Hindari 5 Hal ini Saat Bikin Sinopsis untuk Menulis NovelHindari 5 Hal ini Saat Bikin Sinopsis untuk Menulis Novel

Dewasa ini banyak sekali aplikasi menulis novel yang bisa kamu unduh di playstore. Pada aplikasi-aplikasi tersebut, kamu tidak hanya bisa menulis cerita namun juga bisa membaca karya orang lain. 

Bahkan sudah ada aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memberi catatan dalam bentuk gambar, bentuk kliping web, teks hingga audio.

Dalam menulis novel kamu pasti sudah kenal dengan istilah sinopsis. 

Apa itu sinopsis? 
Sinopsis adalah uraian plot, karakterisasi tokoh dan lengkap hingga ending cerita. 

Hindari 5 Hal Ini dalam Menulis Sinopsis Novel

cara membuat sinopsis

Dalam membuat sinopsis saat menulis novel, kamu sebaiknya menghindari 5 hal ini!

1. Menyebutkan terlalu banyak karakter atau peristiwa

Menyebutkan banyak tokoh atau peristiwa dalam penulisan sinopsis akan membuat pembaca bingung.

2. Memasukkan terlalu banyak detail mengenai plot twist dan turns

Sinopsis adalah ringkasan cerita. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak menuliskan terlalu banyak plot twist di dalamnya. Tuliskan perubahan arah plot dan pengembangan kisah tak terduga secukupnya saja namun tetap menarik perhatian pembaca atau penerbit naskah.

3. Mencantumkan detail, deskripsi dan penjelasan yang tidak penting

Tuliskan sinopsis secara singkat, lugas namun padat dan jelas. Tidak perlu berbelit-belit.

4. Sempatkan mengedit sinopsis kamu

Jangan gunakan alur maju mundur atau mencantumkan cerita yang mengharukan sebab hal-hal tersebut akan membuat pembaca bingung dan merasa bosan. Lebih buruknya, calon penerbit pun merasa ragu. 

BACA JUGA:   Penulisan Novel dengan Menggunakan 7-Point Structure

5. Tidak menulis sinopsis malah menulis blurb

Tetaplah fokus untuk menulis sebuah sinopsis. Jangan buat paragraf yang bertujuan promosi agar para pembaca mau membeli buku kamu atau terlihat seperti ingin mengiklankan naskah ke penerbit.

Kesimpulan

Sinopsis yang baik dimulai dengan paragraf yang kuat mengenai pengenalan tokoh utama, konflik yang muncul, dan latar belakang. Selanjutnya menceritakan tentang setiap pergantian plot utama beserta tokoh yang terlibat akan membuat ringkasan novel kamu lebih masuk akan bagi siapapun yang membacanya.

Menuliskan sinopsis merupakan salah satu dari langkah-langkah menulis novel fiksi. Hal yang terpenting, saat membuat sinopsis dalam menulis novel, kamu harus menghindari 5 hal yang telah disebutkan di atas. 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *