6 Tema Karangan Cerita Pendek yang Menarik
Cerpen

6 Tema Karangan Cerita Pendek yang Menarik

Langkah awal dalam membuat karangan cerita pendek adalah menentukan tema cerita. Menentukan tema merupakan tahapan yang sangat penting, karena dapat membuatmu mengetahui gambaran besar cerita yang akan kamu buat.

Oleh karena itu, menentukan tema merupakan suatu langkah penting dalam cara menulis cerita yang tidak boleh kamu lewatkan. Untuk membuat cerpen yang menarik, tema yang kamu tentukan pun harus menarik.

Apa saja sih, tema cerpen yang menarik itu? Berikut ini beberapa rekomendasi tema cerpen menarik yang dapat kamu gunakan. Yuk, langsung simak baik-baik!

1. Tema Pengalaman Hidup

Karangan Cerita Pendek Tema Pengalaman Hidup

Tema cerpen yang menarik pertama adalah tema pengalaman hidup. Banyak pengarang yang menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadinya. 

Pengalaman hidup yang bisa diangkat oleh para penulis ini pun bermacam-macam jenisnya. Mulai dari pengalaman menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, mengesankan, memalukan, dan masih banyak lagi

Dengan cakupan tema yang luas tersebut, semua orang dapat menikmati cerpen pengalaman hidup. Selain itu, mayoritas orang lebih memilih membaca cerita dengan claim kisah nyata. Sehingga tidak heran, bahwa cerpen pengalaman hidup sangat ramai peminatnya.

2. Tema Persahabatan

Karangan cerita pendek tema persahabatan

Tema cerpen yang memiliki banyak penggemar yang kedua adalah tema persahabatan. 

Mayoritas penggemar cerita pendek dengan tema persahabatan ini adalah anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, cerpen dengan tema persahabatan sering kita temukan di majalah-majalan anak, seperti Bobo, Mombi, Ino, dan Ina.

Jika kamu ingin menulis cerita pendek anak-anak, tema persahabatan ini sangat cocok untuk kamu gunakan. 

3. Tema Keluarga

Tema Keluarga

Selain tema persahabatan, tema lainnya yang juga sangat terkenal untuk cerita pendek anak-anak adalah tema keluarga. Cerpen dengan tema keluarga umumnya membahas tentang momen-momen kebersamaan keluarga. 

BACA JUGA:   Cara Menulis Cerpen untuk Lomba dan Contohnya

Namun, selain membahas momen bahagia bersama keluarga, tema ini juga dapat kamu kembangkan menjadi cerita yang sedih seputar keluarga. Pengembangan seperti ini adalah salah satu tips menulis cerpen yang pasti menarik.

4. Tema Liburan

Tema Liburan

Selanjutnya, tema cerpen yang juga tidak kalah menarik adalah tema liburan. Cerpen dengan tema liburan ini biasanya terdapat di majalah anak-anak pada musim-musim liburan sekolah.

Selain itu, guru-guru juga sering memberikan tugas Bahasa Indonesia kepada murid untuk membuat karangan cerita tentang liburan mereka. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat sangat bagus untuk memberikan kesempatan anak berlatih menulis.

5. Tema Horor dan Misteri

Tema Horor dan Misteri

Setelah itu, tema cerpen yang juga memiliki banyak penggemar adalah tema horror dan misteri. Banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, menyukai cerita pendek horor dan misteri.

Pada majalah anak-anak Bobo pun terdapat kolom “Cerita Misteri” atau biasa disebut “Cermis” yang berisi cerpen dengan tema horor dan misteri. Kolom ini merupakan salah satu bagian yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pelanggan setia majalah. Bahkan, para pelanggan majalah Bobo juga meminta agar kolom ini diperbanyak.

6. Tema Romansa

Tema Romansa

Dan pilihan tema cerpen yang menarik terakhir adalah tema romansa atau romance. Tema romansa adalah tema percintaan antara kekasih. Tema ini sangat populer baik di kalangan remaja maupun di kalangan orang dewasa.

Biasanya cerpen dengan tema romansa ini terdapat di majalah atau tabloid remaja. Contohnya seperti majalah Kawanku, Gadis, Gaul, dan Femina.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tema karangan cerita pendek yang dapat kamu pilih untuk menulis cerita pendek yang menarik. Setelah menentukan tema yang menarik, jangan lupa untuk mengembangkannya dengan benar sesuai dengan langkah-langkah membuat cerpen ya, teman-teman. Selamat menulis!

Sejak 2018, Tika Widya sudah menjadi pejuang kata-kata dengan membuka layanan penulisan, membangun komunitas penulis, meraih prestasi nasional - internasional dan mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP. Kini, ia memiliki kelas penulisan sendiri sekaligus mengajar di Tempo Institute. Tika Widya selalu siap menjadi sahabat menulis favorit yang mendampingi siapapun untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *