aplikasi menulis novel yang menghasilkan uang
Novel

5 Aplikasi Menulis Novel yang Menghasilkan Uang

Kamu memiliki minat dalam penulisan novel dan ingin mulai mencoba, tetapi bingung bagaimana? Untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi menulis novel online yang menghasilkan uang berikut ini.

Pada aplikasi berikut ini, kamu bisa mengembangkan kreativitas menulis, serta mendapatkan uang tambahan. Penasaran apa saja aplikasinya? Yuk, simak baik-baik!

Wattpad

Yang pertama adalah Wattpad. Wattpad merupakan pelopor aplikasi menulis novel online. Platform online ini telah ada sejak tahun 2006. Wattpad bisa kamu akses melalui aplikasi di ponsel dan web di laptop/komputer. 

Saat ini, telah ada banyak sekali novel yang sukses dibukukan yang berawal dari novel online pada platform ini. Tidak jarang juga novel tersebut mengalami adaptasi ke film ataupun series.

Untuk penulis novel pemula, kamu bisa memulai menulis di Wattpad dan mendapatkan keuntungan dari fitur paid stories. 

NovelToon

Aplikasi yang kedua adalah NovelToon. NovelToon memberikan kamu banyak pilihan untuk menulis novel online dibayar. 

Pada platform ini, kamu bisa mengajukan kontrak dengan pihak NovelToon, sehingga tulisan-tulisan yang kamu unggah akan mendapatkan reward. Keuntungan dari tulisan buatanmu bergantung kepada jumlah tulisan dan jumlah pembaca. Semakin populer tulisanmu, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Selain itu, NovelToon juga menyediakan banyak kompetisi menulis yang bisa kamu ikuti dengan hadiah hingga jutaan rupiah.

Komunitas Bisa Menulis (KBM)

Selanjutnya, adalah Komunitas Bisa Menulis (KBM). KBM adalah aplikasi menulis dan membaca novel online buatan lokal.

Pada awalnya, platform online yang dicetuskan oleh Isa Alamsyah ini hanya sebuah komunitas di grup Facebook. Namun, karena antusias dari orang-orang sangat tinggi, KBM akhirnya resmi menjadi aplikasi mobile.

BACA JUGA:   4 Cara Menulis Novel Sejarah Pribadi, Simple Langsung Praktik!

Di platform ini, novel yang kamu unggah dapat langsung tayang, tanpa ada proses penyuntingan dari pihak KBM. Kemudian, cara menulis dapat uang di KBM yaitu dengan mendapatkan royalti dari cerita yang telah kamu unggah.

Joylada

Aplikasi yang satu ini cukup unik dari aplikasi yang lainnya. Selain mengunggah novel online seperti pada umumnya, Joylada menyediakan fitur novel chat.

Apa itu fitur novel chat? Novel chat adalah sebuah novel yang isi ceritanya berbentuk chat atau percakapan. Jadi, pembaca akan mendapatkan pengalaman membaca novel seperti mendengarkan temannya bercerita di aplikasi chat. Menarik, bukan?

Keuntungan yang akan kamu dapatkan di Joylada berupa royalti novel yang kamu unggah.

NovelMe

Aplikasi yang terakhir adalah NovelMe. NovelMe menyediakan beberapa cara unik untuk mendukung penulis dalam mendapatkan uang.

Yang pertama yaitu dengan menyediakan fitur premium, di mana pembaca bisa menukarkan koin untuk membaca chapter yang terkunci. Kemudian, terdapat program Next Top Writer. Jika tulisan kamu populer, kamu bisa memenangkan program berhadiah ini.Nah, itu dia beberapa aplikasi menulis novel yang menghasilkan uang yang bisa kamu coba. Di antara 5 aplikasi di atas, kamu paling tertarik dengan yang mana?

Terus tingkatkan pengetahuan penulisan kamu bersama penulis lepas Tika Widya.

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *