Pada surat, salah satu hal penting yang tidak boleh kamu abaikan adalah penulisan alamat surat. Apa itu alamat surat?

Alamat surat adalah alamat tempat surat tersebut dituju. Bagian ini meliputi awalan sebagai penghormatan berupa “Yth.” yang kemudian kamu lanjutkan dengan nama penerima dan penulisan alamat sesuai PUEBI.

Untuk mengetahui penulisan alamat surat yang benar, kamu dapat menyimak penjelasan berikut ini dengan baik.

1. Awali dengan Yth.

Hal pertama yang harus kamu tuliskan dalam alamat surat adalah Yth. yang merupakan singkatan dari yang terhormat. Masih banyak orang yang keliru dengan menuliskan kata “kepada” sebelum “Yth.” 

Penulisan “Kepada” tidak perlu kamu lakukan karena telah diwakili dengan “Yth.”

2. Gunakan Kata Sapaan atau Gelar

Selanjutnya, penulisan nama penerima juga perlu kamu perhatikan. Dalam menuliskan nama penerima surat, kamu dapat memakai kata sapaan dan gelar pendidikan. Namun, hindari untuk memakai keduanya secara bersamaan.

Kata sapaan umum yang dapat kamu gunakan adalah Bapak atau Ibu. Dan untuk gelar pendidikan, tulislah dengan menggunakan huruf kapital serta tanda baca yang tepat.

Contoh penulisan alamat surat dengan kata sapaan dan gelar yang tepat yaitu sebagai berikut.

Yth. Ibu Kamila Azzahra

Dan

Yth. Kamila Azzahra, S.S., Ph.D.

3. Sertakan Alamat dengan Penulisan yang Benar

Dan yang terakhir yaitu alamat penerima surat. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menulis alamat penerima surat.

Yang pertama adalah alamat penerima surat ditulis secara lengkap hingga kode pos. Namun, jika tidak mengetahui alamat lengkap penerima, cukup mencantumkan nama jalan, nomor rumah, dan kota.

BACA JUGA:   Aturan Penulisan Terima Kasih yang Benar

Selanjutnya, pastikan untuk tidak menyingkat “Jalan” menjadi “Jln.” atau “Jl.” Berikut ini contoh penulisan alamat rumah yang benar.

Yth. Bapak Ginanjar Setiadi
Jalan Mangga II No. 25 Senayan, Kebayoran Baru
Jakarta 10650

Selain mencantumkan alamat penerima dengan lengkap, kamu juga dapat menuliskan keterangan “di tempat”. Contohnya seperti berikut ini.

Yth. Bapak Ginanjar Setiadi
di tempat

Nah, itulah beberapa cara penulisan alamat surat yang baik dan benar. Selain memperhatikan beberapa cara di atas, jangan lupa untuk tetap menulis alamat surat sesuai dengan PUEBI, ya!

By Tika Widya

Tika Widya C.DMP adalah seorang penulis yang sudah menekuni industri kreatif secara profesional sejak tahun 2018. Ia telah menjadi content writer, copywriter dan creative writer pada lebih dari 914+ proyek penulisan skala nasional dan internasional. Pada tahun 2024, ia berhasil menjadi satu-satunya penulis Indonesia yang masuk daftar Emerging Writer Australia-Asia. Kini, Tika Widya mengajar menulis lewat Tikawidya.com, Tempo Institute dan Kelas Bersama. Ia juga membentuk Komunitas Belajar Nulis yang aktif mengawal 1800+ penulis dari seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan menyemarakkan industri literasi nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *