tips penulisan ilmiah

Penulisan ilmiah adalah hal yang dilakukan untuk menunjang penelitian dalam bidang akademik. Contohnya seperti karya tulis ilmiah, skripsi, tesis, dan sebagainya. Penulisan ini bersifat formal dan resmi, sehingga tidak boleh ada kekeliruan. Yuk, terapkan beberapa tips penulisan ilmiah berikut agar penelitian kamu semakin baik!

Bagaimana cara penulisan tulisan ilmiah yang baik? Karya ilmiah yang baik harus kamu tulis secara sistematis, yaitu sesuai dengan strukturnya secara berurutan.

Struktur karya ilmiah telah ditentukan berdasarkan dengan kebutuhannya. Mulai dari pendahuluan, landasan teori, pembahasan, hingga penutupan.

Hindari mengerjakan tulisan ilmiah dengan acak. Misalnya mengerjakan pembahasan terlebih dahulu, baru landasan teori. Hal tersebut akan membuat data ilmiah menjadi tidak koheren dan acak.

Menentukan Metode Penelitian yang Tepat

Metode penelitian yang tepat adalah hal penting yang dapat mempengaruhi proses penelitian. Jika kamu salah menentukan metode penelitian, proses penelitian bisa tidak berjalan sesuai dengan yang kamu harapkan.

Dalam menentukan metode penelitian, sesuaikan dengan judul dan rumusan masalah yang kamu susun. Cara menulis metode penelitian ini yaitu menjelaskannya pada bab 3.

Menggunakan Banyak Referensi Terpercaya

Hal selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah menggunakan banyak referensi terpercaya. Pilihlah referensi seperti buku, kumpulan karya ilmiah kampus, jurnal internasional, dan jurnal nasional yang sudah jelas kebenarannya.

Hindari penggunaan artikel internet yang kurang akurat, seperti wikipedia, sebagai sumber data. 

Meminta Bimbingan Ahli

Selama proses penulisan karya ilmiah, jangan sungkan untuk meminta bimbingan dan pendapat ahli, seperti dosen yang memiliki pengalaman dalam bidang penelitian.

BACA JUGA:   Cara Menulis Daftar Pustaka dari Prosiding Lengkap dengan Contohnya

Dosen akan memberikan saran dan kritik berdasarkan pengalaman serta ilmu yang mereka miliki. Hal ini tentunya akan membuat karya tulis ilmiah yang kamu susun semakin baik.

Memperhatikan Data dengan Teliti

Dan yang terakhir, perhatikan data dengan teliti. Selalu lakukan pengecekan ulang untuk menghindari kekeliruan data. Hal ini berlaku baik untuk metode penelitian kuantitatif maupun kualitatif.Itu dia beberapa tips penulisan ilmiah yang dapat membantu menyempurnakan penelitian. Dengan menerapkan tips-tips ini, karya ilmiah kamu pasti jadi lebih baik.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *