Aturan Penulisan Sumber Daya yang Benar dan Baku
Aturan Penulisan

Aturan Penulisan Sumber Daya yang Benar dan Baku

Saat ini, masih ada banyak kata yang mengalami kesalahan penulisan dari banyak orang, seperti kata sumber daya. Nah, untuk kamu yang bingung mengenai cara penulisan sumber daya yang benar, simak penjelasan berikut ini, ya!

Pengertian Kata Sumber Daya

Sebelum membahas cara menulis yang benar, sebenarnya apa arti dari kata sumber daya itu sendiri?

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata sumber daya dapat berarti 3 hal.

Yang pertama, sumber daya merupakan faktor produksi yang terdiri atas tanah, tenaga kerja, serta modal yang digunakan dalam sebuah kegiatan ekonomi guna menghasilkan suatu barang/jasa, dan mendistribusikannya.

Selanjutnya, arti kedua dari sumber daya yaitu sebuah bahan atau keadaan yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dan arti ketiga dari kata sumber daya adalah segala sesuatu, baik itu berwujud maupun tidak berwujud, yang kita pakai dengan tujuan mencapai hasil. Contohnya seperti peralatan, waktu, dan tenaga.

Dari ketiga arti tersebut, dapat kita simpulkan bahwa sumber daya terbagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Contoh dari sumber daya alam yaitu tanah, air, udara, kayu, serta material lain yang berasal dari alam. Sedangkan, contoh dari sumber daya manusia yaitu tenaga dan kecerdasan.

Penulisan Kata Sumber Daya yang Benar

Menurut KBBI, kata sumber daya yang benar dan baku adalah yang terdapat spasi di antara kata “sumber” dan “daya”, bukan sumberdaya. Penulisan sumberdaya yang tergabung merupakan ejaan yang tidak baku.

Ejaan KataBenar/Salah
Sumber dayaBenar, kata “sumber” dan “daya” dipisah dengan spasi sehingga sudah sesuai KBBI
SumberdayaSalah, tidak sesuai dengan KBBI

Jadi, antara sumberdaya manusia atau sumber daya manusia, penulisan yang benar adalah sumber daya manusia. Begitu pula dengan sumber daya alam.

BACA JUGA:   Cara Menulis Judul Buku dalam Paragraf: Huruf Miring atau Tanda Petik?

Sinonim Kata Sumber Daya

Terdapat beberapa sinonim dari kata sumber daya. Sinonim sumber daya manusia di antara lain yaitu kemampuan, keahlian, dan kapasitas. Sedangkan sinonim dari sumber daya alam yaitu kekayaan alam, sarana, bahan, dan material.

Selain kata sumber daya, sinonim-sinonim tersebut juga dapat kamu gunakan sesuai dengan konteksnya. Setelah mengetahui cara penulisan sumber daya yang benar, jangan sampai salah lagi dalam menulisnya, ya.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *