persyaratan menulis di media cetak
Profesi Penulis

Persyaratan Menulis di Media Cetak Bagi Pemula

Kamu pasti sering menjumpai berbagai tulisan pada media cetak. Untuk dapat mengunggah tulisan di media cetak, ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan. Kira-kira apa saja sih, persyaratan menulis di media cetak ini?

Nah, untuk mengetahui apa saja persyaratan menulis di media cetak, langsung simak penjelasan berikut, ya!

Bersifat Informatif, Aktual, dan Faktual

Syarat pertama yang harus dipenuhi tulisan untuk bisa terdapat di media cetak adalah bersifat informatif, aktual, dan faktual.

Yang pertama adalah informatif. Hal ini maksudnya semua tulisan yang berada di media cetak harus memberikan suatu informasi penting yang berguna bagi pada pembaca.

Selanjutnya, sifat aktual dan faktual berarti tulisan bersumber dari kejadian nyata atau fakta dan terjadi akhir-akhir ini.

Mengandung Topik Utama yang Jelas

Yang kedua adalah mengandung topik utama yang jelas. Sebuah tulisan harus memiliki topik pembahasan yang jelas agar tidak membingungkan pembaca dalam menerima pesan.

Oleh karena itu, penentuan topik utama merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan di awal proses penulisan.

Tidak Berbelit-Belit

Kemudian, pastikan untuk menggunakan kalimat efektif pada penulisan di media cetak. Kalimat efektif ini adalah kalimat yang singkat dan jelas, namun tetap lengkap.

Tidak Bertujuan untuk Menyerang Suatu Pihak

Setelah itu, tulisan yang kamu unggah dalam media cetak juga tidak boleh bertujuan untuk menyerang suatu pihak.

Tulisan pada media cetak biasanya berupa artikel yang mewakili opini atau sikap media terhadap sebuah isu, atau yang disebut teks editorial.

BACA JUGA:   Honor Penulis Cabaca Mencapai Rp45.000.000?

Meskipun opini adalah salah satu hal penting yang ada dalam teks editorial, penyampaiannya pun juga harus kamu perhatikan. Kamu tidak bisa sembarangan menulis opini yang terkesan menyudutkan suatu pihak. 

Baca Juga : Tips Menulis Tika Widya

Bukan Hasil Plagiat

Dan syarat yang terakhir adalah tulisan yang akan kamu publikasikan di media cetak merupakan tulisan original-mu, bukan hasil plagiat.

Membuat dan mempublikasikan tulisan hasil plagiat termasuk ke dalam salah satu bentuk kejahatan. Kamu bisa terkena sanksi jika melakukan tindakan plagiasi.Itu dia beberapa persyaratan menulis di media cetak yang perlu kamu perhatikan. Walaupun terdapat banyak persyaratan, menulis media cetak tidak memerlukan langkah-langkah yang serumit kamu bayangkan. Setelah memastikan beberapa hal tersebut, kamu bisa langsung mem-publish tulisanmu!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *