5 Cara Menjadi Penulis Lepas Online
5 Cara Menjadi Penulis Lepas Online

Bagi kamu yang suka menulis, mungkin kamu pernah mempertanyakan cara menjadi penulis lepas online untuk menambah penghasilan. Penulis lepas bisa menjadi pekerjaan sampingan dengan hasil yang menjanjikan. Jika kamu ingin menjadi penulis lepas online, cara-cara berikut ini wajib dicoba!

1. Tingkatkan Keterampilan Menulis Melalui Kursus Online

Hal yang utama sebelum mendaftarkan diri pada suatu lowongan penulis lepas, pastikan kamu sudah memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam menulis. Hal itu bisa kamu lakukan dengan mengikuti kursus online.  

Ada berbagai layanan kursus menulis yang bisa kamu temui di internet dan kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti workshop atau pelatihan menulis. Melalui kegiatan itu, kamu akan menjadi semakin siap untuk mencoba dan menjalankan pekerjaan seorang penulis lepas. 

2. Konsisten Membaca

Kegiatan menulis tentu memerlukan berbagai referensi dan mengharuskanmu untuk rajin membaca. Semakin banyak hal yang kamu baca, maka wawasanmu akan semakin luas. 

Bahan bacaan pun bisa kamu pilih dalam berbagai bentuk, mulai dari buku fiksi atau non-fiksi, artikel online, hingga berita. Dengan begitu, topik yang bisa kamu tulis pun bisa beragam dan kosakata yang kamu miliki akan semakin kaya. 

3. Mulai Menulis dan Publikasikan Karya-karyamu

Jangan ragu untuk mulai menulis dan berkarya sebagai cara untuk menguji dan meningkatkan keterampilanmu. Kamu bisa mulai menulis di blog pribadi maupun media sosial agar karyamu bisa dibaca oleh banyak orang.

BACA JUGA:   Pengertian Penulis Lepas dan Jenis-jenisnya

Tulisan-tulisan yang kamu publikasikan itu pun bisa memperkaya portofoliomu. Hal itu penting terutama untuk menunjukkan kemampuan serta pengalamanmu ketika mencoba suatu lowongan pekerja lepas. . 

4. Mendaftarkan Diri pada Situs Penulis Lepas

Ada berbagai situs penulis lepas yang bisa kamu akses dengan mudah di internet. Pastikan kamu melengkapi profil dan menunjukkan portofolio terbaikmu dalam situs yang kamu kunjungi. Biasanya, kamu juga bisa menawarkan harga yang sesuai dengan perhitunganmu sendiri. 

Manfaatkan penggunaan situs penulis lepas dengan baik karena di sanalah tempatmu untuk mencari klien. Jika ada yang tertarik, maka klien akan menghubungimu.  

5. Bergabung dengan Komunitas Penulis Lepas

Membangun jejaring penulis lepas adalah hal yang penting untuk saling berbagi maupun mencari kesempatan. Kamu bisa menambah wawasan dari penulis lepas lainnya, sekaligus saling bertukar informasi terkait pekerjaan. Komunitas penulis lepas akan membantumu selama menjadi menempuh karir sebagai penulis lepas. 

Itulah beberapa cara menjadi penulis lepas online yang bisa kamu lakukan. Jalani dengan sabar dan tekun karena proses untuk bisa menjadi penulis online berbayar tidak akan berjalan dengan cepat. Namun, jangan sampai hal itu membuatmu ragu untuk memulai karier sebagai penulis lepas. 

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *