Ini Format Penulisan Novel di Word yang Benar!
Novel

Ini Format Penulisan Novel di Word yang Benar!

Tahukah kamu bahwa menulis novel itu tidak hanya asal mengetik, lho! Ternyata ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam penulisan novel. Salah satunya adalah format penulisan dalam Microsoft Word. 

Di zaman yang serba maju ini, siapa sih yang tidak mengenal novel? Banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, menggemari karya tulis ini. Bahkan, tidak sedikit orang yang memiliki keinginan untuk menjadi penulis novel. 

Namun, apa saja sih ketentuan-ketentuan penulisan novel di Word? Yuk simak baik-baik, agar novel buatanmu semakin rapi dan mudah dipahami!

Menentukan Ukuran Kertas

Menentukan Ukuran Kertas

Image created by DALL-E 3

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam menulis novel yaitu menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dalam novel kamu. 

Biasanya, buku novel yang sering kita temukan berukuran A5, yaitu sekitar 13 x 19 cm atau 14 x 20 cm. 

Namun, kamu dapat menyesuaikan ukuran kertas ini dengan selera dan keinginan sendiri, asalkan tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Kamu dapat melakukan pengaturan ukuran kertas novel di Word ini di bagian page layout.

Mengatur Margin

Setelah menemukan ukuran kertas yang cocok, langkah selanjutnya adalah mengatur margin kertas. 

Apa sih margin itu? Margin adalah batas kanan-kiri dan atas-bawah kertas. 

Margin memiliki peran penting dalam format penulisan novel di Word. Pengaturan margin yang tepat membuat tulisan terlihat rapi dan memudahkan orang untuk membaca.

Kamu dapat menggunakan ukuran 1.5 atau 2 cm sebagai format margin untuk novel. 

Jangan lupa untuk melebihkan ukuran margin bagian dalam jilid novel sebesar 0.5 cm agar tulisan tidak terpotong. 

BACA JUGA:   Pentingnya Premis dalam Membuat Cerita Novel

Kemudian, jika kamu berencana untuk melakukan pencetakan novel, kamu dapat meng-klik opsi ‘Mirror Margins’ pada pengaturan custom margins, agar margins dapat otomatis teratur untuk cetak bolak-balik.

Menentukan Font dan Line Spacing

Menentukan Font dan Line Spacing

Image created by DALL-E 3

Dalam penulisan novel di Word, kamu harus menaruh perhatian lebih pada pemilihan gaya tulisan atau font. Kamu dapat menggunakan font yang telah familiar. 

Beberapa rekomendasi font yang dapat kamu gunakan dalam penulisan novel yaitu: 

  • Times New Roman
  • Arial
  • Calibri 

Novel sebaiknya ditulis dengan ukuran font standar yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, yaitu 12. 

Untuk memudahkan orang-orang membaca tulisanmu, hindari font dengan tulisan sambung dan ukuran font yang terlalu kecil, ya!

Selain ukuran font, ukuran line spacing yang tepat juga menentukan kerapian dari sebuah novel. Kamu bisa mengatur ukuran line spacing sebesar 1.15 atau 1.5 cm.

Dan yang terakhir, gunakan rata kanan-kiri (justify) pada setiap paragraf tulisanmu.

Jadi sudah paham kan format penulisan novel di Word itu gimana? Nah, kalau sudah, yuk, langsung terapkan ke dalam penulisanmu agar makin rapi dan kece tentunya.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *