Jasa Penerjemah Tersumpah: Pengertian dan Kegunaannya

Jasa Penerjemah Tersumpah: Pengertian dan Kegunaannya

Jasa penerjemah tersumpah kian diburu para akademisi dan pebisnis karena tingginya kebutuhan dalam bidang pertukaran internasional, imigrasi dan bahkan pariwisata. Oleh karena itu, Anda pasti sudah sering mendapati banyak orang mengantri untuk mendapatkan jasa penerjemah tersumpah di Jakarta Selatan

Layanan ini memang sangat penting bagi bisnis maupun individu yang bekerja di ranah global dan internasional. Terlebih lagi, pada bidang usaha yang berkaitan dengan ekonomi dan politik dunia. 

Namun, apa sebenarnya jasa penerjemah tersumpah itu? Lewat artikel ini saya akan memberi sedikit penjelasan mengenai pengertian dan kegunaan jasa penerjemahan tersumpah. 

Pengertian Jasa Penerjemah Tersumpah

Penerjemahan tersumpah adalah jasa penerjemahan dokumen legal dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Jika Anda ingin menerjemahkan dokumen legal ke dalam bahasa lain, maka Anda perlu menggunakan jasa penerjemah tersumpah agar kredibilitas dokumen tetap terjaga. 

Jadi, dapat Anda simpulkan bahwa:

Jasa penerjemah tersumpah adalah layanan yang Anda butuhkan saat hasil terjemahan akan digunakan untuk tujuan administrasi atau persyaratan pemerintah. 

Sebenarnya, tidak ada regulasi yang khusus mengatur permasalahan ini. Namun, syarat dan ketentuan administrasi di setiap negara mungkin saja berbeda. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan penggunaan layanan ini bagi segala dokumen legal yang terkait dengan pemerintah. 

Penerjemah Tersumpah: Siapakah Mereka?

jasa penerjemah tersumpah

Penerjemah tersumpah adalah individu yang punya keahlian dalam menulis terjemahan. Individu tersebut juga telah diangkat sumpahnya oleh menteri yang bertanggung jawab pada urusan pemerintahan dalam bidang hukum dan HAM serta terdaftar pada kementerian bidang hukum dan HAM.

Disadur dari Permenkumham 4/2019

Dalam artian, penerjemah tersumpah adalah orang-orang yang sudah lulus ujian kualifikasi penerjemah dari Lembaga Sertifikasi yang telah diakui oleh negara Indonesia. Namun, karena di Indonesia belum ada lembaga sertifikasi untuk penerjemah, maka penerjemah tersumpah Indonesia harus mengikuti ujian dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi milik pemerintah. 

BACA JUGA:   100+ Pengertian Sub Genre Fiksi untuk Penulis Novel

Ini bukan berarti kualitas penerjemah tersumpah di Indonesia lalu berkurang. Justru karena harus mengikuti ujian kualifikasi langsung dari badan negara maka kredibilitas para penerjemah tersumpah di Indonesia sangatlah tinggi. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas mereka. 

Mengapa Anda membutuhkan Jasa Penerjemah Tersumpah? 

Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan tadi, penerjemah tersumpah mampu mengalihbahasakan dokumen-dokumen legal termasuk: 

  • Akta kelahiran
  • Sertifikat sipil
  • Kontrak notaris
  • Surat Wasiat 
  • Dokumen pendidikan seperti surat tanda kelulusan dan Ijazah
  • Sertifikat kepemilikan tanah 
  • Sertifikat bisnis
  • Dan lain sebagainya.

Alih bahasa dokumen seperti ini tentu saja tidak dapat dilakukan oleh penerjemah biasa. Pasalnya, hanya penerjemah tersumpah yang memiliki pengetahuan linguistik, terminologi, dan legislasi untuk mengalihbahasakan dokumen legal. Terlebih lagi, menerjemahkan dokumen resmi seperti ini juga harus sesuai dengan kode etik dan aturan yang berlaku. 

Di Mana Cari Penerjemah Tersumpah?

Layanan alih bahasa untuk dokumen legal memang membutuhkan perhatian khusus. Jadi, Anda tidak bisa sembarangan memilih penerjemah. Pastikan Anda hanya bekerja sama dengan Penerjemah Tersumpah di Jakarta Selatan! Kantor jasa penerjemah tersumpah ini menyediakan layanan penerjemahan yang cepat, lengkap, dan terpercaya bagi kebutuhan dokumen Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *