fungsi tema dalam menulis puisi
Puisi

Fungsi Tema dalam Menulis Puisi Sebagai Pondasi

Kamu tahu tidak sih, apa saja fungsi tema dalam menulis puisi? Ternyata selain menjadi pokok pembahasan utama, fungsi tema dalam puisi adalah juga menjadi panduan atau batasan agar pembahasan puisi tidak terlalu luas.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai fungsi tema pada puisi, kamu bisa langsung simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Tema?

Sebelum masuk ke dalam fungsi-fungsi tema, kita bahas sedikit mengenai apa itu tema dulu, yuk!

Apa itu tema dan apa manfaat tema dalam suatu bacaan?

Tema adalah pokok utama yang akan penulis bahas dalam suatu. Unsur intrinsik yang satu ini adalah hal yang sangat penting dalam suatu bacaan, baik itu fiksi maupun nonfiksi, termasuk puisi.

Manfaat tema dari suatu bacaan yaitu sebagai gambaran besar dalam penulisan kita. Selain itu, kita juga dapat menggunakan tema sebagai acuan atau batasan penulisan, agar pembahasan kita tidak terlalu luas dan melenceng ke berbagai hal.

Tema ini juga yang akan menghadirkan makna dari suatu puisi. Apa itu makna puisi? Makna puisi adalah arti atau isi yang terkandung dalam sebuah puisi.

Fungsi Tema pada Puisi

Setelah memahami apa itu tema serta manfaat-manfaatnya, hal selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah fungsinya.

Apa sih, fungsi dari tema itu?

Fungsi tema adalah mengikat elemen-elemen pada suatu bacaan. Hal ini maksudnya, elemen lain yang ada pada suatu bacaan harus kita sesuaikan dengan temanya. Elemen ini berupa unsur intrinsik maupun ekstrinsik yang ada pada bacaan.

Contohnya yaitu pada sebuah puisi. Puisi dengan tema ketuhanan, akan memiliki latar, suasana, gaya bahasa, serta amanat yang berhubungan dengan tema tersebut.

BACA JUGA:   Bagaimana Cara Menulis Puisi?

Cara Menentukan Tema

Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, maka penting untuk kita menentukan tema yang tepat. 

Untuk menentukan tema, kamu bisa mencari inspirasi dan ide. Bagaimana cara memperoleh inspirasi atau ide dalam membuat puisi ini? Hal ini dapat kamu lakukan dengan membaca dan riset karya-karya sastra lainnya sebagai sumber referensi.

Baca Juga : Tips Menulis by Tika Widya

Berikut ini beberapa pilihan tema yang bisa kamu gunakan.

  • Sosial atau Kemanusiaan
  • Ketuhanan
  • Patriotisme dan Perjuangan
  • Percintaan
  • Alam

Selain menentukan tema yang bagus dan menarik, kamu juga perlu memastikan bahwa tema tersebut adalah hal yang kamu suka dan kuasai. Ini bertujuan untuk mempermudah proses penulisanmu nantinya.Nah, penjelasan seputar tema serta fungsi tema dalam menulis puisi di atas adalah hal penting yang perlu kamu pahami ya, teman-teman. Selamat menulis!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *