Honor Penulis Cabaca Mencapai Rp45.000.000
Honor Penulis Cabaca Mencapai Rp45.000.000

Bagi kamu yang bertanya-tanya mengenai cara menjadi penulis online dibayar, cabaca bisa menjadi solusinya. Dengan platform ini, kamu bisa mendapatkan honor yang tinggi. Berikut ini cara menghitung pemberian honor penulis cabaca yang perlu kamu ketahui!

Apa itu Cabaca?

Sebelumnya, tahukah kamu apa itu Cabaca.id? Cabaca adalah platform menulis novel online yang bisa kamu gunakan secara gratis. Apakah Cabaca dibayar? Jawabannya adalah ya. Bahkan, platform ini terkenal dengan bayarannya yang sangat tinggi.

Selain itu, cara menjadi penulis di Cabaca pun juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi Cabaca di Google Play Store dan App Store ataupun mengunjungi website Cabaca.id.

Kemudian, kamu perlu membuat dan memverifikasi akun. Setelah memiliki akun, kamu bisa langsung membuat novel dengan meng-klik tombol tambah (+).

Sistem Pemberian Honor Penulis Cabaca

Pada Cabaca, penulis dibedakan menjadi berbagai level. Setiap level penulis memiliki besar royalti yang berbeda. Berikut ini level-level royalti penulis Cabaca:

  • Bintang Laut (30%)
  • Udang (35%)
  • Penyu (40%)
  • Kepiting (45%)
  • Kuda Laut (50%)
  • Paus (55%)
  • Gurita (60%)

Nah, untuk mengetahui jumlah honor yang akan penulis Cabaca dapatkan, perhatikan beberapa kasus berikut ini.

Pada kasus satu, seorang penulis A berada di level Bintang Laut. Royalti yang akan penulis dapatkan yaitu sebesar 30%. Penulis A menulis novel dengan 20 bab, dengan jumlah pembaca 1.000 tiap babnya. Harga satu bab pada level Bintang Laut yaitu sebesar Rp2.000. Sehingga honor yang akan penulis A dapatkan yaitu:

30% x Rp2.000 x 20 bab x 1.000 pembaca = Rp12.000.000

Pada kasus dua, seorang penulis B berada pada level tertinggi, yaitu Gurita dengan royalti sebesar 60%. Penulis B menulis novel dengan 15 bab, dengan jumlah pembaca 1.000. Harga satu bab pada level Gurita adalah Rp5.000. Sehingga honor yang akan penulis B dapatkan yaitu:

BACA JUGA:   5 Penulis Novel Terkenal Indonesia yang Jadi Favorit Pembaca

60% x Rp5.000 x 15 bab x 1.000 = Rp45.000.000

Sangat besar bukan, honor yang bisa penulis dapatkan melalui platform Cabaca?Jumlah honor penulis Cabaca ini tentunya bergantung kepada banyaknya bab dan pembaca. Oleh karena itu, untuk mendapatkan honor yang banyak, penulis harus konsisten menulis novel. Ikuti info dan tips menarik seputar penulisan bersama Tika Widya.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *