cara menjadi copywriter

Baik kamu sadari ataupun tidak, copywriting banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin bisa muncul di televisi, koran, majalah atau iklan website. Penasaran bagaimana cara menjadi copywriter?

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah karakter seperti apa yang cocok untuk menjadi seorang copywriter? Apakah kamu juga termasuk?

Pengertian Copywriter 

Copywriter merupakan seorang penulis yang tujuan penulisannya adalah untuk mendapatkan respon dari pembaca. Lebih daripada itu, seorang copywriter juga membujuk pembaca melakukan tindakan yang mereka inginkan. Misalnya berlangganan atau melakukan pembelian produk.

Karakter seorang copywriter

Seorang copywriter sebaiknya memiliki sikap mau belajar dan menerima kritik dari orang lain. Tentu saja copywriter yang baik adalah yang memiliki rasa ingin tahu tinggi. 

Selanjutnya, keterampilan penting lainnya adalah memiliki kemampuan menulis, memiliki perbendaharaan kata yang bagus dan tata bahasa yang baik.

Cara Menjadi Copywriter

Beberapa cara agar kamu bisa memulai karir sebagai seorang copywriter antara lain:

  • Memahami copywriting dan ilmu periklanan

Hal yang utama kamu miliki sebelum memulai karir sebagai copywriter adalah memiliki ketertarikan akan menulis. Pahami apa itu sebenarnya dunia penulisan copywriting dan periklanan. 

Tetapi, jika kamu belum memiliki keahlian pada bidang ini, kamu bisa mengikuti program kursus singkat. Opsi lainnya, kamu bisa melakukan riset sendiri melalui membaca buku atau googling. 

  • Buat Portofolio Copywriting

Rajinlah berlatih menulis dengan cara membuat blog atau memberi komentar di platform diskusi. Mulailah dengan menulis topik yang kamu sukai atau kuasai. 

Terus kumpulkan portofoliomu. Hal ini akan menjadi salah satu acuan bagi perusahaan penyedia jasa copywriting untuk merekrutmu. 

  • Mulai dari magang
BACA JUGA:   6 Tips Bikin Copywriting Jual Makanan yang Menghipnotis Lengkap dengan Contohnya

Kamu bisa mencari pengalaman baru lewat perusahaan periklanan kecil-kecilan terlebih dulu. Carilah kenalan yang punya akses ke perusahaan sejenis. Tentu saja kamu juga bisa mempromosikan dirimu di platform seperti Linkedln. Siapa tahu mereka akan menghubungimu setelah membaca profilmu.

Carilah lowongan copywriter di platform tersebut. Sebagai langkah awalnya, kamu bisa menjadi copywriter freelance terlebih dulu. 

  • Mulai menerima pesanan

Setelah memiliki jam terbang yang mumpuni, kamu juga bisa mulai menerima pesanan artikelmu sendiri. Hasilnya, kamu tidak hanya menggantungkan orderan pekerjaanmu dari pihak lain saja. Lebih daripada itu, seiring berjalannya waktu kamu akan menjadi seorang copywriter profesional.

Kesimpulan

Akhirnya, demikian pembahasan tentang cara menjadi copywriter. Sikap terpenting untuk memulai karir ini adalah pantang menyerah. Perluas lingkaran pertemananmu, terutama teman-teman penulis. Mungkin kamu akan mendapatkan ilmu baru atau bahkan mendapat tawaran pekerjaan dari mereka.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *