Berapa Pendapatan Penulis Novel?
Writingpedia

Berapa Pendapatan Penulis Novel?

Senang jika hobi yang kita sukai bisa memberikan gaji, bukan? Salah satu pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian orang adalah menulis novel. Mungkin kamu bertanya-tanya dalam hati, berapa pendapatan penulis novel? 

Sumber penghasilan penulis 

Seorang penulis pada umumnya memiliki beberapa sumber penghasilan. Antara lain dari royalty buku yang bisa terjual, honor mengisi kelas diskusi dan bedah buku. Demikian juga, mereka juga bisa mendapat penghasilan karena mengisi kelas penulisan atau menang sayembara.

Bagi penulis terkenal, bisa jadi dalam beberapa hari ia bisa menjual beberapa ribu eksemplar buku. Jika royalty buku 10% dari harga buku, dan harga buku Rp 75.000, maka ia mendapat Rp 7.500.000,- per 1.000 buku yang terjual. Nilai royalty beberapa penulis besar bisa sampai 12-15% tergantung bargaining power.

Penulis yang bisa menjual puluhan ribu eksemplar dalam hitungan hari adalah Marchella FP dan Raditya Dika. Bahkan Andrea Hirata bisa menjual lebih dari 1 juta eksemplar buku pertamanya, Laskar Pelangi. 

Penulis novel pemula

Bagaimana dengan nasib penulis pemula? Royalty penulis novel pemula rata-rata adalah 10%. Tetapi jika ia hanya mampu menjual bukunya sedikit, maka pendapatan yang ia peroleh juga sedikit. Tidak sedikit juga penulis yang sudah menghabiskan banyak waktu untuk membuat novelnya. 

Tentu saja mereka juga menguras ide, melakukan riset, dan lain sebagainya tetapi novelnya belum tentu laku. Belum lagi jika penjualan novel mereka akan makin turun setelah pertengahan tahun kedua.   

Pajak penulisan

Pemerintah juga masih menetapkan pajak 15% dari royalty yang penulis dapatkan. Lebih daripada itu, Pemerintah juga mengenai pajak berjenjang pada pendapatan tahunan penulis. 

BACA JUGA:   7 Tipe Konflik dalam Cerita Fiksi dan Contoh-contohnya

Pada tahun 2017, Tere Liye dan Dee Lestari melakukan protes kepada Pemerintah mengenai pajak yang dibebankan ke penulis ini. Lebih daripada itu, Tere Liye juga telah menghentikan penerbitan bukunya.

Kesimpulan

Bayaran penulis novel pemula mungkin jauh dari harapan kita. Yang perlu dicatat, profesi menulis novel ini tidak bisa diandalkan sebagai pekerjaan utama. Oleh sebab, pendapatan yang tidak menentu dan belum juga tingginya pajak yang harus kamu bayarkan ke Pemerintah.Tapi, berprofesi sebagai freelance penulis novel sepertinya lebih baik. Mungkin, jika kamu ingin tetap mendapat penghasilan dari menulis, kamu bisa nyambi menjadi ghost writer, freelance writer atau pembicara acara diskusi. Akhirnya kamu tidak penasaran lagi tentang berapa pendapatan penulis novel, kan?


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *