berikut yang tidak diperhatikan dalam kegiatan menulis kritik

Pernahkah kamu melihat teks kritik? Atau bahkan pernah membuat teks kritik? kritik tentang seni rupa atau semacamnya. Dalam membuat teks kritik, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan yang tidak. berikut yang tidak diperhatikan dalam kegiatan menulis kritik.

Pengertian Teks Kritik

Sebelum itu, pahami pengertian kritik terlebih dahulu, yuk. Teks kritik adalah tulisan yang dibuat untuk menganalisis sebuah karya. Baik karya sastra, maupun karya seni. Tulisan ini dapat berisi kekurangan dan kelebihan dari karya tersebut.

Teks kritik ini ditulis menurut tanggapan pribadi penulis. Namun begitu, tanggapan harus bersifat objektif ya, teman-teman.

Struktur Teks Kritik

Selanjutnya adalah struktur teks kritik. Teks kritik memiliki struktur sebagai berikut:

  • Pernyataan pendapat, yaitu tanggapan penulis mengenai suatu hal
  • Argumentasi, penegasan ulang pendapat penulis yang berdasarkan kepada fakta dan logika
  • Reiterasi, kesimpulan

Ciri Teks Kritik

Ada beberapa hal yang membedakan teks kritik dengan teks lainnya. Beberapa ciri teks kritik ini adalah:

  • Terdapat tanggapan pribadi penulis mengenai sebuah karya
  • Terdapat penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan suatu karya
  • Tanggapan dan penilaian pribadi penulis harus bersifat objektif
  • Tanggapan dan penilaian harus berdasarkan teori yang logis

Berikut yang Tidak Perlu Kamu Perhatikan dalam Menulis Kritik

Tadi kita telah membahas mengenai beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menulis kritik. Yaitu meliputi struktur dan cirinya. 

Nah, sekarang kita akan membahas hal yang tidak perlu kamu perhatikan. Hal-hal ini meliputi faktor-faktor eksternal dari suatu karya sastra. 

Salah satu hal yang tidak perlu kamu perhatikan dalam kegiatan menulis teks kritik adalah latar belakang si pembuat karya. Seperti yang telah dijelaskan, teks kritik harus kamu susun dengan objektif. Jadi, penilaian mengenai suatu karya harus kamu pisahkan dengan kehidupan pembuatnya.

BACA JUGA:   Tips Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Selain itu, dalam menulis kritik, kamu juga harus mengenyampingkan harga atau biaya yang harus kamu tukarkan untuk menikmati karya tersebut, karena teks kritik hanya berfokus kepada isi sebuah karya. Berikut yang tidak diperhatikan dalam kegiatan menulis kritik. Jadi, untuk menulis teks kritik, cukup fokus kepada hal-hal penting, seperti struktur, ciri, dan faktor internal sebuah karyanya saja ya, teman-teman! updete terus info tentang penulisan di tikawidya.com

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *