bahasa inggrisnya penulis dan jenis penulis
bahasa inggrisnya penulis dan jenis penulis

Penulis merupakan profesi yang identik dengan penulis buku. Namun, di era globalisasi yang lebih maju ini, terdapat banyak jenis penulis yang ada. Tapi, apa kamu tahu istilah apa bahasa inggrisnya penulis dan jenis penulis tersebut?

Apakah kamu berkeinginan untuk menjadi penulis, perlu kamu ketahui istilah penulis dalam bahasa Inggris. Begitu pula untuk kamu yang ingin menjadi penulis bilingual.

Oleh karena itu, ketahuilah bahasa inggrisnya penulis dan jenis penulis berikut ini agar kamu bisa menentukan mau jadi penulis jenis apa.

Jenis-jenis Penulis

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui istilah penulis dalam bahasa Inggris yang cukup populer di dunia kerja. Apa saja profesi itu? Simak artikel berikut!

1. Penulis Buku (Book Writer)

Penulis buku adalah jenis penulis yang paling banyak orang ketahui. Profesi ini bekerja menulis jenis buku fiksi dan nonfiksi, seperti novel, komik, kamus, dan buku teks pelajaran

2. Penulis Naskah Iklan (Copy Writer)

Apakah kamu tahu istilah copy writing? Copy writing adalah menulis naskah iklan yang ditulis oleh copy writer. Jenis penulis ini membuat materi publikasi untuk kepentingan pemasaran produk atau jasa.

Profesi ini cukup terkenal di berbagai perusahaan karena memiliki potensi yang besar untuk produk dan jasa mereka! Apakah kamu tertarik?

3. Penulis Konten (Content Writer)

Banyak orang menyalahartikan content writer dengan copy writer karena sama-sama bertujuan untuk kepentingan pemasaran. Tentu saja, sesuai namanya, content writer bertugas untuk menulis “isi” konten yang berupa tulisan yang relevan dengan platform-nya. 

BACA JUGA:   Apa Itu Penulis? Ini 17 Profesi Penulis dan Kisaran Gajinya!

Misalnya, untuk website pendidikan, maka penulis akan menulis konten yang relevan dengan pendidikan.

4. Penulis UX (UX Writer)

Masih dalam kepentingan pemasaran produk dan jasa, penulis UX atau UX Writer ini juga merupakan profesi yang sering dicari oleh perusahaan. Penulis ini bekerja untuk menyimpan salinan untuk sebuah website atau aplikasi dan membantu pengguna untuk menavigasi suatu produk dan jasa perusahaan.

5. Penulis Lepas (Freelance Writer)

Selanjutnya ada penulis lepas atau freelance writer yang bertugas menyediakan tulisan sesuai permintaan klien tanpa terikat oleh pihak manapun. Oleh karena itu, profesi ini cocok untuk kamu yang saat ini masih berkuliah karena pekerjaan ini sangat fleksibel!

Website yang cocok untuk kamu yang ingin menjadi penulis lepas adalah Fiverr, Fastwork, Upwork.Demikian istilah bahasa Inggrisnya penulis dan jenis penulis yang cukup popular di kalangan penulis! Sebelum kamu menjadi penulis, alangkah baiknya kamu mengetahui akan menjadi penulis jenis apa.

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *