Apa itu Artikel Populer?

Apa itu Artikel Populer?

Artikel populer adalah rangkuman dari artikel ilmiah yang disampaikan melalui bahasa populer sehingga dipahami oleh masyarakat.

Berbeda dengan artikel ilmiah, kamu boleh menuliskan opinimu dalam artikel populer. Lalu, apa sebenarnya tujuan penulisan artikel populer dan bagaimana strukturnya?

Tujuan penulisan artikel populer

Tujuan dari pembuatan artikel populer adalah untuk menambah jumlah pembaca (traffic).

Cakupan pembaca artikel ini bukan hanya kalangan akademisi tapi lebih luas. Jadi, tujuan lainnya adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat. 

Manfaat penulisan artikel populer

artikel populer

Artikel populer berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis. Lebih daripada itu, artikel ini juga berguna bagi masyarakat awam yang ingin mendapat informasi tentang hasil publikasi ilmiah dengan cara yang sederhana.

Dengan kata lain, masyarakat bisa mencerna sebuah publikasi ilmiah dengan mudah lewat membaca artikel populer. Menjadi jembatan informasi antara ilmuwan dan masyarakat adalah fungsi utama artikel populer.

Struktur artikel populer

Struktur artikel populer berbeda dengan artikel biasa. Umumnya, artikel populer terdiri dari beberapa bagian ini: 

1. Judul 

Judul yang penulis gunakan tidak terlalu ilmiah. Mereka menggunakan kalimat sederhana yang menarik bagi orang awam.

2. Nama penulis

Nama penulis juga tertera agar artikelnya dapat dipertanggungjawabkan. Adanya nama penulis juga membuat masyarakat merasa yakin dan percaya dengan informasi di dalamnya.

3. Pembuka 

Dalam paragraf pembuka, terdapat penjelasan mengapa topik yang penulis angkat menarik, sehingga membuat pembaca penasaran ingin melanjutkan sampai akhir. Jika kamu ingin menulis artikel populer, sampaikan topik artikelmu secara persuasif dan aktual.

BACA JUGA:   Creative Writing: Pengertian, Jenis, dan 5 Elemen Penting

4. Isi  

Pada bagian ini, penulis menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah masyarakat pahami. Gaya bahasa sederhana yang singkat, padat, jelas dan lugas.

5. Penutup 

Paragraf pada bagian ini menjelaskan tentang ringkasan dari pembahasan topiknya. Kamu bisa menambahkan pendapat personalmu, tentang bagaimana sikapmu terhadap hal yang terjadi.

Kesimpulan

artikel populer

Ciri-ciri dari artikel populer adalah memiliki jumlah kata antara 700-3000 kata dengan gaya bahasa non teknis. Sumber dari penulisan artikel populer juga harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Artikel populer merupakan versi sederhana dari artikel ilmiah. Bedanya, target pembaca artikel populer adalah masyarakat awam, bukan hanya ahli dan profesional di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *