Ini Penghasilan Penulis Novel yang Bikin Kamu Semakin SemangatIni Penghasilan Penulis Novel yang Bikin Kamu Semakin Semangat

Punya hobi menulis cerita? Jika iya, menjadi penulis novel adalah pekerjaan yang bisa kamu pertimbangkan. Selain karena kamu dapat bekerja sesuai dengan minat kamu, penghasilan penulis novel juga cukup besar.

Penasaran penghasilan apa saja yang bisa kamu dapat sebagai penulis novel? Berikut ini beberapa sumber penghasilan penulis novel yang perlu kamu simak.

Royalti Hasil Penerbitan Novel

Sumber penghasilan pertama tentunya dari royalti hasil penerbitan novel. Jika novel yang kamu tulis telah terbit, kamu akan mendapatkan sumber penghasilan utama berupa royalti.

Royalti adalah keuntungan yang didapat penulis dari hasil penjualan novelnya. Biasanya, besar royalti ini yaitu sekitar 10-15% dari total penjualan buku. Namun, jumlah ini bisa bergantung dengan kesepakatan antara penulis dan penerbit.

Besar royalti juga akan berubah ketika novel meraih popularitas. Jika ada banyak jumlah novel yang telah terjual, maka royalti yang penulis dapat pun akan meningkat.

Keuntungan dari Platform Online

Nah, jika kamu lebih tertarik dengan menulis novel di platform online karena cara menjadi penulis novel online ini relatif lebih mudah, kamu tidak perlu khawatir. Meskipun tidak mendapatkan royalti penjualan, kamu tetap mendapatkan keuntungan berupa bayaran dari platform membaca buku online.

Gaji penulis novel online ini bergantung kepada platform online apa yang kamu gunakan. Kalau kamu menggunakan Novelme, jumlah keuntungan yang akan kamu dapat dari kontraknya yaitu sekitar Rp.400.000. 

Jumlah gaji penulis Novelme ini tidak dipengaruhi dari popularitas novel kamu. Sehingga, platform ini sangat cocok untuk para penulis novel pemula.

Platform lainnya adalah Noveltoon dan Wattpad. Di kedua platform ini, jumlah keuntungan yang penulis dapatkan dipengaruhi oleh ketenaran novel. Jadi, keuntungan antara penulis novel satu dan lainnya berbeda.

BACA JUGA:   Pekerjaan Penulis Novel di Indonesia

Hadiah Lomba Menulis Novel

Sumber penghasilan penulis novel lainnya adalah berasal dari hadiah lomba. Saat ini, ada banyak sekali lomba menulis novel yang dapat kamu ikuti.

Bahkan, beberapa penerbit ternama juga pernah menyelenggarakan lomba menulis novel. Hadiah yang bisa kamu raih pun juga sangat menggiurkan.

Selain hadiah berupa uang tunai, tidak jarang juga lembaga-lembaga ini menawarkan penerbitan novel kepada para juara. Jika kamu penulis novel pemula, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti lomba-lomba ini.

Itulah beberapa sumber penghasilan penulis novel yang jumlahnya cukup menggiurkan. Jadi, apakah kamu semakin tertarik dan semangat untuk menekuni bidang kepenulisan novel ini? Simak terus update dari sahabat menulis favorit kamu untuk lebih banyak informasi!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *