Memahami Struktur Artikel Opini Lengkap dengan Contohnya
Struktur Tulisan

Memahami Struktur Artikel Opini Lengkap dengan Contohnya

Struktur artikel opini dapat bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan penulisan. Namun, umumnya terdapat beberapa elemen yang bisa kamu gunakan dalam penulisan opini. 

Artikel ini akan membahas tentang struktur umum artikel opini  beserta contohnya. 

Struktur Artikel Opini

struktur artikel opini

Ada beberapa elemen penting yang harus ada saat kamu menulis artikel opini. Apa saja itu? 

1. Pendahuluan

Kamu bisa mengawali opini dengan pernyataan yang menarik perhatian pembaca. 

Contohnya, “Kini, penggunaan media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.”

2. Pernyataan Opini (Thesis Statement)

Selanjutnya, sajikan pernyataan opini atau thesis statement yang jelas dan tegas. 

Contohnya, “Saya meyakini bahwa media sosial memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental masyarakat.”

3. Argumen

Kemudian, kemukakan argumen yang mendukung pendapat Anda. Selanjutnya, gunakan fakta, data, logika, atau pendapat ahli untuk memperkuat argumen Anda. 

Contohnya, “Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan yang berlebihan media sosial dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan dan depresi pada individu.”

Jangan lupa untuk memberikan contoh konkret atau bukti yang mendukung argumen kamu. 

Contohnya, “Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2022 oleh Universitas ABC menemukan bahwa remaja yang menghabiskan lebih dari 4 jam per hari di media sosial cenderung mengalami penurunan kesejahteraan psikologis dan merasa kurang puas dengan kehidupan mereka.”

4. Refutasi atau Tanggapan terhadap Pendapat Lain

Bagian selanjutnya mencakup penulisan tanggapan terhadap opini yang mungkin berseberangan dengan thesis statement kami. Tinjau terlebih dahulu pendapatnya. Kemudian, sampaikan tanggapan yang masuk akal. 

BACA JUGA:   Struktur Penulisan Proposal Kegiatan Mahasiswa, Dosen Langsung Setuju

Contohnya, “Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa media sosial dapat membantu menjaga hubungan sosial, tetapi kekhawatiran mengenai pengaruh negatifnya terhadap kesehatan mental masih perlu diperhatikan.”

5. Kesimpulan

Dalam bagian kesimpulan, coba ringkas dan tegaskan kembali pendapat pendapat kamu. 

Contohnya, “Kesimpulannya, saya percaya bahwa perlu ada kesadaran dan pengaturan yang lebih baik terhadap penggunaan media sosial agar masyarakat dapat menjaga kesehatan mental mereka.”

Contoh Penulisan Opini dengan Struktur 

[Pendahuluan] Kini, penggunaan media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

[Thesis statement] Saya meyakini bahwa media sosial memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan mental masyarakat.

[Argumen] Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan yang berlebihan media sosial dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan dan depresi pada individu. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2022 oleh Universitas ABC menemukan bahwa remaja yang menghabiskan lebih dari 4 jam per hari di media sosial cenderung mengalami penurunan kesejahteraan psikologis dan merasa kurang puas dengan kehidupan mereka.
Seorang teman saya, yang merupakan seorang mahasiswa, mengaku bahwa media sosial sering membuatnya merasa tidak berharga dan cemas karena selalu membandingkan dirinya dengan kehidupan yang sempurna yang ditampilkan oleh orang lain di media sosial.

[Refutasi atau Tanggapan terhadap Pendapat Lain] Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa media sosial dapat membantu menjaga hubungan sosial, tetapi kekhawatiran mengenai pengaruh negatifnya terhadap kesehatan mental masih perlu diperhatikan. Terlalu banyak eksposur terhadap konten yang tidak realistis dan berpotensi merugikan dapat mengganggu persepsi diri dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental.

[Kesimpulan] Kesimpulannya, saya percaya bahwa perlu ada kesadaran dan pengaturan yang lebih baik terhadap penggunaan media sosial agar masyarakat dapat menjaga kesehatan mental mereka. Dengan membatasi waktu yang dihabiskan di media sosial dan mengembangkan kesadaran diri tentang dampaknya, kita dapat memastikan bahwa media sosial tidak mengendalikan hidup kita dan tidak merugikan kesejahteraan kita secara keseluruhan.
Akhir Kata

Akhir Kata

Struktur artikel opini ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan gaya penulisan masing-masing penulis. Lebih daripada itu, contoh di atas hanya merupakan contoh umum yang bisa kamu jadikan panduan. Selanjutnya, kamu harus terus berlatih menulis artikel opini agar hasilnya semakin sempurna.

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *