Cara Menulis Nama di Amplop Kondangan
Aturan Penulisan

Cara Menulis Nama di Amplop Kondangan

Memberi kado dan amplop saat menghadiri acara pernikahan atau yang kerap kita sebut sebagai kondangan memang sudah tradisi di Indonesia. Dan ketika memberikannya, sebagian orang tidak lupa untuk menuliskan namanya. Tapi, apakah menuliskan nama di amplop kondangan adalah sesuatu yang perlu dilakukan? Dan bagaimana cara menulis nama di amplop kondangan?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini, yuk!

Perlukah Menulis Nama?

Hal ini menuai banyak pro dan kontra di kalangan masyarakat kita. Sebenarnya, pandangan apakah amplop kondangan perlu diberi nama ini bergantung kepada pribadi masing-masing. Namun, sebagian orang ada yang beranggapan bahwa menuliskan nama di amplop kondangan adalah bentuk ketidak ikhlasan dalam menyumbang. 

Padahal, kebiasaan menulis nama di amplop kondangan ini memiliki beberapa manfaat, lho.

Yang pertama adalah menunjukkan kehadiran. Dengan nama yang tertera pada amplop, sang punya hajat dapat mengetahui bahwa kamu telah menghadiri acara mereka. 

Selanjutnya, fungsi penulisan nama pada amplop kondangan yang kedua adalah untuk menghindari dugaan yang tidak benar. Pada kondangan, beberapa orang memberikan amplop yang berisi uang recehan dengan maksud sebagai candaan. 

Pemberian nama pada amplop kondangan kamu dapat menghindari dugaan bahwa kamu lah yang memberikan amplop berisi uang receh tersebut.

Cara Menulis Nama di Amplop Kondangan

Setelah mengetahui manfaatnya, lalu, bagaimana cara penulisan nama di amplop pernikahan

Menulis nama di amplop kondangan cukup simple. Kamu hanya perlu menuliskan nama dengan jelas, baik itu nama pendek, panjang, maupun nama panggilan akrab. Tetapi, kamu harus perhatikan hubungan kamu dengan pengantin.

BACA JUGA:   6 Cara Penulisan Dress Code yang Benar Sesuai Acaramu!

Tulisan nama juga harus kamu sesuaikan ukurannya. Jika amplop berukuran sedang, jangan sampai tulisan nama kamu terlalu kecil. Sedangkan cara membuat nama di amplop kecil, ukuran tulisannya jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar. 

Selain nama, kamu juga bisa mencantumkan tulisan amplop kondangan lucu secara singkat. Hal ini bisa berupa ucapan selamat dan harapan kepada pengantin.Itu dia penjelasan mengenai manfaat dan cara menulis nama di amplop kondangan yang perlu kamu ketahui. Sekarang, kamu sudah tidak ragu lagi dalam menulisnya, kan?

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *