Ini Arti dari Skenario dan Cara Menulisnya!image created by Tika Widya

Kamu pasti tidak asing dengan yang namanya skenario. Dalam industri kreatif seperti produksi film, skenario menjadi elemen penting untuk mengatur proses atau pihak-pihak yang terlibat. Namun, apa sebenarnya arti dari skenario?

Pengertian skenario

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, skenario memiliki arti rencana lakon sandiwara atau film berupa adegan demi adegan yang tertulis secara terperinci. 

Dalam artian yang lebih luas, skenario adalah teks cerita yang menjelaskan setiap urutan adegan, keadaan, tempat, serta dialog. Bagian-bagian yang tertulis di dalam skenario meliputi petunjuk atau arahan yang harus dipahami oleh setiap pihak, mulai dari aktor, operator kamera, hingga sutradara.

Seorang penulis skenario berperan untuk memvisualisasikan adegan-adegan dengan menggunakan bagian atau teknis lain yang mendukung. Misalnya, skenario meliputi penjelasan tentang pengaturan panggung, efek suara, pencahayaan, dan sebagainya. Oleh karena itu, fungsi skenario adalah untuk menjadi petunjuk kerja pada saat proses produksi.

Langkah-langkah membuat skenario

1. Mengumpulkan ide

Terkadang ide datang secara tak terduga, tetapi coba carilah dengan berbagai cara. Beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk memancing ide adalah membaca buku atau contoh skenario, mengikuti diskusi, menonton film, dan lain sebagainya.

2. Menentukan bentuk cerita

Selanjutnya, tentukanlah bentuk cerita yang akan kamu buat. Jadi, coba pertimbangkan bagaimana caramu mengemas dan menyampaikan cerita melalui skenario yang akan kamu buat. Bentuk-bentuk itu bisa berupa kartun atau animasi, video live action, dan lain-lain.

3. Menentukan bagaiman penyampaian cerita melalui penggunaan idiom

Idiom merupakan istilah yang berkaitan erat dengan identitas atau ciri khas penulis. Selain itu, penggunaan idiom adalah alat yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan ciri khasmu melalui gaya bahasa yang kamu pilih untuk menyampaikan cerita.

BACA JUGA:   Cara Membuat dan Contoh Skenario Iklan Singkat

4. Menyusun skenario berdasarkan strukturnya

Dalam proses menyusun skenario, perlu ada pembahasan cerita secara utuh dan menyeluruh. Oleh karena itu, struktur menjadi hal yang penting dalam menyusun berita. Buatlah strutur yang meliputi outline atau penjabaran alur cerita dan scene lengkap dengan dialog serta deskripsi bentuk aksi. Selain itu, pertimbangkan komposisi visualnya.

5. Menguasai teknis dan keterampilan terkait

Mengeksekusi konsep cerita yang telah kamu susun harus disertai dengan keterampilan dan penguasaan teknis yang baik. Teknik maupun keterampilan yang akan kamu butuhkan mencakup kemampuan yang baik dalam menggunakan diksi, pengetahuan tentang teknis kamera, dan sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai arti dari skenario serta langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk membuatnya. Untuk bisa menguasai kemampuan menulis skenario, mulailah membekali diri dengan pengetahuan dan pengalaman sejak sekarang.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *