Bagaimana Cara Mengembangkan Ide Pokok dalam Menulis Paragraf?
Tips

Bagaimana Cara Mengembangkan Ide Pokok dalam Menulis Paragraf?

Siapa sih, yang tidak pernah mengalami writer’s block? Salah satu penyebab writer’s block adalah bingung bagaimana cara mengembangkan ide pokok dalam menulis paragraf.

Ternyata, ada trik mudah dalam mengembangkan ide pokok menjadi satu paragraf utuh, lho teman-teman. Apa saja sih, cara-caranya? Untuk tahu lebih lanjut, yuk langsung simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Pilihan Kata Yang Digunakan di Awal Menulis Suatu Kesimpulan

1. Menentukan Ide Pokok

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah menentukan ide pokok itu sendiri. Ide pokok ini yang kemudian akan menjadi topik pembahasan dalam paragraf.

Contoh dari ide pokok yaitu makanan seimbang.

2. Mengembangkan Ide Pokok Menjadi Kalimat Utama

Setelah menentukan ide pokok yang akan kamu tulis, langkah selanjutnya yaitu mengembangkan ide pokok menjadi kalimat utama. Dalam langkah ini, hubungkan ide pokok dengan hal lain yang relevan.

Contohnya, yaitu jika ide pokok yang telah kamu tentukan adalah makanan seimbang, kamu dapat mengembangkannya menjadi kalimat seperti berikut ini:

Mengkonsumsi makanan seimbang merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh. 
3 cara mengembangkan ide pokok - tika widya

3. Membuat Kalimat Pendukung.

Selanjutnya, buat kalimat pendukung yang berisi penjelasan dari kalimat utama. 

Biasanya, satu paragraf dapat berisi 3-4 kalimat, termasuk kalimat utama. Jadi, jumlah dari kalimat pendukung yang bisa kamu buat yaitu sekitar 2-3 kalimat.

Namun, jumlah ini dapat kamu sesuaikan kembali, asalkan paragraf tidak terlalu panjang.

Berdasarkan contoh kalimat utama sebelumnya, kita dapat membuat kalimat pendukung seperti berikut ini.

  • Makanan seimbang adalah menu makanan lengkap dengan porsi yang sesuai. 
  • Hal ini meliputi karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin.
  • Dengan mengkonsumsi makanan seimbang, asupan nutrisi dapat terpenuhi dan tubuh pun menjadi tidak mudah sakit.
BACA JUGA:   Membaca dan Menulis Merupakan Kunci dari Kesuksesan

Sehingga, jika kita gabung menjadi satu paragraf utuh, maka hasilnya:

Mengkonsumsi makanan seimbang merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh. Makanan seimbang adalah menu makanan lengkap dengan porsi yang sesuai. Hal ini meliputi karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Dengan mengkonsumsi makanan seimbang, asupan nutrisi dapat terpenuhi dan tubuh pun menjadi tidak mudah sakit.

Nah, itu dia beberapa cara mengembangkan ide pokok. Hanya dengan tiga langkah di atas, kamu sudah bisa membuat satu paragraf utuh.

Baca Juga: Bagaimana Penulis Menyusun Gagasannya dan Alasannya?

Sekarang, kamu pasti sudah tidak bingung lagi mengenai bagaimana cara mengembangkan ide pokok dalam menulis paragraf, bukan? Jangan lupa sesuaikan semua kalimat dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia untuk mendapatkan tulisan terbaik.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *