Cara Penulisan Nama Perusahaan yang Benar Sesuai Peraturan Pemerintah
Aturan Penulisan

Cara Penulisan Nama Perusahaan yang Benar Sesuai Peraturan Pemerintah

Penulisan nama yang benar memang sudah seharusnya dilakukan. Termasuk penulisan nama perusahaan. Untuk menghindari adanya kekeliruan, terdapat peraturan pemerintah (PP) yang mengatur cara penulisan nama perusahaan yang benar.

Menurut Pasal 8 PP 43/2011 mengenai cara pengajuan dan pemakaian nama perusahaan atau perseroan terbatas, ada 3 hal penting yang harus kamu perhatikan. Untuk kamu yang masih sering bingung apakah penulisan PT pakai tanda titik, simak artikel berikut ini, yuk!

Menggunakan Singkatan PT yang Benar

Hal yang pertama adalah penamaan nama perusahaan harus selalu menggunakan frasa Perseroan Terbatas atau yang kita singkat sebagai PT.

Penulisan PT yang benar perlu kamu lakukan sesuai dengan EYD. Menurut ketentuan EYD, setiap singkatan nama lembaga pemerintahan, badan, organisasi, dan dokumen resmi tidak perlu menggunakan tanda titik (.).

Penulisan singkatan Perseroan Terbatas yang benar adalah PT, bukan P.T., P.T, ataupun PT., ya. 

Penulisan PT ini berada di depan nama perusahaan. Jadi, penulisan PT di belakang nama perusahaan itu salah.

Menulis Kata Persero dengan Benar

Selanjutnya, yang kedua adalah menuliskan kata persero setelah nama perusahaan. Penulisan kata ini harus kamu tulis menggunakan tanda kurung, yaitu (Persero).

Menggunakan Singkatan Tbk yang Benar

Dan yang ketiga adalah penggunaan singkatan Tbk bagi perseroan terbuka. Penulisan singkatan ini harus kamu lakukan di akhir nama perusahaan, setelah penulisan kata (Persero).

Singkatan untuk perseroan terbuka yang benar adalah Tbk, dengan huruf kapital di awal.

Menurut PP 43/2011 ini, penulisan Tbk yang benar tidak menggunakan tanda titik (.), berbeda dengan ketentuan EYD yang menjelaskan bahwa singkatan yang merupakan gabungan huruf harus menggunakan tanda titik.

BACA JUGA:   Cara Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris yang Tepat

Contoh Penulisan Nama Perusahaan yang Benar

Nah, agar kamu semakin paham, berikut ini beberapa contoh penulisan nama perusahaan yang benar.

  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

PT PLN (Persero)Setelah membaca cara-cara penulisan nama perusahaan yang benar di atas, sekarang pastinya kamu sudah tidak bingung lagi, kan? Jangan sampai salah lagi dalam menulis singkatan PT, ya!

Ikuti terus info dan tips seputar penulisan bersama Tika Widya

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *