5 Tips Menulis Sinopsis untuk Novel
Novel

5 Tips Menulis Sinopsis untuk Novel

Sinopsis sangat penting dalam dunia penulisan novel karena bisa menggambarkan ringkasan yang singkat dan jelas dari sebuah karya sastra.

Berikut ini adalah beberapa tips menulis sinopsis untuk novel

1. Tulis Menggunakan Sudut Pandang Orang Ketiga

Bahkan jika karyamu tidak ditulis menggunakan sudut pandang orang ketiga, ubahlah! Dengan tujuannya adalah untuk menjaga profesionalisme dan jarak narasi.

2. Tuliskan Secara Singkat, Padat dan Jelas

Sinopsis yang baik adalah yang memiliki spasi 1, dengan jumlah kata sebanyak 500-700 kata. Penulisan sinopsis yang melebihi jumlah kata tersebut akan semakin tidak menarik sebab membacanya saja pihak penerbit telah menyita waktu. Padahal naskah yang datang ke mereka sangat banyak. 

3. Tentukan Kategori

Kategori ini bisa berupa novel fiksi, cerita cinta, fiksi ilmiah atau fantasi, dan lain sebagainya. Fungsinya adalah untuk memudahkan penerbit atau bagian penjualan mempromosikan dan menjual novel tersebut saat di pasaran.

4. Ungkapkan semuanya

Selalu ingat bahwa sinopsis berbeda dengan blurb. Blurb bertujuan untuk menarik minat pembaca dan calon pembeli, sedangkan sinopsis berguna untuk mengungkapkan alur cerita kepada pihak penerbit.

5. Sampaikan Aspirasimu

Sinopsis seharusnya tetap ditulis dengan gaya otentik kamu. Jadi, pastikan tulisan kamu telah mewakili suara kamu. Terlebih lagi, sinopsis merupakan salah satu media bagi penulis untuk mempromosikan diri di mata penerbit.

Kesimpulan

tips menulis sinopsis

Mengapa penulisan sinopsis yang baik sangat penting? Karena sinopsis akan muncul di surat penawaran yang kamu kirimkan kepada penerbit. Selanjutnya penerbit menggunakannya sebagai acuan menghitung daya jual dan peluang pasar dari novel yang kamu buat.

BACA JUGA:   5 Cara Bikin Konflik Cerita yang Seru untuk Novelmu

Sinopsis juga berguna untuk memberikan gambaran besar mengenai genre, tema, karakter, setting, serta tone dari ceritamu. Tidak hanya itu, penjabaran sinopsis yang baik akan membuat audiens penasaran akan apa yang terjadi di dalam novelmu.

Karena naskah yang masuk ke penerbit dan tim editorial sangat banyak, sinopsis yang kamu tulis sebaiknya mempertahankan hal-hal di atas. Mulai dari penggunaan sudut pandang, menuliskan dengan singkat, menentukan kategori hingga menulis dengan gaya otentikmu. Hal ini bertujuan agar naskahmu dilirik oleh mereka.

Jadi, pastikan kamu selalu mengikuti arahan tips menulis sinopsis di tikawidya.com saat membuat novel atau cerpen. 

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

One comment on “5 Tips Menulis Sinopsis untuk Novel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *