4 Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas
4 Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas

Menulis adalah kegiatan yang menurut beberapa orang menyenangkan bahkan bisa menghasilkan uang. Saat ini, banyak penulis yang melakukan pekerjaan lepas, seperti menulis artikel untuk berbagai media atau perusahaan. Lalu, bagaimana sebenarnya cara menjadi penulis artikel lepas?

Pertama-tama, kamu perlu tahu keterampilan yang harus kamu miliki jika ingin menjadi penulis artikel lepas. Dengan menguasai keterampilan berikut ini, potensimu untuk bisa menjadi penulis lepas atau penulis online berbayar akan semakin besar.

1. Bisa Menulis secara Efektif

Menulis secara efektif berarti mampu mendeskripsikan sesuatu secara singkat, padat, dan jelas. Buatlah kalimat yang langsung merujuk pada intinya dan tidak bertele-tele. Selain itu, penjelasan dibuat runut dan terstruktur. 

Cara agar kamu terbiasa untuk menulis secara efektif tentu dengan rajin berlatih. Cobalah konsisten membaca dan menulis agar keterampilanmu bisa terus terasah. 

2. Memahami Kaidah Kebahasaan dan Penulisan yang Berlaku

Artikel yang kamu tulis nantinya akan menjadi bahan bacaan bagi khalayak luas. Terlebih lagi jika kamu menulis untuk media online atau perusahaan besar. Oleh karena itu, kamu harus tunduk dengan aturan ejaan atau kebahasaan yang sedang berlaku dalam bahasa yang kamu gunakan pada tulisan. 

Beberapa hal yang perlu kamu kuasai adalah seperti penggunaan huruf kapital, imbuhan, penggunaan tanda baca, dan sebagainya. Jika kamu ingin terjun menjadi penulis artikel lepas, pastikan kamu sudah memahami dasar-dasar kaidah kebahasaan tersebut. 

3. Tidak Melakukan Plagiarisme

Plagiarisme atau penjiplakan adalah tindakan mengutip tulisan orang lain dan mengklaim tulisan tersebut sebagai karya kita. Jangan pernah menjiplak karya orang lain karena artinya kamu telah mencuri ide dan melakukan tindak kriminal. 

BACA JUGA:   Cara Membangun Personal Branding untuk Penulis Pemula

Meskipun terkadang ada beberapa hal yang harus kamu kutip dan modifikasi dari tulisan orang lain, jangan sampai lupa menyantumkan sumber. Pastikan juga kamu telah menyantumkan sumber sesuai aturan yang ditetapkan secara umum atau mengikuti aturan dari klien. 

4. Memiliki Pengetahuan tentang Teknik SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah optimalisasi mesin pencari yang menggunakan teknik tertentu, sehingga tulisanmu dapat terdeteksi oleh mesin pencari. Selain itu, tulisanmu juga berpotensi untuk menjadi rekomendasi mesin pencari jika ternilai baik dan berkualitas. 

Setelah mendalami keterampilan menulis artikel, cara menjadi penulis lepas yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mencari lowongannya. Hal itu bisa kamu cari dengan melakukan riset melalui internet hingga menemukan situs penulis lepas yang sesuai untukmu.  

Begitu mendapatkan situs penulis lepas yang cocok, jangan ragu untuk melengkapi profil dan mulai menulis. Selain itu, penulis lepas tidak bersifat terikat dengan pihak yang diajak bekerja. Jadi, jangan khawatir jika kamu punya kesibukan lain dan selamat mencoba!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *