Cara Menulis Terbilang Dollar dan Membacanya dalam Bahasa Inggris
Aturan Penulisan

Cara Menulis Terbilang Dollar dan Membacanya dalam Bahasa Inggris

Saat bertransaksi atau berurusan dengan mata uang dolar, kamu mungkin harus menulis terbilang dan membacanya dengan benar dalam bahasa Inggris. Mungkin sebagian orang sudah menguasai cara menulis terbilang dollar dengan baik.

Apalagi, hal ini memang terkesan sederhana, tetapi ternyata ada banyak yang masih bingung dan salah kaprah dalam melakukannya.

Nah, bagi kamu yang merasa perlu meningkatkan pemahaman atau sekadar ingin menambah wawasan, artikel ini hadir khusus untukmu!

Di sini, kita akan membahas langkah demi langkah cara menulis terbilang dolar dengan benar dan bagaimana cara membacanya dengan fasih dalam bahasa Inggris.

Penulisan Dollar Menggunakan Simbol

Menulis jumlah uang dalam mata uang dolar memerlukan pemahaman tersendiri, apalagi jika kamu ingin tulisanmu sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan edisi V (EYD V). Nah, buat kamu yang sering bingung bagaimana cara penulisannya yang benar, yuk simak panduan berikut agar tulisanmu semakin rapi dan sesuai aturan!

Panduan Menulis Jumlah Uang Dalam Dollar

  1. Gunakan Simbol $: Sebagai tanda mata uang dollar, kamu harus memulai dengan simbol $. Tempatkan simbol ini sebelum angka, tanpa ada spasi di antaranya.
  2. Tulis Nominal dengan Benar: Setelah simbol $, kamu bisa menuliskan nominal uang. Jika nominalnya adalah desimal, pastikan menggunakan titik sebagai pemisah antara angka utama dan sen.Contoh:
    • $5: Lima dolar tanpa sen.
    • $12.5: Dua belas dolar dan lima puluh sen. Namun, lebih baik tulis dengan dua digit di belakang titik, yakni $12.50.
    • $20.75: Dua puluh dolar dan tujuh puluh lima sen.
  3. Pemisah Ribuan: Dalam penulisan dolar, kamu juga perlu memperhatikan pemisah ribuan. Gunakan koma sebagai pemisah antara ribuan, jutaan, dan seterusnya.Contoh:
    • $525: Lima ratus dua puluh lima dolar.
    • $1,206.22: Seribu dua ratus enam dolar dan dua puluh dua sen.
BACA JUGA:   Cara Menulis Setengah Kilo Sesuai PUEBI

Penulisan Dollar Menggunakan Huruf

Mata uang dolar digunakan oleh banyak negara di dunia, dan tentunya setiap negara memiliki kode uniknya sendiri untuk membedakan mata uang dolar mereka dari negara lain. Nah, untuk kamu yang penasaran dan ingin lebih paham dalam membedakan dolar dari berbagai negara, yuk kita pelajari lebih lanjut!

Panduan Menulis Dolar Dari Berbagai Negara Menggunakan Kombinasi Huruf

  1. USD – United States Dollar: Ini adalah kode untuk mata uang dolar Amerika Serikat. Jadi, jika kamu ingin menulis dua puluh dolar sebelas sen dari Amerika, tulislah “USD 20.11”.
  2. HKD – Hong Kong Dollar: Hong Kong, sebagai salah satu pusat keuangan dunia, juga memakai dolar. Contohnya, empat belas dolar delapan puluh sen dari Hong Kong ditulis sebagai “HKD 14.80”.
  3. AUD – Australian Dollar: Di benua Australia, mereka menggunakan kode “AUD” untuk mata uang dolar mereka. Jadi, seratus lima puluh dolar dari Australia ditulis sebagai “AUD 150”.
  4. SGD – Singapore Dollar: Singapura, negara kecil yang maju di Asia Tenggara, menggunakan kode “SGD” untuk dolar mereka. Misalnya, tujuh dolar dua puluh lima sen dari Singapura ditulis sebagai “SGD 7.25”.
  5. CAD – Canadian Dollar: Negara tetangga Amerika Serikat, Kanada, memiliki kode “CAD” untuk mata uang dolar mereka. Sebagai contoh, lima puluh dolar Kanada ditulis sebagai “CAD 50”.
  6. NZD – New Zealand Dollar: Sementara itu, di Selandia Baru, kode yang mereka gunakan untuk dolar adalah “NZD”. Jadi, dua puluh lima dolar dari Selandia Baru ditulis sebagai “NZD 25”.
  7. FJD – Fijian Dollar: Di kepulauan Fiji, mereka memakai dolar dengan kode “FJD”. Sebagai ilustrasi, sepuluh dolar Fiji ditulis sebagai “FJD 10”.
BACA JUGA:   Aturan Penulisan Sumber Daya yang Benar dan Baku

Dengan memahami dan menghafal kombinasi huruf untuk masing-masing negara, kamu tak hanya akan jadi lebih paham dalam membedakan mata uang dolar, tapi juga akan semakin percaya diri saat bertransaksi atau berkomunikasi dengan orang asing. Semoga bermanfaat!

Cara Membaca Terbilang Dollar dalam Bahasa Inggris

Image created by Tika Widya using DALL-E 3

Dalam mata uang dolar, nominal terbagi menjadi dua bagian utama: dolar dan sen. Keduanya dipisahkan oleh tanda titik (.). Bagian sebelum titik menunjukkan jumlah dolar, sedangkan bagian setelah titik menunjukkan jumlah sen.

Mari kita lihat lebih banyak contoh untuk memahaminya:

  1. $5: Ini dibaca “five dollars”. Artinya, kamu memiliki lima dolar tanpa tambahan sen.
  2. $17.20: Dibaca “seventeen dollars and twenty cents”. Di sini, ada tujuh belas dolar dan tambahan dua puluh sen.
  3. USD 50.50: Sebagai dolar Amerika Serikat, ini dibaca “fifty US dollars and fifty cents”. Kamu memiliki lima puluh dolar Amerika dengan tambahan lima puluh sen.
  4. CAD 25.05: Untuk dolar Kanada, dibaca “twenty-five Canadian dollars and five cents”. Artinya, ada dua puluh lima dolar Kanada dengan tambahan lima sen.
  5. AUD 100: Khusus untuk dolar Australia, ini dibaca “one hundred Australian dollars”. Di sini, kamu memiliki seratus dolar Australia tanpa sen.
  6. SGD 2.99: Dolar Singapura ini dibaca “two Singapore dollars and ninety-nine cents”. Kamu memiliki dua dolar Singapura dengan tambahan sembilan puluh sembilan sen.
  7. HKD 75.01: Sebagai dolar Hong Kong, dibaca “seventy-five Hong Kong dollars and one cent”. Artinya, ada tujuh puluh lima dolar Hong Kong dengan tambahan satu sen.

Nah, itu dia cara menulis terbilang dollar sekaligus cara membacanya. Sekarang, setelah kamu mengerti penulisannya, jangan sampai keliru lagi, ya!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *