4 Aturan Penulisan Novel yang Baik dan Benar
Novel

4 Aturan Penulisan Novel yang Baik dan Benar

Menulis novel tentu membutuhkan dedikasi dan ketekunan, tetapi jangan biarkan hal tersebut mengintimidasimu, writers! Sebenarnya, jika kamu sudah memiliki ide cerita yang kuat dan tema yang menarik, setengah dari pekerjaan sudah selesai. Namun, untuk memastikan karya kamu tidak hanya memikat tetapi juga mudah dinikmati oleh pembaca, ada beberapa aturan penulisan novel yang baik untuk kamu terapkan.

Format Naskah Novel

Sebelum kamu mulai menulis novel, kamu bisa mengatur format menulis naskah novel terlebih dahulu. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi melakukan penyuntingan di akhir penulisan. Kamu bisa menggunakan Google docs, Open Office, maupun Microsoft Word untuk menulis novel dengan format berikut.

1. Ukuran kertas A4

Untuk menulis sebuah novel, kamu bisa menggunakan ukuran kertas A4. Ukuran kertas ini bisa kamu temukan dengan mudah di menu layout dan size pada Microsoft Word. Kamu juga bisa memilih ukuran kertas lain sesuai selera.

2. Margin normal

Supaya tulisan kamu terlihat lebih rapi, kamu bisa menggunakan margin normal. Margin normal ini biasanya berukuran 2.54 cm pada masing-masing tepinya. Mulai dari tepi kanan, kiri, atas, dan bawah.

3. Jenis font Times New Roman

Untuk jenis font, kebanyakan penulis menggunakan font Times New Roman. Ukuran fontnya sendiri adalah 12 pt. Namun kamu juga bisa mengganti jenis dan ukuran font ini sesuai selera dan kebutuhan tema novel kamu.

4. Spasi 1.15

Berbeda dengan jenis tulisan lain, novel biasanya menggunakan ukuran spasi yang cukup lebar. Jadi pembaca dapat dengan nyaman membaca tulisan yang ada pada novel. Nah ukuran spasi yang bisa kamu gunakan adalah ukuran 1.15.

BACA JUGA:   7 Contoh Biodata Penulis Novel yang Benar, Ini Contekannya!

Format Isi Novel

Selain format menulis naskah novel, kamu juga harus mengetahui format isi novel. Biasanya, novel terdiri dari format isi yang berbeda-beda sesuai keinginan penulisnya. Namun ada format umum yang bisa kamu jadikan acuan.

Format umum untuk isi novel adalah halaman judul, kata pengantar, bab pertama novel hingga bab terakhir, dan biodata penulis novel. Kamu bisa mengikuti format umum isi novel ini. Kamu juga bisa mengubah formatnya sesuai selera atau kebutuhan penerbit.

Aturan penulisan novel yang baik ini merupakan aturan dan format umum. Jadi, bisa saja kamu menemui aturan yang berbeda-beda di setiap penerbit. Namun aturan di atas bisa jadi acuan awal untuk penulis novel pemula. Happy writing!


Join Komunitas Bersama 1200+ Penulis!

Ingin tahu lebih banyak tentang dunia penulisan? Gabung dengan 1200+ penulis lainnya di Grup Menulis Tika Widya. Di sini, kamu bisa saling berbagi, saling dukung, plus latihan menulis dengan berbagai challenge yang menegangkan!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *