cara menulis novel di noveltoon
Novel

Cara Menulis Novel di NovelToon

Selain Wattpad, ada aplikasi menulis novel online lainnya yang juga tidak kalah populer. NovelToon namanya. Cara menulis novel di NovelToon ini juga terbilang cukup mudah. 

Penasaran apa saja langkah-langkahnya? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Download NovelToon

Langkah yang pertama adalah download NovelToon di device kamu. Kamu bisa menggunakan berbagai device, seperti ponsel dan tablet. 

Untuk perangkat android, kamu bisa langsung download aplikasi NovelToon di Google Play Store. Sedangkan untuk perangkat Apple di App Store. Aplikasi ini gratis. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mulai menjadi penulis novel online.

Selain itu, jika kamu lebih memilih menulis novel di laptop, kamu bisa langsung mengunjungi web resmi NovelToon.

Buat Akun NovelToon

Langkah kedua adalah membuat akun NovelToon. Buka aplikasi dan web NovelToon. Selanjutnya, klik menu”daftar/sign up”. Kamu bisa langsung mengisi data-data untuk mendaftar. Setelah sudah terisi semua, klik tombol “daftar”.

Jika sebelumnya kamu telah mendaftar dan memiliki akun NovelToon, kamu bisa langsung klik menu “login” dan mengisi username serta password akunmu.

Buat Cerita Baru

Setelah mendaftar dan login di NovelToon, kamu sudah bisa membuat cerita novelmu. Kamu bisa mengunggah novel dengan berbagai genre. Mulai dari romance, drama, misteri, hingga horror.

Cara mengunggah novelnya yaitu pertama-tama klik “cerita” pada menu profil. Selanjutnya, pilih tulisan “cerita+” untuk menambahkan cerita.

Kemudian, kamu bisa langsung mengisi kolom pengunggahan cerita yang muncul. Isi kolom dengan lengkap. Dari judul, deskripsi, cover, hingga isi ceritamu. Jangan lupa pastikan  untuk mengisi semua kolom dengan benar, ya!

BACA JUGA:   5 Tujuan Penulisan Prolog dalam Novel, Wajib atau Tidak?

Ketika semuanya telah terisi dengan benar, pilih menu “simpan”. Cerita yang telah disimpan akan otomatis terkirim ke pihak editor NovelToon untuk ditinjau. 

Kamu perlu menunggu beberapa hari sampai akhirnya novel kamu terbit di NovelToon. Untuk melihat cerita buatanmu sudah tayang atau belum, kamu bisa cek status terbit yang ada pada menu “cerita”.

Promosikan Cerita Buatanmu

Ketika ceritamu sudah terbit, kamu bisa mulai mempromosikannya untuk menarik banyak pembaca. 

Mungkin kamu sering bertanya-tanya, apakah menulis novel di NovelToon dapat uang? Jawabannya adalah iya. Jumlah penghasilan dari novel bergantung terhadap jumlah pembaca. Semakin banyak jumlah pembaca. semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Promosi cerita ini dapat kamu lakukan dengan cara mengunggah link ceritamu ke berbagai sosial media dan menggunakan jasa iklan berbayar.

Ajukan Kontrak dengan NovelToon

Untuk mendapatkan penghasilan di NovelToon, kamu juga bisa bekerja sama dengan mengajukan kontrak. Bagaimana cara mengajukan kontrak di NovelToon?

Caranya cukup mudah. Yaitu dengan mengklik pilihan “contribute” yang ada di beranda aplikasi. Selanjutnya, kamu bisa memahami cara kerja kerja sama ini melalui penjelasan yang akan muncul. Jika kamu setuju dan tertarik, kamu bisa langsung klik “terbitkan karyaku sekarang”.Nah, itu dia cara menulis novel di NovelToon yang wajib kamu coba. Ternyata, menerbitkan novel di aplikasi ini sangat mudah, bukan? Sekarang, apakah kamu semakin tertarik untuk jadi penulis NovelToon?

Ikuti terus info seputar penulisan dari Tika Widya agar kamu tidak ketinggalan.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *