5 Nama Penulis Novel Terkenal Indonesia
Profesi Penulis

5 Nama Penulis Novel Terkenal Indonesia

Penulis novel atau yang biasa kita kenal sebagai novelis telah menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Berikut ini beberapa nama penulis novel terkenal yang bisa kamu ketahui ceritanya. Yuk, simak baik-baik!

1. Andrea Hirata

Penulis novel terkenal Indonesia yang pertama adalah Andrea Hirata. Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama pena yang satu ini. Andrea Hirata adalah penulis di balik judul-judul novel besar Indonesia. Tidak hanya meraih gelar best seller, novel-novel karyanya juga diangkat menjadi film layar lebar. Seperti Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Karya Andrea Hirata terkenal akan pesan moralnya yang indah. Beliau bahkan pernah menyatakan bahwa tujuannya menulis adalah untuk memberikan semangat bagi sang pembacanya. Baik itu motivasi untuk ikut menulis juga, maupun semangat menjalani kehidupan.

2. Dewi Lestari

Selanjutnya adalah Dewi Lestari. Dewi Lestari adalah penulis Indonesia wanita yang telah menjual novel sebanyak 12.000 eksemplar. Buku-buku karyanya bahkan telah menembus pasar internasional. Dan bahkan, banyak juga yang telah menjadi film.

Beberapa judul novelnya yang paling terkenal di antara lain yaitu seri Supernova, Perahu Kertas (2003), Filosofi Kopi (2006), Aroma Karsa (2018), dan masih banyak lagi. Selain itu, Dewi Lestari juga merupakan seorang penerjemah karya sastra Indonesia. 

3. Tere Liye

Saat ini, siapa coba yang tidak kenal dengan Tere Liye? Namanya tertera di banyak cover novel di bagian best seller toko buku.

Beliau memulai karir menulisnya sejak tahun 2005 lalu. Hingga sekarang, ada banyak judul novel yang beliau hasilkan. Di antaranya yaitu seri Bumi yang masih berlanjut hingga saat ini, seri Pulang, dan seri Si Anak. 

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Menjadi Penulis Lepas untuk Pemula

Proses yang dijalani hingga nama Tere Liye menjadi sangat besar seperti sekarang tidaklah mudah. Beliau mengajarkan bahwa untuk menjadi penulis, kamu harus konsisten dan percaya kepada proses.

4. Raditya Dika

Selanjutnya adalah Raditya Dika. Selain sukses di bidang Stand Up Comedy, Raditya Dika juga terkenal akan karirnya sebagai novelis.

Karya-karyanya banyak mendapat gelar best seller dan telah mengalami adaptasi menjadi film. Beberapa karyanya yang telah menjadi film di antara lain yaitu Marmut Merah Jambu, Cinta Brontosaurus, dan Manusia Setengah Salmon.

5. Erisca Febriani

Penulis novel Indonesia yang juga tidak kalah terkenal selanjutnya adalah Erisca Febriani. Novelis muda satu ini mengawali debutnya dengan judul novel Dear Nathan (2016). Novel tersebut sangat booming dan telah diadaptasi menjadi film layar Lebar. 

Judul novel lainnya yang juga tidak kalah hits adalah Hello Salma (2018), Thank You Salma (2019), Kisah untuk Geri (2019), dan Serendipity (2016).Nah, itu dia beberapa nama penulis terkenal Indonesia yang bisa menginspirasi kamu dalam menulis. Di antara deretan nama di atas, siapa penulis novel favorit kamu?

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *