Cara Menulis Review yang Baik dan Menarik

Cara Menulis Review yang Baik dan Menarik

Bagi kamu yang suka berbelanja, menonton, atau mengetahui rekomendasi mengenai produk tertentu, pasti tidak asing dengan istilah review. Sebenarnya, apa itu review dan bagaimana cara menulis review? Simak penjelasan berikut untuk membantumu memahaminya.

Pengertian review

Pertama-tama, ada baiknya kamu mengetahui arti review. Pada dasarnya, review merupakan ulasan mengenai berbagai macam hal atau produk, mulai dari buku, jurnal, film, musik, dan sebagainya. 

Tujuan dari menulis review atau ulasan adalah untuk membuat rekomendasi serta memberikan pendapat jujur terkait sesuatu yang diulas kepada audiens. 

Adapun struktur dari review bergantung pada produk atau hal yang menjadi sumber ulasan. Misalnya, struktur maupun cara menulis review jurnal akan berbeda dengan cara menulis review film. 

Cara Menulis Review

Secara umum, terdapat berbagai tips menulis review yang bisa kamu coba. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Deskripsikan Pengalamanmu tentang Produk atau Karya yang Kamu Ulas

Ketika kamu mengatakan bahwa produk atau karya yang kamu ulas adalah sesuatu yang baik, maka jelaskanlah alasannya berdasarkan pengalaman yang kamu rasakan. Pastikan kamu memberikan deskripsi yang jelas dan detail sehingga pembaca bisa merasakan sesuatu yang kamu alami.  

2. Buatlah Rekomendasi yang Jelas

Pembaca akan melihat ulasanmu untuk mengetahui rekomendasimu. Oleh karena itu, buatlah rekomendasi yang jelas. Pastikan kamu memulai atau mengakhiri tulisanmu dengan rekomendasi tentang produk atau karya yang kamu ulas. 

BACA JUGA:   7 Cara Menulis Judul Artikel yang Benar dan Contohnya!

3. Jelaskan Alasan atas Rekomendasi yang Kamu Berikan

Selain untuk mengetahui rekomendasimu, pembaca juga melihat ulasan untuk membuat pilihan mereka masing-masing. Berdasarkan hal itu, alasan atas pernyataan yang kamu buat menjadi sesuatu yang penting. Misalnya, jika kamu tidak merekomendasikan sesuatu, jelaskanlah alasan mengapa kamu berkata demikian. 

4. Usahakan untuk Bisa Menawarkan Alternatif

Jika kamu tidak merekomendasikan apapun, cobalah untuk menawarkan alternatif kepada pembaca. Contohnya, ketika kamu tidak merekomendasikan suatu film, kamu bisa mencoba untuk menawarkan film sejenis lainnya yang menurutmu lebih bagus. 

5. Memberikan Komentar yang Jujur, Tetapi Tidak Selalu Negatif

Dalam mengulas sesuatu, kamu harus memberikan komentar yang jujur dan spesifik. Artinya, kamu tidak melebih-lebihkan rasa suka atau tidak suka atas sesuatu yang kamu ulas. Jelaskan dengan pasti aspek yang kamu suka atau tidak suka tanpa harus menjadi berlebihan bahkan berbohong.

Selain itu, jika kamu harus jujur akan ketidaksukaanmu, cobalah untuk tidak menyampaikan ulasan yang sifatnya selalu negatif. Kamu perlu menyeimbanginya dengan memberikan tanggapan konstruktif.  

6. Jangan Menyertakan Informasi Pribadi Siapapun

Ulasanmu bisa menjadi konsumsi publik. Sebaiknya, kamu tidak menaruh informasi pribadi apapun mengenai dirimu sendiri maupun orang terkait dalam ulasanmu. Hindari menyebarkan informasi yang sifatnya terlalu pribadi dalam sebuah tulisan review. 

7. Melakukan Koreksi atas Ulasan yang Telah Kamu Buat

Kamu harus selalu mengecek ulang dan mengoreksi tulisanmu sebelum kamu mempublikasikannya. Pastikan ulasanmu sudah menggunakan ejaan, tata bahasa, serta kaidah kebahasaan lainnya dengan benar. Cara-cara di atas mungkin tidak bisa diterapkan secara menyeluruh pada semua format review, seperti format review jurnal yang sifatnya lebih akademis. Meskipun begitu, cara menulis review di atas wajib untuk kamu coba jika ingin melakukan review yang berkaitan dengan pengalaman ketika mencoba produk tertentu.

BACA JUGA:   7 Tips Menulis Artikel SEO Biar Klien Repeat Order

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *