8 Jenis Penulis Artikel, Mau Jadi yang Mana
Profesi Penulis

8 Jenis Penulis Artikel, Mau Jadi yang Mana?

Banyak penulis pemula yang ingin jadi penulis artikel tetapi bingung mau mulai dari mana. Mungkin kamu bisa mulai dengan memilih salah satu dari 8 jenis penulis artikel di bawah ini kemudian membangun keterampilan menulis dari situ.

Apa Itu Penulis Artikel?

Penulis artikel adalah seorang profesional yang tugas utamanya adalah menciptakan konten tertulis untuk berbagai media. Mereka bisa menulis untuk majalah, surat kabar, blog, situs web, atau bahkan jurnal ilmiah. Lebih daripada itu, keterampilan utama seorang penulis adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi atau cerita dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Penulis artikel harus menguasai keterampilan menulis berikut:

  1. Penelitian: Sebelum menulis, penulis perlu mengumpulkan informasi yang akurat dan relevan dengan cara membaca sumber lain, melakukan wawancara, atau mencari data statistik.
  2. Pemahaman Topik: Penulis harus memahami topik yang mereka tulis secara mendalam. Dengan kata lain, mereka sering kali harus memperbarui pengetahuan mereka tentang isu-isu terkini atau tren dalam bidang tertentu.
  3. Penyesuaian Gaya Penulisan: Gaya penulisan harus sesuai dengan audiens sasaran. Misalnya, penulisan untuk majalah ilmiah akan sangat berbeda dari penulisan untuk blog pribadi.
  4. Kreativitas: Dalam banyak kasus, penulis harus kreatif dalam cara mereka menyampaikan informasi. Dengan kata lain, mereka harus bisa menemukan sudut yang unik untuk sebuah cerita atau menggunakan narasi yang menarik untuk menjaga pembaca tetap terlibat.
  5. Kemampuan Mengedit: Penulis harus memiliki kemampuan untuk mengedit dan merevisi karya mereka sendiri. Dengan demikian, ia dapat memastikan bahwa artikel bebas dari kesalahan dan mudah dipahami.
  6. Memenuhi Deadlines: Sering kali, penulis harus bekerja dengan tenggat waktu yang ketat, terutama dalam dunia jurnalisme atau penerbitan online yang cepat.
  7. Keterampilan SEO: Bagi penulis yang bekerja di media online, pemahaman tentang Search Engine Optimization (SEO) adalah penting untuk memastikan artikel mereka mudah ditemukan di internet.
BACA JUGA:   Contoh Copywriting Jualan Baju untuk Online Shop

Seorang penulis artikel mungkin bekerja sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan atau sebagai penulis lepas yang bekerja untuk berbagai klien. Tugas sehari-hari mereka bisa bervariasi, tergantung pada jenis penulisan yang mereka lakukan.

8 Jenis Penulis Artikel di Industri Penulisan, Media dan Publikasi

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Peran penulis artikel kini menjadi semakin penting karena konten yang berkualitas tinggi sangat dibutuhkan untuk berbagai platform. Jadi, jika kamu tertarik untuk menjadi penulis artikel, kamu perlu mengembangkan keterampilan sesuai dengan 8 jenis profesi penulis artikel di bawah ini:

1. Penulis Artikel Investigatif

Penulis artikel investigatif memiliki keahlian khusus dalam melakukan penelitian mendalam, wawancara, dan menggali data untuk mengungkap cerita yang belum banyak diketahui.

Contoh Tugas: Mereka mungkin bekerja pada kasus korupsi atau skandal politik, mencari bukti dan saksi untuk membangun cerita.

Kisaran Gaji Penulis Artikel Investigatif: Gaji mereka di Indonesia bisa berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per bulan, tergantung pada pengalaman dan publikasi tempat mereka bekerja.

2. Penulis Artikel Kreatif

Penulis artikel kreatif mengutamakan gaya penulisan yang menarik dan naratif, sering menggunakan unsur sastra seperti metafora dan alegori.

Contoh Tugas: Mereka mungkin menulis cerita pendek atau artikel yang menyampaikan pesan melalui cerita fiksi yang menarik.

Kisaran Gaji Penulis Artikel Kreatif: Gaji mereka bisa sangat bervariasi, tetapi biasanya berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

3. Penulis Teknis

Penulis artikel teknis ahli dalam menjelaskan topik teknis yang rumit dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca awam.

Contoh Tugas: Menulis manual pengguna untuk perangkat elektronik atau software.

Kisaran Gaji Penulis Teknis: Gaji mereka di Indonesia biasanya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 12 juta per bulan.

BACA JUGA:   Apa Itu Penulis? Ini 17 Profesi Penulis dan Kisaran Gajinya!

4. SEO Content Writer

SEO content writer punya spesialisi dalam menulis konten yang teroptimasi untuk mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Contoh Tugas: Menulis artikel blog yang bertujuan meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Kisaran Gaji SEO Content Writer: Gaji rata-rata berkisar dari Rp 4 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

5. Penulis Artikel Akademis

Penulis artikel akademis fokus pada penulisan artikel ilmiah. Jadi, mereka harus bisa mengembangkan argumen berdasarkan penelitian dan bukti.

Contoh Tugas: Menulis jurnal ilmiah atau makalah penelitian.

Kisaran Gaji Penulis Artikel Akademis: Gaji bisa sangat bervariasi tergantung pada publikasi dan lembaga, namun umumnya berkisar Rp 5 juta hingga Rp 20 juta per bulan.

6. Copywriter

Copywriter punya spesialisasi dalam penulisan artikel persuasif untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek.

Contoh Tugas: Menulis teks iklan atau konten pemasaran.

Kisaran Gaji Copywriter: Di Indonesia, gaji mereka berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 15 juta per bulan.

7. Penulis Naratif

Penulis naratif punya keahlian dalam menceritakan kisah dengan menggabungkan unsur personal, anekdot, dan deskripsi yang mendetail.

Contoh Tugas: Menulis artikel perjalanan atau esai pribadi.

Kisaran Gaji Penulis Naratif: Gaji mereka bisa bervariasi, namun biasanya berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

8. Editorial Writer

Editorial writer bekerja dengan cara menulis opini, editorial, dan komentar tentang isu terkini dengan sudut pandang yang tajam dan argumentatif.

Contoh Tugas: Menulis kolom opini di surat kabar atau majalah.

Kisaran Gaji Editorial Writer: Gaji bisa bervariasi, tetapi umumnya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per bulan.

Itulah 8 jenis penulis artikel yang bisa kamu pilih untuk mengawali karirmu di dunia penulisan. Mana nih yang paling membuatmu tertarik? Kasih tahu saya lewat grup komunitas Tika Widya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *