3 Aturan Penulisan Judul Novel yang Benar
Aturan Penulisan - Novel

3 Aturan Penulisan Judul Novel yang Benar

Dalam menulis novel, judul adalah bagian terpenting yang perlu kamu perhatikan. Hal ini karena judul lah yang berfungsi menarik minat orang agar akhirnya membaca novel buatanmu. Oleh karena itu, kamu harus melakukan penulisan judul novel yang benar.

Bagaimana cara menulis judul novel yang benar? Dan ketentuan apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ini beberapa ketentuan penulisan judul yang benar menurut PUEBI! Yuk, simak dengan baik!

1. Penggunaan Huruf Kapital

Ketentuan pertama adalah menggunakan huruf kapital atau huruf besar dalam huruf depan setiap unsur pada judul. Kamu pasti sudah tahu mengenai hal ini, bukan? Tapi, pernahkah kamu melihat ada unsur dalam sebuah judul yang tulisannya huruf kecil semua?

Nah, ternyata ada beberapa pengecualian yang harus kamu perhatikan. Huruf kapital pada judul bisa kamu gunakan unsur selain konjungsi, preposisi, dan interjeksi.  Perhatikan judul buku berikut ini!

Jingga dan Senja, karya Esti Kinasih. Penulisan judul buku pada kalimat tersebut sudah tepat karena kata “dan” tidak berawalan huruf kapital.

2. Keefektifan Kalimat

Selanjutnya, untuk melakukan penulisan judul yang benar, kamu juga perlu memperhatikan keefektifan kalimat. Judul yang efektif adalah yang tidak melakukan pemborosan kata. Hindari menggunakan kata yang sama dalam sebuah judul. 

Pemborosan kata dalam judul seringkali membuat pembaca merasa ilfeel, sehingga tidak tertarik membaca. 

3. Perhatikan Panjang Judul

Ingatlah, judul itu bukan harus berbentuk kalimat. Kamu tidak perlu membuat judul berupa kalimat lengkap. Justru, judul novel biasanya berupa klausa yang terdiri dari 1-5 kata saja.

Oleh karena itu, buatlah judul yang singkat. Judul novel yang singkat membuat pembaca semakin tertarik untuk mengetahui cerita. Contohnya yaitu Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

BACA JUGA:   4 Aturan Penulisan Novel yang Baik dan Benar

Itu dia beberapa ketentuan penulisan judul novel yang benar yang perlu kamu perhatikan. Judul mencerminkan isi dari novel. Jika penulisan judulnya saja sudah tidak benar, bagaimana pembaca bisa yakin kalau novel buatanmu memiliki tulisan yang enak dibaca? Oleh karena itu, selain menarik, kamu juga harus membuat judul yang benar, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *