contoh penulisan amplop lamaran kerja CPNS
Aturan Penulisan

Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja CPNS menurut Referensi Terbaru

Setelah melewati semua proses seleksi, tiap CPNS harus mengirimkan dokumen yang diperlukan menggunakan amplop. Penulisan pada amplop ini harus kamu lakukan dengan benar. Untuk kamu yang masih bingung, berikut ini contoh penulisan amplop lamaran kerja CPNS menurut referensi terbaru yang bisa kamu terapkan!

CPNS dan Tahap Seleksi CPNS

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai penulisan amplop lamaran kerja CPNS, tahukah kamu apa itu CPNS dan apa saja seleksinya?

Calon Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa kita singkat sebagai CPNS merupakan orang yang berada dalam proses seleksi untuk menjadi pegawai pemerintahan Indonesia. Pada dasarnya, ada beberapa tahapan yang harus CPNS lalui sebelum resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Tahapan seleksi ini di antara lain yaitu:

  • Pendaftaran
  • Tes Seleksi CPNS (Tes Kompetensi Dasar dan tes kemampuan bidang khusus)
  • Verifikasi Dokumen
  • Pengumuman Hasil Seleksi
  • Pendidikan Pegawai Negeri Sipil (PPNS)

Amplop Lamaran Kerja CPNS

Setelah lulus dari pendidikan PPNS, CPNS telah resmi menjadi PNS dan akan bekerja di instansi pemerintah. Dalam proses ini lah, CPNS harus mengirimkan amplop lamaran kerjanya ke instansi tersebut.

Amplop lamaran kerja ini berisi dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan sebagai syarat, seperti CV, surat lamaran kerja, identitas diri, dan sebagainya.

Pada bagian depan amplop lamaran kerja, CPNS harus menuliskan informasi-informasi penting terkait diri sendiri dan instansi pemerintahan tujuannya.

Contoh penulisan amplop lamaran kerja CPNS yaitu sebagai berikut.

PENGIRIM:                                    JABATAN: Dosen Ilmu Agama
Indah Sri Pratiwi              PENDIDIKAN: S2 Pendidikan Agama Islam
Jalan Mangga II No. 3 Kel. Tulusrejo,
Kec. Lowokwaru, Jawa Timur 
65141
Kepada Yth.
Menteri Agama RI
c.q. Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Kota Malang
Jalan Gajayana No. 50, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang,
Jawa Timur 65144
Penulisan amplop lamaran kerja CPNS

Itu dia contoh penulisan amplop lamaran kerja CPNS yang dapat kamu terapkan ketika mengirimkan berkas ke instansi pemerintahan. Oleh karena itu, sebelum mengirimkan amplop lamaran, jangan lupa untuk teliti kembali dan pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan informasi-informasi penting.

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *