Cara Menjadi Penulis Novel Online untuk Pemula
Profesi Penulis

Cara Menjadi Penulis Novel Online untuk Pemula

Penulis novel online saat ini menjadi pekerjaan yang cukup menarik perhatian. Pekerjaan ini sekilas terlihat mudah dan cukup sederhana akan tetapi memiliki proses yang cukup panjang. Menjadi penulis novel membutuhkan ketalatenan dan kesabaran tinggi.

Selain itu, menulis novel juga membutuhkan ide-ide segar untuk membuat tulisannya semakin menarik. Jika kamu masih pemula dan berniat untuk mulai menulis novel secara online maka tidak ada salahnya tahu tentang apa itu penulis novel online?

Apa Itu Penulis Novel Online?

Penulis novel online adalah pekerjaan menjadi penulis dengan mengunggah karyanya ke aplikasi online. Pekerjaan ini bisa dilakukan setiap waktu tanpa mengenal tempat sehingga kamu bisa melakukannya secara mudah dan praktis.

Penulis novel online akan mendapatkan bayaran jika karyanya mendapatkan respons yang baik dari pembaca. Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengunggah karya novel tulisanmu secara mudah dan kapan saja.

Kegiatan menulis novel secara online ini dapat menjadi pekerjaan sampingan karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jika kamu memiliki minat menulis novel yang cukup tinggi tidak ada salahnya untuk mencoba menulis novel secara online.

Cara Menjadi Penulis Novel Online Pemula

Karir menjadi seorang penulis novel online pemula bisa dimulai secara mudah dengan memahami tata caranya. Sehingga, kamu bisa menyimak beberapa cara menjadi penulis novel online pemula berikut ini.

  • Temukan Aplikasi Menulis yang Tepat

Pertama, temukan aplikasi menulis yang tepat untuk novel online yang akan kamu tulis. Setelah itu, kamu bisa mulai membuat akun dan memahami tata cara penggunaan dan hal-hal penting pada aplikasi menulis novel online.

  • Buat Konsep Novel
BACA JUGA:   5 Cara Menjadi Penulis Lepas Online

Kedua, buat konsep novel yang akan kamu tulis dengan begitu kamu bisa lebih terarah dalam menulis. Konsep ini akan menentukan alur cerita dan gagasan yang harus kamu tulis dalam novelmu.

  • Meminta Saran 

Ketiga, bagikan novel yang kamu tulis ke orang terdekat dan meminta saran apa saja yang kurang dari novelmu. Setelah itu, kamu bisa melakukan revisi pada ceritamu sehingga menjadi lebih menarik.

  • Menulis Secara Rajin untuk Aplikasi Online

Keempat, rajinlah untuk menulis novel pada aplikasi online. Dengan begitu, karya tulismu akan lebih banyak mendapatkan perhatian dan semakin besar untuk mendapatkan respon pembaca.

Kamu bisa mulai menjadi penulis pemula secara bertahap. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terpaksa atau memaksakan diri dalam menulis. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti beberapa tips dari Tika Widya untuk memudahkan dalam menulis.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *