Freelance copywriter adalah
Profesi Penulis

Freelance Copywriter Adalah Peluang di Era Digital

Saat ini kebanyakan bentuk pemasaran yang perusahaan lakukan adalah secara online. Begitu pula dengan adanya pandemi juga mendorong kegiatan marketing hampir sepenuhnya dilakukan secara digital. Berikut ini membahas mengenai freelance copywriter adalah peluang di era digital. 

Peralihan marketing ke era digital

Akhir-akhir ini, hampir semua kegiatan bisa kita lakukan secara online. Tidak terkecuali marketing sebuah produk hingga branding sebuah perusahaan. Maka dari itu, akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa seorang penulis copywriter.

Apa itu freelance copywriter?

Freelance copywriter adalah penulis lepas yang menawarkan jasa penulisannya kepada lebih dari satu klien dan ia memperoleh upah per karya tulisannya.

Copywriter bekerja dimana? Seorang copywriter tidak memiliki kantor tetap. Ia bisa bekerja darimanapun dan kapanpun, bisa dari rumah, kafe atau tempat lain. Oleh karena tugas copywriter adalah hanya memenuhi pesanan penulisan saja.

Cara menjadi freelance writer

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu coba jika ingin memulai karir sebagai freelance writer pemula. 

  • Kuasai tata bahasa

Hal yang utama adalah kamu sebaiknya menguasai penggunaan tata bahasa dan membuat kalimat yang baik dan efektif. Bacalah banyak sumber, buku atau internet sehingga kosakatamu bertambah. 

Lebih daripada itu, kuasai juga bahasa lain agar kesempatanmu lebih lebar. Mungkin kamu akan mendapat peluang copywriting dari klien asing di masa depan.

  • Siapkan portofolio tulisan

Jika kamu belum memiliki blog, segera bikin. Blog merupakan sarana buatmu untuk mengasah keterampilan menulis. Tidak hanya itu, blog juga merupakan portofolio bagimu. 

Barangkali calon klien atau project owner akan menemukanmu lewat platform ini. Tentu saja, kapasitas dan bakatmu juga bisa terbaca dari sini.

  • Mau belajar dan memiliki sikap ingin tahu 
BACA JUGA:   5 Cara Menjadi Penulis Lepas Online

Sikap penting seorang copywriter adalah haus ilmu pengetahuan. Melalui hal ini, maka ilmu yang kamu miliki akan makin bertambah dan konten tulisanmu makin bagus. Oleh sebab kamu telah menguasai topik tersebut.

  • Perluas koneksi pertemanan

Ikuti situs freelance writer Indonesia dan cari teman baru dari sana. Kamu pun bisa menggunakan situs tersebut sebagai ajang diskusi antar sesama penulis. Lebih daripada itu, mungkin kamu juga bisa mendapat tawaran pekerjaan dari mereka.

  • Cari lowongan copywriter

Ada banyak sekali lowongan copywriter freelance yang bisa kamu temukan di internet. Kamu bisa melamar pada situs freelance lokal ataupun internasional.

Kesimpulan

Akhirnya, demikian pembahasan freelance copywriter adalah peluang di era digital. Jika kamu ingin mencoba memulai karir sebagai copywriter pastikan untuk mengikuti cara-cara yang telah penulis sebutkan.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *