7 Langkah-Langkah Membuat Cerpen Mudah dan Praktis
Cerpen

7 Langkah-Langkah Membuat Cerpen Mudah dan Praktis

Cerita pendek atau yang sering kita singkat menjadi cerpen merupakan salah satu karya sastra yang sangat populer. Selain memiliki banyak pembaca, banyak juga orang yang tertarik untuk mengarang cerita pendek. Nah, berikut ini beberapa langkah-langkah membuat cerpen yang mudah untuk para pemula.

1. Menentukan Tema Cerita

Langkah-langkah membuat cerpen dimulai dari menentukan tema. Tema ini yang nantinya akan menjadi pembahasan utama atau gagasan pokok dalam cerita buatanmu.

Dengan menentukan tema, semua bagian cerita, seperti alur, latar, dan penokohan, akan menjadi padu. Selain itu, menentukan tema juga menjadi panduan kamu dalam proses penulisan agar cerita tidak melenceng dan memiliki pembahasan yang jelas.

Kamu dapat mengangkat berbagai macam tema. Di antaranya yaitu persahabatan, percintaan, keluarga, dan masih banyak lagi.

2. Menentukan Genre Cerita

Selain tema, kamu juga harus menentukan genre dari cerita pendek buatanmu. Dengan menentukan genre, kamu menjadi tahun suasana jenis apa yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Beberapa genre yang populer pada cerita pendek yaitu romansa atau romance, science fiction, misteri, horror, history, humor, petualangan, fantasi, dan masih banyak lagi.

infografis Tika Widya - 7 langkah menulis cerpen

3. Mencari Ide Cerita

Setelah mengetahui tema dan genre cerita yang ingin kamu buat, langkah selanjutnya adalah mencari ide cerita

Tips dalam mencari ide cerita dengan mudah yaitu perbanyaklah membaca contoh cerpen yang baik dan benar sebagai bahan referensi. Selain itu, contoh ide cerita yang dapat kamu gunakan yaitu dari pengalaman-pengalaman pribadimu.

BACA JUGA:   Cerpen Religi: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur Cerita dan Contohnya

Setelah mendapatkan ide cerita, tulislah ke dalam satu kalimat yang mengandung beberapa komponen berikut.

  • tokoh utama
  • tujuan tokoh utama
  • rintangan yang dihadapi tokoh utama
  • kondisi akhir tokoh utama, apakah dia bisa mencapai tujuan tersebut atau tidak

4. Membuat Alur

Langkah selanjutnya adalah menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen, meliputi tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sudut pandang. Namun, unsur intrinsik pertama yang harus kamu tentukan terlebih dahulu adalah alur cerita. Hal ini karena ini akan memudahkan dalam membuat unsur-unsur intrinsik lainnya.

Dalam membuat alur cerita, kamu bisa mengambangkan sebuah kalimat yang telah kamu buat sebelumnya. 

5. Menentukan Tokoh dan Penokohan

Langkah selanjutnya, tentukanlah tokoh dan penokohan. Berbeda dengan novel yang memiliki banyak tokoh karena ceritanya yang panjang, jumlah tokoh pada cerpen-cerpen sangat sedikit. Yaitu hanya tokoh-tokoh utamanya saja. Di antaranya adalah tokoh protagonis, antagonis, serta beberapa figuran atau tokoh pendukung lainnya.

6. Menentukan Sudut Pandang dan Latar Cerita

Kemudian, unsur selanjutnya adalah sudut pandang dan latar cerita. Sudut pandang atau point of view (POV) merupakan bagaimana cara pembaca melihat cerita. Terdapat dua sudut pandang dalam cerita, yaitu orang pertama dan orang ketiga.

Pada sudut pandang orang pertama, cerita menggunakan kata ganti “aku”, yaitu orang yang langsung mengalami kejadian dalam cerita. Sedangkan pada sudut pandang orang ketiga, cerita menggunakan kata ganti “dia”, yaitu orang yang mengamati.

Dan kamu juga harus menentukan latar cerita dengan benar, runtut, dan jelas. Hal ini meliputi tempat, waktu, serta suasana dalam cerita. 

7. Membuat Amanat atau Pesan Moral

Dan langkah terakhir yaitu membuat amanat atau pesan moral. Pesan moral merupakan bagian terpenting yang harus ada dalam cerita pendek. Karena selain untuk menghibur, cerpen juga bertujuan untuk menyampaikan pesan moral.

BACA JUGA:   5 Teknik Rahasia Menulis Cerpen yang Baik dan Unik

Jadi, pastikan cerpen buatanmu telah memiliki pesan moral, ya!

Itu dia langkah-langkah membuat cerpen yang mudah diikuti untuk para pemula. Selain itu, pemula juga disarankan untuk mencoba membuat cerpen yang singkat terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *