscribe juga dapat kamu lakukan pada bagian ini. 

Contoh naskah vlog

Saya Callista.Culinary akan mereview tentang kuliner yang ada di Malang. Pastikan kamu subscribe biar dapat info menarik seputar restoran, warung makan, dan café yang ada di kota ini.  

Content yang jelas

Begitu pula pada bagian content, pastikan kamu membuat isi yang mengalir, setiap poin menonjol dan berkaitan dengan topik inti. Pada tiap video bisa memberikan 3-5 poin penting saja lalu uraikan menggunakan contoh jika merasa perlu. 

Berikan ringkasan singkat mengenai apa yang baru saja kamu sampaikan dalam video tersebut. Kamu juga bisa menginfokan penonton agar mengklik video lain yang sudah kamu buat. Bagian ini adalah yang terpanjang dari script YouTube.

BACA JUGA:   Tutorial Menulis Script YouTube [Step-by-Step + Contoh]

Gunakan durasi video yang tepat

contoh script video youtube

Pada dasarnya, durasi video tergantung dari jenis konten yang kita tampilkan. Tapi, durasi yang paling baik adalah antara 6-12 menit.

 Jika videomu lebih dari 12 menit, potonglah video itu menjadi 2 atau beberapa bagian. Tujuannya adalah agar kamu mendapat perhatian penuh dari penonton.   

Closing

Bagian ini merupakan yang terakhir. Kamu bisa menyampaikan salam perpisahan dan ucapan terimakasih karena sudah menonton videomu. 

Contoh: 

Oke, demikian review kita mengenai strawberry waffle yang ada di kafe ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa sukai, kasi comment dan subscribe. 

Kesimpulan

Akhirnya, setelah kamu membaca format video YouTube di atas, kamu bisa memahami bagaimana penulisan script video YouTube yang baik bagi pemula. 

Tentu saja, pastikan kamu selalu memperhatikan contoh script video tutorial YouTube agar channel YouTube kamu bisa menarik perhatian penonton dan mendorong mereka untuk mengklik tombol subscribe.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *