Contoh Skenario Film Pendek Durasi 10 Menit
Skenario

Contoh Skenario Film Pendek Durasi 10 Menit

Menulis skenario film pendek adalah bagian penting dalam proses pembuatan film  karena skenario berfungsi sebagai arahan bagi semua yang terlibat dalam produksi. Jika kamu sedang mencari ide untuk menulis skenario, berikut adalah contoh skenario film pendek durasi 10 menit yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh naskah film pendek sekolah

Berikut adalah contoh film pendek dengan skenario berlatar di sekolah:

 Tokoh:

  • Abdi
  • Sinta
  • Dewi
  • Bimo
  • Fahri

Mereka adalah lima orang anak SD yang duduk berdampingan pada saat ujian.

Sinopsis: 

Saat ulangan harian, para siswa kelas 6 SD bernama Abdi, Sinta, Dewi, dan Bimo mengalami kesulitan dalam proses pengerjaannya karena mereka tidak belajar. Namun, mereka duduk berdekatan dengan Fahri, sang juara kelas, yang kemudian mereka ganggu selama ujian agar mau memberikan jawaban. 

Fahri yang tidak ingin kehilangan konsentrasi, memberikan secarik kertas berisi jawaban kepada empat orang yang duduk di belakangnya itu. Setiap ulangan harian, mereka berempat selalu menyontek Fahri.

Hingga akhirnya, tibalah saatnya untuk melalui Ujian Nasional (UN). Tempat duduk ditentukan dan mereka semua duduk berjauhan sehingga tidak memungkinkan untuk melangsungkan aksi contek-menyontek seperti biasanya. Saat itulah, mereka berempat merasakan hasil dari kebiasaan menyontek yang membuat mereka malas belajar dan berakhir tidak bisa mengerjakan soal sama sekali.

Skenario:

Di dalam kelas, Sinta duduk dengan Dewi di belakang Abdi dengan Bimo dan mereka duduk di belakang Fahri dan teman sebangkunya.  

Naskah: 

Sinta, Dewi, Abdi, dan Bimo saling berbisik karena tidak bisa mengerjakan soal.

Sinta : Aduh, ini susah sekali! Kalian ada yang bisa ngerjain, kah?

BACA JUGA:   Apa Beda Penulis Naskah Drama dengan Novel?

Dewi : Aku enggak paham juga.

Bimo dan Abdi menoleh ke belakang dan menggeleng-gelengkan kepala mereka tanda bahwa mereka bernasib sama.

Abdi : Eh, tanyain Fahri, tanyain Fahri!

Abdi dan Bimo mencolek-colek punggung Fahri dan terus menganggu hingga akhirnya Fahri menoleh.

Bimo : Minta jawaban!

Awalnya Fahri menolak, tetapi akhinya memberikan secarik kertas kepada Bimo. Kemudian, Abdi dan Bimo meneruskan kertas itu kepada Sinta dan Dewi setelah mereka selesai menyalin isinya. 

Kejadian yang sama terus berulang pada ujian-ujian setelahnya. Hingga saatnya melalui UN tiba.

Abdi, Sinta, Dewi, Bimo, dan Fahri duduk berjauhan. Mereka yang biasa menyontek dari Fahri menjawab ujian dengan asal-asalan karena tidak belajar. 

Akhirnya, mereka berempat mendapatkan nilai minimum untuk lulus dan susah mendaftar di SMP yang mereka inginkan. Sejak saat itu, mereka mulai mencoba untuk belajar sebelum ujian. 

Demikianlah contoh skenario film pendek sebagai referensi tambahan untukmu. Skenario film pendek durasi 10 menit bisa kamu tambahkan dialog atau penggambaran situasi tertentu jika belum mencapai target durasi.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *