Berikut Hal yang Tidak Perlu Kamu Perhatikan dalam Penulisan Teks Laporan Percobaan

Pernahkah kamu membaca atau bahkan pernah menyusun teks laporan percobaan? Orang yang sering melakukan penelitian atau praktikum mungkin telah sangat familiar dengan teks tersebut. Namun, dalam menyusun teks laporan percobaan, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan yang tidak. Berikut yang tidak diperhatikan dalam penulisan teks laporan percobaan.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Pertama-tama, pahami pengertian teks laporan percobaan terlebih dahulu, yuk. Teks laporan percobaan adalah sebuah teks yang penjelasan mengenai bagaimana suatu laporan berjalan. Hal ini meliputi tujuan, alat dan bahan, serta hasil percobaan. 

Struktur Teks Laporan Percobaan

Selanjutnya adalah struktur teks laporan percobaan. Untuk menyusun teks hasil percobaan, kamu perlu memperhatikan strukturnya. Struktur teks laporan percobaan ini di antara lain adalah:

  • Judul
  • Tujuan
  • Alat dan bahan
  • Langkah-langkah
  • Hasil percobaan
  • Kesimpulan

Ciri Teks Laporan Percobaan

Ada beberapa hal penting yang membedakan teks laporan percobaan dengan teks lainnya. Ciri khas dari teks ini adalah adanya percobaan atau penelitian yang dijelaskan dalam teks.

Selain itu, ciri teks laporan percobaan yang sangat jelas adalah strukturnya yang sistematis, mulai dari tujuan, hingga kesimpulan. Hal ini yang memudahkan kita untuk mengidentifikasi teks laporan percobaan. kalian bisa temui contoh laporan percobaan diberbagai media online

Hal yang Tidak Perlu Kamu Perhatikan dalam Menulis Laporan Percobaan

Setelah membahas mengenai beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menulis teks laporan percobaan, yaitu struktur dan cirinya, sekarang kita akan membahas hal yang tidak perlu kamu perhatikan.

BACA JUGA:   Ini Urutan Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Sesuai Sumber!

Hal-hal yang tidak perlu kamu perhatikan dalam kegiatan menulis teks laporan percobaan ini meliputi waktu dan tempat di mana kamu melakukan kegiatan percobaan atau praktikum.

Tempat dan waktu praktikum terjadi tidak akan mempengaruhi jalannya percobaan. Oleh karena itu, hal tersebut tidak perlu kamu cantumkan ke dalam teks laporan percobaan. Meskipun begitu, ada beberapa teks laporan percobaan yang mencantumkannya. Berikut yang tidak diperhatikan dalam penulisan teks laporan percobaan. Untuk menulis teks laporan percobaan, cukup fokus kepada hal-hal penting, seperti struktur, ciri, serta hasil dari percobaannya saja ya, teman-teman. Kamu bisa dapatkan info terbaru tentang penulisan di tikawidya.com

Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *