Aturan Penulisan Kata Teknik yang Benar
Aturan Penulisan

Aturan Penulisan Kata Teknik yang Benar

Hingga saat ini, masih ada banyak sekali kata yang sering mengalami salah eja. Salah satunya adalah kata teknik. Tahukah kamu bagaimana penulisan kata teknik yang benar?

Kata teknik banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak jarang kita mendapatkan penulisan kata tersebut yang kurang tepat. 

Untuk mengetahui bagaimana penulisan teknik yang benar, simak penjelasan lengkap berikut dengan baik, ya!

Pengertian Kata Teknik

Sebelum membahas penulisannya, sebenarnya apa apa arti kata teknik dalam KBBI?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata teknik bisa berarti 3 hal.

Yang pertama adalah pengetahuan dan kepandaian seseorang dalam membuat sesuatu yang berkaitan dengan hasil industri, seperti mesin dan bangunan.

Penggunaan kata teknik dalam konteks ini contohnya seperti sekolah teknik mesin, jurusan teknik sipil, dan ahli teknik perairan.

Yang kedua, teknik berarti cara, yang meliputi kepandaian dan sebagainya, untuk membuat atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan seni.

Contohnya yaitu: teknik melukis dengan cat air, teknik merancang busana berbahan satin, dan sebagainya.

Dan pada konteks yang ketiga, teknik adalah metode atau sistem yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu. Arti ini hampir sama dengan konteks kedua.

Contoh dari konteks ini yaitu sebagai berikut: Teknik belajar pomodoro adalah salah satu teknik yang efektif dalam meningkatkan produktivitas siswa.

Penulisan Kata Teknik

Melalui penjelasan mengenai pengertian kata teknik di atas, kamu mungkin sudah mengetahui bagaimana penulisan teknik yang benar. 

Yup, betul sekali.

Penulisan kata teknik yang benar adalah “teknik”. Bukan tehnik maupun tekhnik. Ejaan teknik adalah kata yang baku, sesuai dengan yang ada pada KBBI.

BACA JUGA:   5 Format dan Aturan Penulisan Novel di Word
Ejaan KataBenar/Salah
TeknikBenar, sesuai dengan KBBI
TehnikSalah
TekhnikSalah

Penulisan tehnik ini merupakan ejaan lama dari kata teknik yang belum disempurnakan. Oleh karena itu, masih ada beberapa orang yang terbiasa menggunakan ejaan ini, terutama orang-orang tua.

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian serta penulisan kata teknik yang benar. Sekarang, kamu pastinya sudah paham mengenai hal ini, bukan? Jadi, jangan sampai salah dalam menulis ejaan dari kata ini, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *