Novel

Tips Menulis Novel Fantasi dengan Mudah

Tips Menulis Novel Fantasi dengan Mudah

Kamu seorang penulis pemula yang baru ingin memulai menulis novel fantasi? Penulis yang belum pernah menulis novel fantasi sebelumnya memang kerap mengalami kendala. Maka dari itulah penulis seperti kamu perlu tahu tips menulis novel fantasi supaya proses penulisan novel fantasi kamu berjalan lancar.

Novel fantasi merupakan satu dari sekian banyak genre novel yang disukai banyak orang. Selain karena tema cerita yang berbeda dan unik, novel fantasi juga bisa membuat imajinasi terasah. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh cara penulis novel fantasi tersebut menyampaikan ceritanya.

Penulis yang tidak bisa menyampaikan cerita dengan baik akan membuat pembaca sulit untuk berimajinasi. Jadi sebagai penulis kamu harus mengasah keterampilan dalam menulis novel fantasi ini. Salah satunya adalah dengan mengikuti tips-tips menulis novel fantasi.

Menentukan Ide Novel Fantasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mulai menulis novel fantasi adalah menentukan ide novel fantasi. Hal ini memang tidak mudah apalagi kalau kamu belum pernah menulis novel fantasi sebelumnya. Namun ada salah satu kunci yang bisa kamu ikuti supaya mudah menentukan ide novel fantasimu.

Kunci tersebut adalah dengan banyak membaca novel fantasi. Pilih novel-novel fantasi yang sudah terkenal atau novel fantasi dari penulis favorit kamu. Baca berulang kali maka kamu akan merasa mudah menentukan ide untuk novel fantasimu sendiri nantinya.

Hal ini bisa terjadi karena imajinasi kamu ikut berjalan seiring dengan membaca novel fantasi. Jadi ide-ide yang baru akan muncul dengan lebih mudah. Tentunya jika dibandingkan dengan melamun atau berpikir keras menentukan ide apa yang cocok untuk novel fantasi kamu.

BACA JUGA:   Pentingnya Premis dalam Membuat Cerita Novel

Membuat Outline Novel Fantasi

Kalau kamu sudah dapat ide novel fantasi yang cocok, kamu bisa mulai membuat outline novel fantasi. Outline novel merupakan istilah yang merujuk pada peta cerita. Komponen ini berisi garis besar cerita sebagai acuan penulis untuk menulis novel itu sendiri.

Outline novel fantasi bisa membuat kamu memroses penulisan novel fantasi dengan lebih lancar. Outline novel ini juga bisa membuat kamu terhindar dari jalan cerita yang keluar dari ide utama. Dengan begitu cerita tetap berjalan sesuai dengan ide yang sudah ditentukan di awal.

Pembuatan outline novel fantasi ini tidak sesulit menentukan ide seperti di langkah awal. Kamu hanya perlu menentukan bagian-bagian utama cerita pada novel fantasimu. Lebih lengkapnya, berikut adalah cara membuat outline novel fantasi yang bisa kamu ikuti.

1. Tentukan Tokoh dan Penokohan

Bagian outline novel fantasi pertama yang harus kamu tentukan adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah orang yang menjalankan alur di dalam cerita. Di sisi lain, penokohan adalah ciri, watak, dan latar belakang tokoh itu sendiri.

Bagian ini bisa kamu mulai dengan menulis nama tokoh, ciri-ciri fisik atau perawakan tokoh, watak atau sifat tokoh, hingga latar belakang tokoh. Selanjutnya kamu bisa mengembangkannya lagi seiring dengan berjalannya proses penulisan.

2. Tentukan Floating Cerita

Selanjutnya, kamu bisa menentukan floating cerita. Floating adalah konflik cerita beserta dengan sebab akibat terjadinya konflik tersebut. Bagian ini sangat penting karena bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk novel fantasi kamu.

Bagian ini bisa kamu tuliskan dengan membuat rentetan konflik yang akan terjadi. Misalnya konflik pertama adalah konflik kehidupan yang terjadi karena latar belakang keluarga. Konflik kedua adalah konflik percintaan yang terjadi karena latar belakang pertemanan dan seterusnya.

BACA JUGA:   Apa itu Novel Sejarah Pribadi? Ini 7 Contoh yang Paling Populer

3. Tentukan Bab dan Isinya

Setelah melakukan kedua hal di atas, kamu bisa masuk ke bagian utama outline yaitu bab dan isinya. Tentukan akan ada berapa bab di dalam satu novel dan isi setiap bab tersebut. Misalnya kamu menentukan akan ada lima bab, maka tuliskan ringkasan isi setiap bab tersebut.

4. Tentukan Penutup

Terakhir, tentukan penutup. Penutup novel fantasi tidak kalah penting dengan isinya. Tentukan bagaimana cara kamu mengakhiri cerita agar pembaca novel fantasimu nantinya merasa puas.

Itulah tips menulis novel fantasi yang bisa kamu terapkan sebelum mulai menulis novel fantasimu. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu pasti bisa memulai dan menyelesaikan novel fantasimu. Tentunya dengan sangat mudah dan tanpa kendala yang begitu berat. jangan lupa Ikuti terus update-an terbaru dari Tika Widya, agar memperkaya ilmu menulis kamu.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *