Hobi Menulis Novel Dapat Uang dari Mana?

menulis novel dapat uang

Tidak sedikit dari orang yang hobi menulis cerita ataupun novel. Tapi kamu tahu tidak, sih, ketertarikan kamu dalam menulis novel ini dapat dikembangkan sehingga dapat menghasilkan uang, lho! Kok bisa, menulis novel dapat uang? 

Tentu bisa, dong.

Yuk, simak baik-baik agar kamu bisa mendapat penghasilan tambahan dari hal yang kamu minati. Siapa sih, yang tidak senang jika bisa mendapatkan uang dengan melakukan hal kesukaannya?

Cara Mendapat Keuntungan dengan Menulis Novel

Thanks to kemajuan teknologi, saat ini sudah ada novel berbasis internet atau yang biasa kita kenal dengan webnovel. Sesuai dengan namanya, webnovel dipublikasikan melalui internet, tidak dicetak. 

menulis novel di platform digital

Kita dapat menemukan platform menulis novel secara mudah. Kamu bisa mengunjungi platform dan aplikasi menulis novel online seperti Wattpad, Storial, NovelMe, dan masih banyak lagi.

Platform online tersebut menyediakan wadah bagi para penulis untuk mengunggah karya tulis mereka sehingga dapat dibaca oleh banyak orang. Kamu dapat langsung mempublikasikan mandiri novel kamu secara gratis!

Serius, kamu tidak perlu membayar biaya apapun dan malah bisa mendapat keuntungan dari menulis novel di Wattpad, Storial, dan NovelMe. Lalu, bagaimana sih caranya agar menulis novel dapat uang?

Fitur Bab Berbayar dan Koin

Platform-platform online tersebut menyediakan fitur bab berbayar. Penulis dapat mengunci beberapa bab dari novel yang mereka unggah sehingga pembaca harus menukarkan koin untuk dapat mengaksesnya. Dari sini lah, salah satu cara penulis dapat menerima keuntungan.

Kerjasama dengan Penerbit

Ketika novel karyamu memiliki banyak pembaca, maka tulisan kamu akan semakin terkenal dan memiliki peluang untuk dikontrak penerbit. Banyak, lho, novel terkenal yang berawal dari platform online ini. Saat penerbit telah membukukan novel karyamu, kamu akan mendapat keuntungan melalui royalti penjualan.

BACA JUGA:   8 Jenis Penulis Artikel, Mau Jadi yang Mana?

Menjual Novel Karyamu

Selanjutnya, ada juga situs di mana kamu dapat menjual hasil karya berupa novel, komik, audio, dan sebagainya. Situs ini bernama karyakarsa.com. Di situs ini, kamu dapat mengambil keuntungan sebesar 90% dari hasil penjualan karyamu. 

Apresiasi dari Pendukung

Kamu juga dapat menerima keuntungan melalui dukungan dari followers yang kamu miliki. Karyakarsa menggunakan sistem followers yang bisa memberikan apresiasi langsung berupa uang kepada para creator. Jadi semakin banyak followers yang kamu miliki, akan semakin besar juga keuntungan yang kamu terima.

menulis novel dapat uang

Ternyata banyak banget cara agar mendapatkan keuntungan melalui menulis novel, kan? Jadi, tunggu apa lagi, ayo mulai menulis dan jangan takut untuk mencoba menulis novelmu sendiri!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *